10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Harus Kamu Kunjungi

Petronas Twin Tower
Share ke teman kamu

Halo, Travellers! Sudah punya rencana ke mana mau menghabiskan waktu pada musim liburan yang akan tiba sebentar lagi? Di negeri kita, Indonesia, ada begitu banyak tempat-tempat indah dan menarik yang sangat pas dijadikan destinasi wisata dan cocok dikunjungi baik sendirian maupun bersama teman dan orang-orang terkasih.

Tapi tidak ada salahnya juga jika teman-teman sesekali ingin menjajal sensasi wisata di luar negeri. Jika iya, cobalah memulai dari tujuan yang paling dekat, bisa ke Singapura, bisa ke Malaysia. Mana yang kalian suka? Nah, jika kebetulan teman-teman memilih Malaysia sebagai tujuan, kami punya lho daftar tempat wisata di Kuala Lumpur yang paling menarik dan tidak boleh dilewatkan ketika melancong ke sana. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Batu Caves

Batu Caves

Batu Caves

Tempat wisata di Kuala Lumpur pertama yang tidak boleh kalian lewatkan adalah Batu Caves. Terletak sekitar 13 km dari pusat kota Kuala Lumpur, lokasi wisata alam yang amat disucikan umat Hindu di Kuala Lumpur ini memang banyak dijadikan destinasi wisata karena menawarkan nuansa alam yang sangat tenang.

Di sini terdapat sebuah patung berukuran raksasa dengan warna emas. Untuk bisa mencapai puncak, kita harus melalui sebanyak 272 anak tangga. Sudah pasti lelah, tapi percayalah semuanya akan terbayar begitu kita sampai di atas. Pun di setiap anak tangga terdapat angka yang menunjukkan jumlah anak tangga yang sudah kita lewati.

2. Menara Kuala Lumpur (Kuala Lumpur Tower)

Kuala Lumpur Tower

Kuala Lumpur Tower

Tempat wisata di Kuala Lumpur yang kedua adalah Menara Kuala Lumpur yang memiliki ketinggian 421 meter. Menara ini sendiri sedianya dibangun sebagai gedung pusat informasi. Dibuka setiap hari antara pukul 9 pagi sampai 10 malam, dalam perkembangannya, tempat wisata di Kuala Lumpur ini kini sudah dimanfaatkan untuk beragam fasilitas umum lain, seperti teater XD, simulasi Formula 1, zona binatang, serta sebuah restoran yang dijamin akan membuat jantung kita berdegup kencang.

Bagaimana tidak? Restoran ini berada pada ketinggian 282 meter dan bisa berputar sampai rotasi 360 derajat. Wah, ada yang berani mencicipi makanan di restoran unik pemicu adrenalin ini?

3. Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Tower)

Petronas Twin Tower

Petronas Twin Tower

Selain Menara Kuala Lumpur, ada juga Menara Kembar Petronas yang telah menjadi ikon khas Negeri Jiran. Tempat wisata di Kuala Lumpur ini sendiri terletak di kawasan KLCC. Rasanya berkunjung ke sini belum sah kalau tidak naik sampai ke puncak menara. Oleh karenanya, cobalah membeli tiket dan naik ke atas, lalu saksikan indahnya panorama Kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Dengan ketinggian 452 meter dan 88 lantai, dijamin akan menambah pengalaman wisata teman-teman semua.

4. Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park alias Taman Burung Kuala Lumpur, sesuai dengan namanya, adalah sebuah tempat wisata di Kuala Lumpur yang merupakan area penangkaran burung dengan macam-macam jenis yang berbeda. Diperkirakan sebanyak 90% dari jumlah burung di sini berasal dari Malaysia, sedangkan sisanya merupakan hasil impor dari luar negeri.

Di tempat wisata di Kuala Lumpur yang satu ini, kita bisa menyaksikan beragam jenis spesies burung, berfoto, dan bermain bersama mereka. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak sebagai sarana wisata edukasi yang menyenangkan untuk mereka. Untuk bisa masuk ke sini, kita akan dikenai tiket masuk seharga 38 sampai 48 RM, dengan jam buka antara pukul 9 pagi sampai 6 sore.

5. Chinatown, Kuala Lumpur

Chinatown, Kuala Lumpur

Chinatown, Kuala Lumpur

Nah, khusus bagi teman-teman yang hobi berwisata belanja, Chinatown di Kuala Lumpur adalah jawabannya. Ya, tempat ini memang sangat terkenal akan barang dagangannya yang unik dengan harga yang tetap miring. Dinamakan Chinatown karena mayoritas penjual di pasar ini adalah warga keturunan Tionghoa.

Ketika berbelanja di sini, jangan malu untuk menawar sampai mendapatkan kesepakatan harga, karena tempat wisata di Kuala Lumpur ini memang sudah terkenal dengan sistem tawar-menawarnya. Semakin sore, tempat ini akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berbelanja bermacam souvenir, mulai dari dompet, tas, ikat pinggang, topi, CD player, mainan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ayo, mampir ke Chinatown!

6. Jalan Alor

Jalan Alor

Jalan Alor

Namanya memang mirip dengan salah satu pulau di Indonesia bagian timur. Namun Alor yang satu ini berbeda. Buat teman-teman yang tengah bingung di mana menemukan tempat wisata kuliner lezat, maka Jalan Alor adalah jawabannya. Ya, kawasan ini memang sangat terkenal sebagai surganya kuliner, dari yang sekadar camilan sampai makanan berat.

Selain rasanya yang lezat dan harganya yang sangat terjangkau, di sini banyak sekali tersedia beragam pilihan makanan yang bisa kita cicipi, mulai dari Chinese food, masakan khas Melayu, kuliner India, dan tentu saja kuliner khas Nusantara!

7. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang

Selain Chinatown, di Kuala Lumpur juga terdapat kawasan wisata belanja lain yang tak kalah menarik, yakni Bukit Bintang. Area ini sendiri sering disebut sebagai pusat perbelanjaan berkelas karena di dalamnya banyak terdapat mall dengan bangunan modern dan sistem pengamanan yang sangat baik. Bagi teman-teman yang sedang mencari barang original dan bermerek, di sinilah tempatnya.

Memang, sepertinya pusat belanja ini sudah didesain untuk mereka yang berkantong tebal. Tapi bukan berarti kita yang berdompet tipis tidak boleh masuk ke sini, lho. Ada kok resto dan cafe yang bisa kita singgahi untuk nongkrong dan menghabiskan waktu bersama teman-teman.

8. Masjid Jamek

Masjid Jamek

Masjid Jamek

Mau wisata rohani di Kuala Lumpur? Datanglah ke Masjid Jamek. Ya, masjid dengan arsitektur klasik nan cantik ini bisa dibilang merupakan masjid kebanggan masyarakat Kuala Lumpur. Karena keindaannya, masjid ini sering dijadikan sebagai objek fotografi. Meskipun ditutup untuk umum pada jam-jam salat fardu, kita masih bisa berkunjung ke sini selepasnya. Atau bagi yang Muslim, sekalian menunaikan ibadah salat juga boleh.

9. Jalan Masjid India

Jalan Masjid India

Jalan Masjid India

Nah, usai puas memanjakan mata dan beribadah di Masjid Jamek, tempat wisata di Kuala Lumpur berikutnya yang tidak boleh dilewatan adalah Jalan Masjid India yang terletak persis di sebelah Stasiun Masjid Jamek. Lokasi ini sendiri merupakan pusat penjualan tekstil murah dan berkualitas, souvenir, juga barang-barang imitasi alias KW.

Di sini, kita juga bisa membeli oleh-oleh khas Malaysia yang harganya cukup terjangkau, seperti kerudung, gamis, baju muslim, serta kaos-kaos bergambar bangunan khas Malaysia.

10. Dataran Merdeka (Merdeka Square)

Merdeka Square

Merdeka Square

Tempat wisata di Kuala Lumpur yang terakhir kita bahas adalah Dataran Merdeka. Tempat ini berbentuk lapangan luas dan memiliki tiang bendera tertinggi se-Asia Tenggara. Pada masa kependudukan Inggris, dataran ini dipakai sebagai pusat pemerintahan Kuala Lumpur. Maka tidak heran kalau desain dan arsitektur bangunan-bangunan tua di sini masih terjaga dengan sangat baik.

Beberapa di antara bangunan tersebut adalah bangunan Sultan Abdul Samad, Katedral St Mary the Virgin, dan Perpustakaan Kuala Lumpur. Nama Dataran Merdeka dipakai karena tempat ini merupakan lokasi deklarasi kemerdekaan Malaysia.

Nah, itulah tempat wisata di Kuala Lumpur, Malaysia yang harus kamu kunjungi versi AnekaTop10.com. Tempat wisata yang mana kah yang akan kamu kunjungi nanti? Atau kamu susah punya tujuan wisata lainnya di Kuala Lumpur? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *