10 Tempat Wisata di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

Desa Wisata Kalibiru
Share ke teman kamu

Jogja adalah sebuah destinasi liburan yang semakin banyak dikunjungi oleh turis, baik turis lokal maupun turis internasional. Tentu saja kenaikan jumlah kunjungan ke Jogja ada sebabnya, apa sih sebabnya?

Jogja terkenal dengan keindahan alamnya, kenikmatan kulinernya, keunikan budayanya, masyarakat yang ramah, dan juga biaya hidup yang tergolong rendah bila dibandingkan dengan beberapa kota besar lain di Indonesia seperti misalnya kota Jakarta dan Bandung. Dengan kombinasi elemen-elemen tersebut, Jogja menjelma menjadi sebuah destinasi liburan yang menarik namun murah dan terjangkau semua kalangan.

Nah, dengan banyaknya tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi, ada baiknya kamu menyimak rekomendasi tempat wisata di Jogja berikut ini supaya kamu bisa memilih akan ke mana saja saat liburan di Jogja nanti.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau kadang disebut sebagai Candi Loro Jonggrang adalah sebuah candi yang dibangun pada abad ke 9 dan telah diakui dunia sebagai kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain itu, banyak turis yang menobatkan Candi Prambanan sebagai candi terindah di Asia lho!

Kalau kamu pernah berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, kamu akan langsung sadar bahwa bentuk candi ini sangatlah berbeda dengan Candi Borobudur. Bila di Borobudur kamu bisa melihat sebuah Candi yang lebar dan luas, di Prambanan kamu akan melihat banyak candi yang tinggi dan ramping. Candi utama di kompleks Candi Prambanan bernama Candi Siwa, candi ini mempunyai tinggi sekitar 47 meter lho!

Cukup mudah untuk mendatangi tempat wisata di Jogja ini karena lokasinya yang berada dekat bandara. Untuk kamu yang ingin berkunjung dengan menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan bus Trans Jogja dan turun di halte Prambanan, setelah itu kamu bisa berjalan kaki sedikit atau menggunakan becak.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah sebuah desa yang berlokasi di sebelah selatan Jogja. Desa ini terkenal dengan pantainya yang bernama Pantai Parangtritis. Pantai yang berlokasi sekitar 25 km dari pusat kota Jogja ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang paling terkenal, sehingga kamu tidak perlu heran bila saat kamu datang ke pantai ini ada banyak sekali turis yang memadati area ini.

Karena lokasinya yang berada di tepi Samudra Hindia, tempat wisata di Jogja ini menawarkan pemandangan pantai unik yang sulit didapatkan di pantai-pantai lainnya, termasuk pantai di Bali. Seperti apa sih pemandangan yang ditawarkan Pantai Parangtriris? Selain dapat melihat ombak-ombak besar dari Samudra Hindia, kamu juga bisa menemukan banyak gunungan pasir di sepanjang pantai yang sering kali disebut gumuk.

Selain dapat menikmati pantai unik yang berlokasi tak jauh dari pusat kota Jogja, di tempat wisata ini kamu juga bisa bermain ATV, menunggang kuda, dan juga menaiki kereta kuda di sepanjang garis pantai. Untuk kamu yang ingin berlama-lama di kawasan wisata ini, tidak perlu kuatir, karena terdapat banyak fasilitas penginapan dan kios penjual makanan serta souvenir.

Tempat wisata di Jogja ini juga mempunyai cerita menarik, yaitu tentang keberadaan ratu laut selatan yang bernama Nyi Roro Kidul. Dalam mitos ini dikatakan bahwa pengunjung tidak boleh menggunakan pakaian yang berwarna hijau karena orang yang menggunakan pakaian hijau dianggap ingin menjadi budak Nyi Roro Kidul dan akan mengalami kesialan sepanjang sisa hidupnya.

3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah jalan yang paling terkenal di Jogja. Jalan yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling sering dikunjungi turis ini tidak pernah sepi siang dan malam. Ada apa sih di jalan yang berlokasi di tengah kota Jogja ini?

Pada pagi dan siang hari, Jalan Malioboro adalah pusat wisata belanja murah bagi para turis. Kamu bisa berbelanja berbagai jenis barang dengan harga yang sangat murah. beberapa jenis barang yang bisa kamu temukan di sini di antaranya: berbagai macam kaos, batik, sandal, tas, gantungan kunci, dompet, sabuk, topi, kerajinan tangan, dan lain-lain.

Saat sore menjelang malam, toko-toko akan mulai tutup dan kios makanan akan mulai buka, menjadikan Jalan Malioboro sebagai surga wisata kuliner. Konsep tempat makan yang paling populer di sini adalah makan lesehan, di mana kamu akan duduk di atas tikar yang digelar di sepanjang Jalan Malioboro. Makanan yang paling terkenal di sini adalah gudeg.

Selain bisa berbelanja dan berwisata kuliner, di tempat wisata yang telah menjadi tempat berkumpul seniman ini kamu juga bisa menikmati beragam ekspresi seni seperti misalnya: lukisan, permainan musik, pantomim, dan juga cosplay ala Indonesia di mana yang ditiru bukanlah karakter anime atau game melainkan pocong, zombie, satria, dan lain-lain.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau kadang disebut Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana resmi kesultanan Jogja. Walaupun sudah terkenal sebagai tempat wisata di Jogja, Keraton Yogyakarta tetap digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat menjalankan tradisi kesultanan.

Sebagian area kompleks Keraton Yogyakarta ini telah menjadi museum yang mempunyai koleksi tiada duanya. Apa saja koleksinya? Museum yang bangunannya menggunakan arsitektur istana Jawa ini menampilkan berbagai jenis pusaka milik sultan, gamelan, dan banyak barang pemberian raja-raja Eropa pada masa lalu.

5. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari sesuai dengan namanya adalah kompleks istana seluas lebih dari 10 hektar yang mempunyai banyak kolam pemandian, kanal air, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, dan lorong bawah air.

Konon katanya, pada masa lalu sultan akan mengamati para wanita yang sedang mandi di salah satu kolam dan dia akan memilih satu wanita yang memiliki tubuh terbaik untuk dipanggil ke menara tempat sultan beristirahat.

6. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Mungkin banyak orang belum pernah mendengar yang tempat wisata di Jogja yang namanya Puncak Kosakora. Tempat wisata di Jogja yang satu ini memang baru belakangan ini naik daun, terutama di kalangan anak muda yang suka foto-foto. Berlokasi di sebelah timur Pantai Drini, Puncak Kosakora menawarkan pemandangan pantai eksotis dari ketinggian yang sangat memanjakan mata.

Untuk dapat mencapai tempat wisata di Jogja yang mulai populer berkat keberadaan media sosial ini, kamu mempunyai 2 pilihan rute. Rute pertama adalah dengan menyusuri bibir pantai dan rute kedua adalah dengan mendaki bukit.

Jika kamu ingin berkunjung ke Puncak Kosakora, disarankan untuk melakukannya pada pagi atau sore hari dengan alasan pada saat itu sinar matahari tidak terlalu menyengat. Untuk yang ingin menikmati sunrise dan sunset, kamu bisa berkemah dengan memanfaatkan jasa penyewaan tenda atau membawa sendiri tenda camping-mu. Ingat, jangan buang sampah sembarangan ya!

7. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang tergolong baru naik daun, Desa Wisata Kalibiru. Berlokasi di sebelah barat Jogja, wisata alam Kalibiru cukup mudah dicapai karena sudah ada banyak papan penunjuk jalan yang dapat dengan mudah terlihat dan juga terpasang rapi.

Pada mulanya, kawasan ini adalah sebuah hutan milik pemerintah yang pada akhirnya dikelola secara mandiri oleh warga setempat sehingga berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer bagi para pecinta wisata alam.

Kegiatan paling terkenal di tempat wisata ini adalah berfoto dengan latar belakang perbukitan indah serta melihat pemandangan dari beberapa gardu pandang yang tersedia. Selain itu kamu juga bisa bermain flying fox dan berkemah di sini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini adalah pada pagi atau sore hari saat sedang tidak hujan. Menurut para pengunjung yang sudah pernah berfoto-foto ria di Kalibiru, waktu tersebut adalah waktu untuk mendapatkan foto terbaik tanpa mengorbankan kenyamanan. Mereka juga merekomendasikan tempat wisata di Jogja ini sebagai tempat melihat pemandangan terbaik di Jogja dan sekitarnya.

8. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah satu-satunya gunung api purba di Jogja dengan umur sekitar 60 juta tahun. Gunung yang terbentuk akibat proses pembekuan magma ini mempunyai bebatuan yang sangat besar dan menjulang tinggi ke langit sehingga sering digunakan menjadi jalur pendakian dan tempat bertapa.

Untuk dapat mencapai puncak gunung ini, kamu harus melewati jalur pendakian berupa lorong-lorong bebatuan dan jalanan tanah yang sempit. Lama waktu pendakian kurang lebih akan memakan waktu sekitar 2 jam, sehingga kalau kamu berangkat pada sore hari, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dari ketinggian.

Untuk kamu yang baru pertama kali mendaki, tidak perlu kuatir tersesat karena sudah ada banyak papan petunjuk. Namun, kamu disarankan untuk membawa tali yang berguna untuk membantu kamu mendaki bukit.

9. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum berbeda dengan museum pada umumnya yang mempertunjukan koleksi barang dan mungkin membosankan bagi kebanyakan orang. Di museum ini, kamu dapat merasakan sensasi latar belakang 3D yang membuat kamu seolah-olah sedang berada di suatu tempat yang mengerikan atau sedang melakukan sesuatu yang luar biasa.

Tempat rekreasi yang baru mulai dibuka pada tahun 2013 ini berlokasi di XT Square Jogja. Di tempat wisata di Jogja ini, kamu dapat berpose di lebih dari 120 gambar 3D yang bertema binatang, super hero, romance, alam, olahraga, angka, sirkus, dan ornamen.

Harga tiket masuk De Mata Trick Eye Museum bisa dibilang cukup murah bila dibandingkan dengan museum sejenis di luar negeri. Cukup membeli tiket masuk seharga Rp35.000 saja, kamu sudah dapat menikmati seluruh lukisan di sini. Sebagai perbandingan, museum sejenis di Singapore harga tiket masuknya mencapai Rp200.000.

10. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau juga dikenal sebagai Pantai Pulang Syawal dan Pantai Pulsa adalah sebuah tempat wisata di Jogja yang berlokasi di daerah Gunungkidul.

Menurut cerita yang beredar, nama “Indrayanti” diambil dari pasangan suami istri pemilik restoran di Pantai Pulang Syawal, yaitu Bapak “Indra” dan Ibu “Yanti”. Karena nama “Indrayanti” lebih mudah disebut dan diingat dari pada nama aslinya, penduduk mulai menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.

Beberapa tahun lalu, sempat ada isu bahwa pantai ini harus ditutup karena pihak swasta dianggap mengelola dan mengubah nama pantai ini tanpa izin pemerintah. Namun, fakta di lapangan berkata lain. Dengan pengelolaan swasta, tempat wisata di Jogja ini menjadi lebih tertata rapi, bersih, dan menghasilkan keuntungan. Pada akhirnya, tidak ada tindakan penutupan oleh pemerintah dan Pantai Indrayanti tetap beroperasi menarik minat banyak turis setiap harinya.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Jogja yang harus kamu kunjungi pada liburan kamu selanjutnya. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata di Jogja yang disebutkan di atas? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata di Jogja yang lain? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *