10 Tempat Wisata di Garut yang Harus Kamu Kunjungi

Pemandian Air Panas Darajat
Share ke teman kamu

Apa yang pertama kali terlintas dalam benakmu jika mendengar kata Garut? Ya, sudah bisa ditebak, hampir setiap orang mengenal Garut lewat dodolnya yang sangat mahsyur itu. Tidak salah kok, salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memang dikenal sebagai produsen utama dodol dan olahan lain yang sering dipajang di banyak toko oleh-oleh di sepanjang jalan.

Namun, sesungguhnya Garut tidak hanya tentang dodol saja lho. Sebagaimana daerah lain pada umumnya, Garut dengan relief alamnya yang menawan juga punya segudang tempat wisata yang sungguh sangat sayang jika dilewatkan. Apa saja tempat wisata di Garut yang paling oke? Yuk, simak sampai selesai ya!

1. Syahdunya Debur Ombak di Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo

Tempat wisata di Garut yang pertama kita bahas adalah Pantai Santolo. Ya, pantai ini merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Garut yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan karena akses menuju lokasi yang cukup mudah dijangkau.

Objek wisata tirta ini sendiri berlokasi tepat di wilayah Garut bagian selatan. Tidak hanya pantai, kita pun bisa menyewa perahu untuk menuju Pulau Santolo di seberang sana. Pokoknya, tempat wisata di Garut yang satu ini keren deh!

2. Pemandian Air Panas di Darajat

Pemandian Air Panas Darajat

Pemandian Air Panas Darajat

Seperti halnya Cipanas yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit di Puncak, wisata pemandian air panas alias hotspring Darajat ini terletak di Desa Tarogong, tidak jauh dari pusat Kota Garut. Selain masih berwujud wisata alam, di tempat wisata di Garut ini kita juga bisa menemukan waterboom lengkap dengan beberapa penginapan bernuansa sejuk yang bisa kita tempati. Di Darajat sendiri ada banyak jenis tempat wisata yang bisa kita pilih, antara lain: Darajat Pass, Puncak Darajat, Puncak Jaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Menikmati Eksotisme dan Pesona Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Sepertinya nama Gunung Papandayan sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar orang. Ya, gunung ini memang sering menjadi lokasi favorit para pendaki, pecinta alam, backpacker, serta penggemar hiking yang ingin menyalurkan kesenangan menjelajahnya. Berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Gunung Papandayan memiliki beragam objek wisata yang bisa kita pilih.

Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Manuk, dan Kawah Nangklak, merupakan sebagian dari area wisata menarik di sekitar Gunung Papandayan. Selain wisata kawah, wisata tirta berupa air terjun dan pemandian air panas juga menjadi daya tarik dan alasan banyak wisatawan kembali ke tempat wisata di Garut yang satu ini. Kalian kapan?

4. Menengok Agungnya Sejarah Garut di Candi Cangkuang

Candi Cangkuang

Candi Cangkuang

Setelah puas berendam di pemandian air panas Darajat, cobalah untuk berkunjung ke objek wisata sejarah yang satu ini ya, Candi Cangkuang. Terletak di Kampung Pulo (masih wilayah Cangkuang), Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat, candi ini merupakan satu-satunya candi Hindu yang ditemukan di Tanah Sunda.

Pun ketika hendak menuju ke Candi Cangkuang, kita akan melewati tempat wisata di Garut lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Situ Bagendit. Penasaran kan? Simak terus sampai selesai ya!

5. Menikmati Syahdunya Alam Situ Bagendit dengan Perahu Rakit

Situ Bagendit

Situ Bagendit

Setelah tadi berkunjung ke Candi Cangkuang, tempat wisata di Garut selanjutnya yang lokasinya masih berada dalam jangkauan adalah Situ Bagendit. Ya, tempat wisata ini memang cukup mudah untuk dijangkau, karena lokasinya hanya berjarak sekira 4 km dari pusat Kota Garut.

Di Situ Bagendit, kita bisa menikmati asrinya alam Garut dengan menyusuri danau menaiki perahu rakit, atau menumpangi sepeda air mengelilingi kawasan danau yang dikelilingi oleh rindang dan hijaunya pepohonan sejauh mata memandang. Nah, bagi teman-teman yang tidak membawa kendaraan pribadi, tidak usah risau, karena tempat wisata ini masih sangat bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Jadi, jangan ragu untuk mampir ya!

6. Menyaksikan Beragam Festival Budaya di Saung Ciburial

Saung Ciburial

Saung Ciburial

Tidak hanya pesona alamnya yang menakjubkan, Garut juga menawarkan jenis wisata lain khusus bagi teman-teman yang memiliki minat di bidang budaya. Ya, apalagi kalau bukan Saung Ciburial? Terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Garut, tempat wisata yang satu ini memang menawarkan suasana yang sangat asri dan sejuk karena berada di antara perkebunan sawi dengan latar Gunung Cikuray yang memanjakan pandangan.

Tidak hanya itu, di sini kita juga bisa menikmati aktivitas wisata lain yang tak kalah menarik, seperti misalnya gelaran festival budaya Ibing Gadjah Putih, Seni Ketangkasan Domba, serta menyaksikan permainan tradisional seperti Kaulinan Barudak. Wah, seru juga ya.

7. Derasnya Air di Curug Orok

Curug Orok

Curug Orok

Khusus buat teman-teman yang menyenangi wisata tirta, ada salah satu spot menarik di Garut yang tidak boleh dilewatkan. Terletak sekira 9 km dari ibukota Kecamatan Cikajang, atau sekitar 31 km dari pusat Kabupaten Garut, objek wisata Curug Orok ini menawarkan pesona alam yang begitu indah dan menakjubkan.

Kombinasi derasnya curahan air yang jatuh dari ketinggian, juga bentang alam sekitar lokasi yang dipagari dengan hijaunya pepohonan membuat tempat wisata di Garut yang satu ini menjadi rujukan banyak wisatawan yang ingin melepas penat. Curug ini biasanya mulai ramai dikunjungi pada akhir pekan. Pengunjung yang datang pun beragam, tidak hanya dari dalam, tapi dari luar Kota Garut juga.

8. Berpose dengan Latar Bebatuan Karang di Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Satu lagi spot wisata Garut yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Rancabuaya. Pantai yang dihiasi banyak batu karang ini terletak sekitar 105 km dari pusat Kota Garut, atau jika teman-teman berangkat dari Bandung, jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 167 km.

Selain pemandangannya yang indah, akses menuju lokasi juga terbilang gampang dengan kondisi jalan yang cukup baik. Maka tidak lagi mengherankan kalau pantai ini sering sekali dijadikan destinasi wisata akhir pekan.

9. Indahnya Curug Sanghyang Taraje yang Sarat Legenda

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Teman-teman tentu ingat cerita tentang Dayang Sumbi dan Sangkuriang, bukan? Nah, di Garut, ada lho satu objek wisata yang konon pernah menjadi salah satu latar terjadinya legenda yang masih sangat terkenal sampai sekarang itu.

Ya, Curug Sanghyang Taraje namanya. Berada pada ketinggian 668 mdpl, curug ini dinamakan Curug Sanghyang Taraje karena konon tempat ini pernah dipakai Sangkuriang sebagai titik naik ke langit untuk mengambil bintang atas permintaan sang ibu, Dayang Sumbi.

Memiliki ketinggian 82 meter, konon di sini dipercaya terdapat tapak kaki raksasa yang kabarnya adalah milik Sangkuriang, meskipun hingga sekarang masih belum banyak orang yang membuktikannya.

10. Indahnya Gradasi Alam Hijau-Biru di Pantai Cijayana

Pantai Cijayana

Pantai Cijayana

Umumnya daerah pantai adalah tempat yang gersang dan jauh dari pepohonan, tapi berbeda dengan tempat wisata di Garut yang satu ini. Ya, Pantai Cijayana namanya. Meski akses menuju ke lokasi terbilang sulit, percayalah semua rasa lelah akan terbayar lunas dengan indahnya gradasi alam berupa birunya laut dan hijaunya pepohonan. Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Garut yang harus kamu kunjungi dari AnekaTop10.com. Yang mana yang paling ingin kamu kunjungi? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Tempat Wisata di Garut yang Harus Kamu Kunjungi

  1. Indah dan tinggi ya Curug Sanghyang Taraje, mirip kayak air terjun telun berasap yang ada di Kerinci – Jambi..
    tapi bedanya di warna air,, kalau di telun berasap lebih ke coklat..
    Makasih infonya min, tampung dulu jadi list liburan nanti..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *