10 Tempat Wisata di Jakarta Selain Mall yang Harus Kamu Kunjungi

Kota Tua Jakarta
Share ke teman kamu

Jakarta sebagai kota terbesar dan ter-modern di Indonesia adalah tempat banyak orang mengadu nasib dan mencari keberuntungan, sehingga membuatnya menjadi kota terpadat dan termacet di Indonesia. Dengan ketatnya persaingan kerja di kota Jakarta, banyak orang menjadi mudah stress dan jenuh dengan pekerjaannya. Apakah kamu salah satunya?

Untuk mengusir stress dan meringankan beban pikiran kamu, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk berlibur. Kalau kamu tidak mempunyai jatah cuti atau uang yang cukup untuk pergi liburan ke berbagai destinasi liburan yang lokasinya jauh seperti misalnya Bali dan Singapore, tidak ada salahnya kamu mencoba mengunjungi berbagai tempat wisata di Jakarta yang menarik. Tempat wisata di Jakarta yang kami maksud bukanlah berupa mall karena kamu pasti sudah sering atau bahkan bosan jalan-jalan ke mall di Jakarta.

Nah, kamu mau tau apa aja tempat wisata di Jakarta selain mall yang harus kamu kunjungi? Baca ulasannya berikut ini.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah atau sering disebut TMII adalah sebuah tempat wisata di Jakarta yang bisa membuat kamu keliling Indonesia dalam 1 hari.

Taman wisata yang berlokasi di Jakarta Timur ini adalah sebuah tempat wisata yang bertema kebudayaan Indonesia. Di tempat wisata yang memiliki luas wilayah 150 hektar ini kamu bisa melihat dan mempelajari seperti apa keunikan berbagai macam budaya khas daerah yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Kebudayaan yang dapat kamu lihat di sini berupa macam-macam busana khas daerah, rumah adat yang unik, barang kerajinan, sampai dengan tarian dan tradisi tradisional.

Selain dapat mengetahui seperti apa keanekaragaman budaya Indonesia, kamu juga dapat mengetahui tentang keagamaan yang diakui secara resmi di Indonesia lho. Bangunan keagamaan yang dapat kamu temukan di tempat wisata di Jakarta ini di antaranya: masjid, gereja Katolik, gereja Protestan, pura, wihara, sasana, dan kuil.

Setelah puas mempelajari kebudayaan daerah dan agama yang ada di Indonesia, kamu bisa mencoba sarana rekreasi yang ada di TMII. Sarana rekreasi ini berupa sebuah danau yang di bagian tengahnya terdapat miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, kolam renang, berbagai macam museum, berbagai macam taman indah, Teater IMAX Keong Mas, dan Teater Tanah Airku.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol atau sering kali disingkat dengan sebutan Ancol merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta selain mall yang paling populer. Berdiri sejak tahun 1966, tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Utara ini merupakan sebuah kawasan wisata terpadu dekat pantai yang cocok untuk kegiatan wisata belanja, wisata alam, wisata budaya, wisata seni, wisata kuliner, sampai dengan wisata olahraga, wisata pengetahuan, dan wisata memacu adrenalin.

Sarana rekreasi yang paling terkenal di kawasan wisata ini di antaramya: pantai dan taman, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Padang Golf Ancol, Marina, Gelanggang Samudra, Sea World, Pasar Seni, Kereta Gantung (Gondola), dan Bowling.

Dengan banyaknya kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini, tentu saja kamu tidak bisa menikmati semuanya sekaligus dalam jangka waktu 1 hari. Untuk kamu yang berasal dari Jakarta, kamu bisa berkunjung lagi ke tempat wisata di Jakarta ini dengan mudah, namun bagaimana dengan kamu yang berasal dari luar Jakarta? Tidak perlu kuatir, di kawasan ini juga terdapat beberapa hotel dan apartemen yang bisa kamu jadikan tempat menginap, di antaranya: Putri Duyung Cottage, Mercure Convention Centre, Hotel Raddin Ancol, Ancol Mansion, dan Mediterania Marina Ancol.

Setelah puas bermain di Ancol, kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh di lebih dari 30 kios souvenir dan menikmati wisata kuliner dengan berbagai pilihan restoran.

3. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau sering disebut Monas oleh penduduk Indonesia adalah sebuah tugu yang dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam mendapatkan kemerdekaan dari para penjajah. Tugu Monas yang mempunyai mahkota berbentuk lidah api berlapis emas ini mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Hampir seluruh warga Jakarta pernah melihat tugu setinggi 132 meter ini, namun sebagian besar tidak pernah menikmati Monas sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta selain mall. Kamu bisa berkunjung ke kawasan ini setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 3 sore. Ada apa aja sih di sini?

Di kawasan Monas, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan asik, di antaranya: melihat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia di halaman Monas, mengunjungi Museum Sejarah Indonesia yang teletak di dasar Monas, melihat berbagai peninggalan sejarah seperti naskah proklamasi asli di Ruang Kemerdekaan, dan yang paling seru adalah menaiki lift untuk mencapai puncak Monas dan menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

4. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta atau sering disebut sebagai Batavia Lama merupakan sebuah kawasan dengan luas lebih dari 1 kilometer persegi yang berlokasi di perbatasan Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Kota Tua selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi saat akhir pekan karena harga yang terjangkau dan mudahnya transportasi menuju tempat wisata di Jakarta ini. Kebanyakan dari mereka datang untuk berfoto-foto dengan latar belakang bangunan berarsitektur kolonial yang unik dan menikmati berbagai macam jajanan yang bisa dibeli di kawasan wisata ini.

Beberapa tempat menarik di kawasan Kota Tua Jakarta di antaranya: Toko Merah, Cafe Batavia, Gereja Sion, Stasiun Jakarta Kota, Vihara Jin De Yuan (Vihara Dharma Bhakti), Pecinan Glodok dan Pinangsia, Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Sejarah Jakarta atau sering disebut Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Lapangan Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan, dan Masjid Luar Batang.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan atau sering juga disebut sebagai Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang paling populer, terutama saat akhir pekan dan hari libur. Tempat wisata yang memiliki luas lahan lebih dari 140 hektar ini mempunyai lebih dari 295 spesies dan 4040 spesimen binatang sehingga sangat cocok untuk wisata bersama keluarga dan anak.

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1864. Walau sudah tua dan bisa dibilang kuno, kebun binatang ini tetap disukai oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya karena harga tiket masuk yang hanya Rp4.000 dan kemudahan transportasi umum yang bisa digunakan untuk mencapai kawasan ini.

6. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang paling populer karena bisa dibilang bahwa kawasan ini adalah satu-satunya kawasan wisata alam di Jakarta yang bebas dan jauh dari kesibukan kota sehari-hari.

Walaupun disebut Kepulauan Seribu, jumlah pulau di kawasan ini sebenarnya “hanya” 342 pulau di mana 158 di antaranya merupakan pulau pasir dan terumbu karang. 36 pulau di kawasan ini difungsikan sebagai tempat wisata, sedangkan pulau-pulau lainnya tidak berpenghuni atau dijadikan sebagai tempat nelayan beristirahat.

Pulau yang terkenal sebagai tempat wisata di Kepulauan Seribu di antaranya: Pulau Onrust, Pulau Sabira, Pulau Saktu, Pulau Penike, Pulau Edam, Pulau Kelor, Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Rambut, Pulau Ayer, Pulau Bira, Pulau Kotok, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, Pulau Pantara, Pulau Pelangi, Pulau Papa Theo, Pulau Laki, Pulau Pamagaran, dan Pulau Tidung.

Untuk dapat berwisata di Kepulauan Seribu, kamu bisa menaiki perahu yang berangkat dari dermaga Marina Ancol. Lama perjalanan tergantung jarak ke pulau tujuan kamu, cuaca, dan jenis kapal yang digunakan. Selain dari Marina Ancol, kamu juga bisa berangkat ke Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke.

Kegiatan wisata utama yang bisa dinikmati wisataran di antaranya: bersepeda keliling pulau, menikmati keindahan pantai, menikmati wisata kuliner hidangan laut, berenang, snorkeling, dan juga menyelam.

7. Chinatown (Pecinan Glodok)

Chinatown (Pecinan Glodok)

Chinatown (Pecinan Glodok)

Glodok yang dikenal sebagai tempat belanja murah dan kawasan bisnis oleh warga Jakarta dan sekitarnya merupakan kawasan Chinatown di Jakarta. Apa yang bisa kamu nikmati di kawasan Chinatown ini? Kamu bisa menikmati kekentalan Tionghoa peranakan dan jejak sejarah etnis Tionghoa di kawasan ini.

Kegiatan yang paling disukai wisatawan di daerah ini adalah wisata kuliner Chinese food, berburu spot foto, mencari obat-obatan herbal, dan juga berbelanja berbagai macam barang kebutuhan seperti misalnya pakaian dan aksesoris.

8. Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Nasional atau sering kali disebut sebagai Museum Gajah adalah sebuah museum yang berlokasi di seberang Monas. Museum yang terkenal dengan patung gajahnya ini merupakan museum terbesar dan pertama di kawasan Asia Tenggara dengan jumlah koleksi hampir 150.000 barang.

Museum ini dibangun pada tahun 1862 untuk tujuan riset dan mempunyai gaya bangunan Eropa klasik. Karena bertujuan sebagai pusat riset, tentu saja museum ini mempunyai koleksi benda-benda kuno yang berasal dari seluruh penjuru nusantara. Jenis benda peninggalan kuno yang bisa kamu lihat di sini di antaranya: berbagai jenis prasasti, arca-arca kuno, patung, barang-barang kerajinan jaman daulu, dan berbagai jenis barang kuno lainnya. Walaupun mempunyai lebih dari 100.000 jenis barang, yang bisa kamu lihat hanyalah sekitar sepertiganya saja.

9. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta merupakan sebuah gereja kuno yang diresmikan sejak tahun 1901 dengan arsitektur neo gothik Eropa. Gereja dengan desain khas Eropa beberapa abad lalu ini mempunyai 3 menara yang bernama Menara Gading, Menara Benteng Daud, dan Menara Angelus Dei. Ketiga menara tersebut memiliki jam dan lonceng yang masih berfungsi.

Selain dapat beribadah, berfoto-foto, dan menikmati keindahan bangunan kuno, di lokasi ini kamu juga dapat mengunjungi sebuah museum bernama Museum Katedral. Museum yang diresmikan pada tahun 1991 ini mempunyai koleksi teks doa berbingkai, replika pastoran, berbagai jenis perangko, lukisan dari batang pohon,replika perahu, dan berbagai jenis barang milik Paus (pemimpin agama Katolik dunia).

10. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid nasional yang terletak di pusat kota Jakarta. Berlokasi tidak jauh dari Gereja Katedral dan Tugu Monas, masjid ini merupakan masjid terbesar di Jakarta dengan kapasitas mencapai 200.000 jamaah. Bangunan utama dari Masjid Istiqlal memiliki gaya arsitektur modern dan terdiri dari 5 lantai. Kubah utama dari masjid ini mempunyai diameter 45 meter, besar sekali ya?

Selain untuk menjalankan aktivitas ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal juga dimanfaatkan sebagai markas banyak organisasi Islam, berbagai aktivitas sosial, dan macam-macam kegiatan umum. Masjid ini juga sudah terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan juga sejumlah wisatawan asing yang beragama Islam.

Setiap hari besar, seperti misalnya  Idul Fitri, Idul Adha, Ramadhan, Tahun Baru Hijriyah, dan Maulid Nabi Muhammad, masjid ini selalu mengadakan kegiatan keagamaan yang dihadiri ratusan ribu jamaah dan biasanya disiarkan langsung ke berbagai channel televisi.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi tempat wisata di Jakarta selain mall yang dapat kami berikan untuk kamu. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata tersebut? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata di Jakarta selain mall yang lain? Share yuk!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya yang Harus Kamu Kunjungi





Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *