10 Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Harus Kamu Kunjungi

Pantai Balekambang
Share ke teman kamu

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Karena lokasinya berada di dataran tinggi yang sejuk dan tak jauh dari kota Surabaya, kawasan Malang dan sekitarnya berhasil menjadi tempat tujuan wisata paling populer bagi warga Surabaya, kurang lebih sama dengan kawasan Bandung dan sekitarnya bagi warga Jakarta.

Selain populer di kalangan penduduk kota Surabaya, ternyata Malang yang sering disebut sebagai kota bunga ini juga populer di kalangan pelajar karena banyaknya universitas bagus di kawasan ini dan juga populer di kalangan wisatawan yang berada di provinsi lain karena banyaknya pilihan tempat wisata menarik.

Nah, dari sekian banyak tempat wisata di Malang yang terkenal, kamu pasti bingung harus memilih akan ke tempat wisata yang mana. Tidak perlu kuatir, AnekaTop10.com sudah merangkum daftar rekomendasi tempat wisata di Malang yang harus kamu kunjungi. Mau tau apa aja? Baca selengkapnya di bawah ini.

1. Coban Pelangi

Coban Pelangi

Coban Pelangi

Coban Pelangi adalah salah satu tempat wisata di Malang yang paling indah. Mengapa begitu? Sesuai dengan namanya, Coban Pelangi adalah sebuah air terjun setinggi kurang lebih 110 m yang sering kali menampilkan pelangi bila cuaca sedang cerah tanpa ditutupi awan. Selain itu, pemandangan di sekitar air terjun ini juga sangat alami dan hijau sehingga sangat menyejukkan mata.

Coban Pelangi terletak di Desa Gubuk Klakah yang berjarak kurang lebih sekitar 30 km dari pusat kota Malang. Untuk dapat mencapai tempat wisata di sekitar Malang ini, kurang lebih rute perjalanan yang akan kamu tempuh sama dengan rute perjalanan yang akan kamu tempuh bila ingin berkunjung ke Gunung Semeru ataupun Bromo. Namun, nantinya di tengah perjalanan kamu akan bertemu dengan sebuah pertigaan yang menunjukkan bahwa kamu harus berbelok ke kanan bila ingin ke Coban Pelangi, sementara untuk ke Gunung Semeru ataupun Bromo kamu harus mengambil jalur lurus.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Malang ini, kami menyarankan untuk datang pada pagi hari karena saat siang menuju sore hari ada kemungkinan tempat ini menjadi berkabut. Kalau kamu harus datang siang, ingatlah bahwa tempat wisata di Malang ini akan ditutup untuk umum pada jam 4 sore. Selain itu, kami juga menyarankan untuk membawa pakaian anti dingin karena suhu udara di sini sekitar 19 derajat Celsius.

2. Jatim Park 1 & Jatim Park 2

Jatim Park

Jatim Park

Jatim Park yang merupakan salah satu tempat wisata di sekitar Malang yang paling terkenal adalah tempat rekreasi keluarga yang berlokasi di Kota Batu, tak jauh dari Kota Malang dengan jarak hanya sekitar 20 km saja.

Saat ini sudah ada 2 Jatim Park, yaitu Jatim Park 1 yang berlokasi di Jalan Kartika Nomor 2, Kota Wisata Batu, Jawa Timur dan Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuk reguler Jatim Park 1 adalah Rp60.000 pada hari biasa, dan Rp80.000 pada akhir pekan atau hari libur, sedangkan untuk Jatim Park 2 harga tiket masuknya adalah Rp75.000 pada hari biasa, dan Rp105.000 pada akhir pekan atau hari libur.

Perbedaan utama dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 adalah bahwa Jatim Park 1 lebih ditujukan untuk bermain dan mencari hiburan, sedangkan Jatim Park 2 lebih ditujukan untuk tempat belajar sambil bermain.

3. Museum Angkut

Museum Angkut

Museum Angkut

Museum Angkut adalah tempat wisata di Malang yang paling unik karena tak akan bisa kamu temukan di kawasan wisata lainnya. Tempat wisata di Malang ini juga termasuk baru karena bisa dibilang belum lama dibuka untuk umum, yaitu pada tahun 2014 yang lalu.

Tidak seperti museum lain yang dekat dengan kata ‘membosankan’ terutama bagi anak muda, museum ini sangatlah seru dan bisa kamu jadikan spot foto-foto jadi kamu tidak akan bosan di museum ini. Kalau kamu hobi otomotif maka lebih baik lagi karena koleksi milik museum ini adalah berbagai jenis kendaraan atau alat transportasi. Mulai dari angkutan darat, laut, udara, tradisional, dan modern semuanya ada di sini lho.

Koleksi alat transportasi yang ada di Museum Angkut dipisahkan berdasarkan desain ruangan yang disebut sebagai ‘zona’. Terdapat banyak zona di tempat wisata ini, di antaranya: Zona Hall Utama yang berisi alat angkut populer dari berbagai negara, Zona Edukasi yang berisi alat transportasi dari zaman dahulu, Zona Sunda Kelapa & Batavia yang berisi kendaraan zaman pendudukan Belanda, Zona Gangster Town & Broadway Street yang berisi kendaraan-kendaraan yang dipakai gangster.

Selain 4 zona tersebut, ada juga Zona Jepang yang berisi kendaraan dari Jepang, Zona Eropa yang berisi kendaraan khas Eropa, Zona tana Buckingham yang berisi alat transportasi kerajaan Inggris, Zona Las Vegas yang berisi kendaraan khas Amerika, Zona Hollywood yang berisi kendaraan dalam film-film Hollywood ternama, Zona Pasar Apung yang merupakan tempat membeli makanan dan souvenir, dan Zona D’topeng Kingdom yang menampilkan ribuan topeng dari berbagai penjuru Indonesia.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata di sekitar Malang ini, kamu bisa berkunjung ke Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Harga tiket Museum Angkut yang buka dari jam 12.00 siang sampai dengan jam 20.00 malam adalah Rp60.000 pada hari biasa, dan Rp80.000 pada akhir pekan atau hari libur. Bila kamu ingin berkunjung ke Zona D’topeng Kingdom atau ingin membawa kamera selain handphone, maka kamu harus membayar biaya extra.

4. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Satu lagi tempat wisata di Malang dan sekitarnya yang termasuk baru, Batu Night Spectacular. Berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, tempat wisata ini terletak tak jauh dari Jatim Park 2, sehingga sering kali wisatawan yang berkunjung ke Jatim Park pada pagi hari akan melanjutkan wisatanya ke Batu Night Spectacular pada sore hari. Mengapa lebih baik datang ke Batu Night Spectacular (BNS) pada sore hari? Jawabannya adalah karena tempat wisata ini baru buka pada jam 15:00, dan tutup pada tengah malam. Karena buka sampai dengan tengah malam, tempat wisata di sekitar Malang ini sering kali menjadi tempat pelepas penat setelah bekerja bagi banyak karyawan kantor.

Harga tiket masuk tempat wisata ini lumayan murah, hanya Rp30.000 pada hari biasa, dan Rp40.000 pada hari libur atau akhir pekan. Harga ini hanyalah harga tiket masuk saja, untuk dapat bermain di wahana permainan yang ada, kamu harus membayar lagi per wahana, atau membeli tiket terusan seharga Rp100.000 yang sudah termasuk tiket masuk kawasan dan tiket bermain di seluruh wahana.

Wahana permainan yang ditawarkan BNS cukup beragam, mulai dari wahana memacu adrenalin seperti battle area, mega mix,drag race, mouse coaster, dan lain-lain sampai dengan wahana yang cocok untuk anak-anak seperti mini train, jump arround, mini bumper car, marry go round, kids zone, dan lain-lain.

5. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang paling populer dan sering dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Pulau Jawa karena bentuknya memang mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Berlokasi di pesisir selatan Pulau Jawa, Pantai Balekambang menawarkan pemandangan alam yang indah, gelombang ombak sepanjang dua kilometer, hamparan pasir yang luas, serta sebuah pulau karang di tengah laut.

Untuk dapat mencapai tempat wisata yang berjarak kurang lebih sekitar 60 km di sebelah selatan kota Malang ini, kamu tidak akan kesulitan karena jalanannya sudah teraspal dengan rapi. Namun, kamu harus tetap berhati-hati karena perjalananmu akan penuh dengan tanjakan curam dan belokan tajam.

Harga tiket masuk tempat wisata di Malang yang satu ini adalah Rp15.000, sedangkan kalau kamu ingin bermain flying fox di kawasan ini kamu harus membayar Rp20.000, dan bila ingin menginap maka biayanya adalah sekitar Rp250.000 per malam.

6. Coban Rondo

Coban Rondo

Coban Rondo

Selain Coban Pelangi, ternyata ada lagi satu tempat wisata di malang dan sekitarnya yang berupa air terjun yaitu Coban Rondo. Air terjun dengan ketinggian lebih dari 80 meter ini sangatlah cocok untuk kamu yang suka wisata alam karena selain dapat menikmati keindahan alam pegunungan, kamu juga bisa berkemah di sekitar air terjun ini lho. Selain menikmati suasana alam air terjun, kamu juga bisa memilih berbagai aktivitas menarik lho, di antaranya: outbound, flying fox, paintball, air soft gun, labirin, jungle trekking, fun tubing, dan bersepeda.

Untuk dapat masuk ke kawasan Coban Rondo, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp15.000, sedangkan untuk permainan flying fox dikenakan biaya Rp30.000 dan untuk fun tubing Rp35.000. Harga tiket masuk permainan menembak dan labirin adalah Rp10.000.

7. Pulau Sempu

Pulau Sempu

Pulau Sempu

Berlokasi di sebelah selatan Malang, Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang diakui sebagai cagar alam sejak masa pemerintahan Belanda. Sebagai cagar alam, sebenarnya kegiatan wisata tidaklah diperbolehkan di tempat ini, namun kenyataannya sampai saat ini Pulau Sempu adalah salah satu tempat wisata di Malang yang paling populer.

Untuk dapat mencapai pulau ini, kamu harus menaiki perahu dari dermaga Pantai Sendang Biru. Perjalanan menuju Pulau Sempu tidaklah lama, hanya sekitar 30 menit saja kamu sudah bisa menikmati pepohonan rimbun di Pulau Sempu. Bila kamu ingin menikmati atraksi utama di pulau ini, kamu harus berkunjung ke Segara Anakan yang merupakan sebuah laguna. Biasanya tempat ini dipenuhi oleh muda-mudi yang berkemah dan dari tempat kamu turun dari perahu akan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk dapat mencapai Danau Segara Anakan.

Bila kamu memutuskan untuk datang ke Pulau Sempu, perlu diingat bahwa kawasan ini adalah sebuah cagar alam, sehingga kamu harus menjaga kelestarian pulau ini dengan sebaik-baiknya, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan juga tidak merusak tumbuhan atau mengganggu hewan yang ada di sana.

8. Coban Sumber Pitu

Coban Sumber Pitu

Coban Sumber Pitu

Satu lagi air terjun yang populer sebagai tempat wisata di Malang, Coban Sumber Pitu. Kalau di air terjun lainnya di Malang kamu bisa melihat air terjun yang tinggi dan megah, di sini kamu akan melihat banyak air terjun dalam 1 tebing sehingga dapat memberikan pemandangan dan pengalaman yang berbeda dengan air terjun lainnya.

Sampai saat ini, keberadaan air terjun indah ini masih belum banyak diketahui masyarakat dan masih dalam pengelolaan Perhutani sehingga masih sangat alami dan asri. Namun karena masih kurang dikenal, petunjuk jalan menuju tempat wisata ini kurang jelas dan yang mengetahui lokasinya hanya warga setempat saja. Untuk dapat mencapai air terjun ini, pertama-tama kamu harus menuju Desa Pujon Kidul terlebih dahulu.

9. Eco Green Park

Eco Green Park

Eco Green Park

Berlokasi di Jalan Oro – Oro Ombo, kota wisata Batu, Eco Green Park adalah tempat wisata di sekitar Malang yang cocok untuk belajar sambil bermain. Tempat wisata edukasi seluas 5 hektar ini terbilang baru karena baru mulai dibuka untuk umum pada tahun 2012 yang lalu.

Sebelum dibangun menjadi sebuah kawasan wisata, dulunya kawasan tersebut adalah sebuah perkebunan yang ditanami jati dan jeruk. Saat ini Eco Green Park telah menjelma menjadi salah satu tempat wisata andalan di provinsi Jawa Timur dan memiliki puluhan jenis wahana yang terbagi menjadi beberapa zona.

Zona wahana yang ada di tempat wisata ini di antaranya: zona miniatur candi, insectarium, plaza music, walking bird, jungle adventure, animal farm, zona hydroponic, world parrots, duck kingdom, rumah terbalik, water track, zona pasar burung, dome multimedia, zona eco journey, science center, dan zona sapi perah. Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, kamu harus membeli tiket masuk seharga Rp40.000 pada hari biasa, dan Rp60.000 pada akhir pekan atau hari libur lainnya.

10. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo adalah sebuah kebun binatang modern seperti di luar negeri yang berlokasi di kota wisata Batu. Selain dapat melihat berbagai jenis binatang, di kawasan seluas 12 hektar ini juga terdapat hotel Pohon Inn, Museum Satwa, dan puluhan jenis wahana yang seru.

Batu Secret Zoo terbagi menjadi beberapa area, di antaranya: Savannah yang berisi binatang-binatang besar khas Afrika, Kampung Afrika yang berisi binatang-binatang kecil khas Afrika, Elang, Fantasy Land yang merupakan area bermain anak, River Adventure yang akan mengajak kamu melihat orangutan dengan menggunakan perahu, Feeding Birds yang merupakan tempat memberi makan burung, Tiger Land yang merupakan tempat melihat harimau, dan lain sebagainya.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Batu Secret Zoo, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp75.000 pada hari biasa, dan Rp105.000 pada akhir pekan atau hari libur. Anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 85 cm boleh masuk ke kawasan ini dengan gratis.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Malang dan sekitarnya yang harus kamu kunjungi dari AnekaTop10.com. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata tersebut? Atau ada tempat wisata di Malang dan sekitarnya yang lain yang kamu suka? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

4 thoughts on “10 Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Harus Kamu Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *