10 Tempat Wisata di Puncak yang Harus Kamu Kunjungi

Cimory Riverside
Share ke teman kamu

Tidak diragukan lagi, kawasan Puncak yang masih termasuk dalam area Bogor adalah tempat tujuan wisata terpopuler selain Bandung bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Hal ini terbukti dari parahnya tingkat kemacetan untuk rute menuju ke Puncak setiap akhir pekan atau hari libur singkat lainnya.

Lokasinya yang dekat dengan Jakarta, udaranya yang sejuk dan adem, disertai hijaunya perkebunan teh yang luas adalah 3 alasan utama mengapa kawasan Puncak adalah tempat ‘pelarian’ dari kejenuhan dan stress tingkat tinggi akibat tekanan dan tuntutan kota Jakarta. Untuk kamu yang mau ke Puncak, jangan lupa bawa jaket dan payung ya karena udara di sini dingin dan sering turun hujan.

Karena sering dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya secara rutin, ada banyak sekali tempat wisata di Puncak yang telah diorbitkan, namun tempat wisata mana saja yang paling oke di kawasan yang dapat dicapai dalam waktu 1 jam perjalanan dari Jakarta ini? Baca daftar rekomendasi tempat wisata di Puncak yang harus kamu kunjungi di bawah ini.

1. Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Siapa yang tidak tahu Taman Safari? Tempat wisata keluarga ini adalah tempat wisata di Puncak yang paling sering dikunjungi wisatawan. Berlokasi di Cisarua, kawasan wisata ini memfokuskan diri pada jenis wisata dengan wawasan lingkungan yang menawarkan pengalaman melihat satwa liar pada habitat alam bebas yang asli. Kegiatan yang paling seru di tempat wisata di Puncak ini adalah berkeliling dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus sambil melihat dan memberi makan berbagai jenis hewan.

Tempat wisata di Puncak yang dibangun pada tahun 1980 ini dulunya merupakan sebuah perkebunan teh, namun karena kurang produktif, kawasan ini diubah oleh menteri pariwisata pada saat itu untuk menjadi sebuah kawasan wisata. Taman Safari kini mempunyai lebih dari 2.500 koleksi hewan yang berasal dari seluruh penjuru dunia, sebagian di antaranya adalah satwa langka yang dilindungi.

Fasilitas pendukung dan atraksi wisata lain yang ditawarkan di kawasan ini di antaranya: danau buatan dengan kano dan sepeda air, bus safari, kolam renang dengan seluncur, taman burung, kereta api mini, kincir raksasa, baby zoo, komedi putar, sirkus, gajah tunggang, go kart, bom bom car, atraksi sulap, atraksi hewan, pertunjukan seni, dan juga rumah setan.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata terpopuler di Puncak ini, harga tiket masuk Taman Safari Puncak untuk wisatawan domestik adalah Rp150.000 untuk orang dewasa, dan Rp140.000 untuk anak-anak dengan umur di bawah 6 tahun. Selain itu, kamu juga harus membayar tiket masuk kendaraan seharga Rp15.000 untuk mobil, Rp20.000 untuk bus, dan Rp5.000 untuk motor. Untuk wisatawan internasional, harga tiket masuk orang dewasa adalah Rp300.000 dan Rp250.000 untuk anak-anak berumur di bawah 6 tahun, sementara untuk kendaraan harga tiket masuknya sama dengan wisatawan domestik.

2. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah salah satu tempat wisata di Puncak yang paling sering digunakan sebagai tempat outbound training berbagai perusahaan. Selain itu, tempat wisata yang berlokasi di Jalan Raya Puncak km 77 ini juga sangat disukai untuk tempat kumpul keluarga besar karena tempatnya yang luas dan pilihan sarana rekreasi yang beragam dengan harga tiket masuk yang terbilang murah. Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari adalah Rp25.000 per orang, berlaku setiap hari.

Jenis wahana dan fasilitas utama yang ada di tempat wisata di Puncak ini di antaranya: wahana permainan air, wahana permainan non air, wahana petualangan, wahana edukasi, restoran, pusat belanja, dan hotel.

Daftar wahana permainan air: matahari waterpark, arung jeram, water ball, paddle boat, perahu karet, perahu motor, sepeda air, bumper boat, refleksi terapi ikan, waterplay, perahu naga, perahu kayak, mini boat, kolam renang mini, bomber boat laser, dan children rowing boat. Sedangkan untuk kamu yang tidak mau bersentuhan dengan air, bisa mencoba wahana permainan non air berikut: dino park, citra playland, dan trampolin park.

Untuk wahana petualanan, pilihan permainannya adalah: flying fox, padamoto, motor ATV, rumah hantu, wara wiri, kereta safari, cinema 8D, green car, dan sepeda turis. Selain itu, ada juga wahana edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak seperti: agro sawah, agro sayur, fun games, taman satwa, dan taman lalu lintas.

Kalau kamu tidak puas bermain seharian di sini, kamu bisa menginap di lokasi wisata ini lho. Di sini dalam kawasan Taman Wisata Matahari terdapat beberapa pilihan menginap yang mencakup hotel dan beberapa jenis villa. Selain itu, terdapat fasilitas penunjang lain seperti: ATM, mushola, dan toilet.

3. Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna

Kamu bosan pergi ke Taman Safari atau Taman Wisata Matahari? Cobalah berkunjung ke Telaga Warna untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Obyek wisata di Puncak yang berupa danau dengan lingkungan asri ini menawarkan panorama alam yang indah disertai udara yang sejuk sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka wisata menikmati alam.

Seperti layaknya wisata danau lain, di tempat wisata ini kamu bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu rakit, ataupun sepeda air. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti: area permainan outbound, jalur trekking, dan menara tempat melihat burung. Karena berada di tengah gunung yang masih asri, kamu bisa menjumpai berbagai jenis flora dan fauna liar seperti misalnya kera abu-abu.

4. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung

Tempat wisata di Puncak yang satu ini berlokasi kurang lebih sekitar 17 km dari pintu tol Ciawi. Keunggulan utama dari tempat wisata yang beralamat di Tugu Selatan Cisarua ini adalah suasanya alam yang sejuk, pemandangan yang indah, dan beberapa jenis sarana rekreasi yang ditawarkan. Selain itu, di lokasi ini juga berdiri villa milik Presiden Soekarno, lengkap dengan barang-barang peninggalannya.

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini di antaranya: berjalan-jalan di kebun teh (tea walk), berenang di kolam renang yang airnya berasal dari mata air alami pegunungan, bermain flying fox dan outbound, terapi ikan yang dapat membantu kamu melepas lelah, bermain di area bermain anak, berkemah, berwisata kuliner di cafe dan restoran lesehan, berbelanja di pusat oleh-oleh, serta menginap di penginapan yang dikelilingi kebun teh.

Untuk dapat menikmati Taman Riung Gunung, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp5.000.

5. Curug Cilember

Curug Cilember

Curug Cilember

Kawasan wisata Curug Cilember yang berlokasi di Jalan Cisarua Puncak km 10 adalah tempat yang cocok untuk kamu yang ingin berwisata murah karena harga tiket masuk kawasan wisata ini hanya Rp13.000 per orang, untuk mobil Rp8.000, dan untuk motor Rp4.000 saja.

Atraksi utama di kawasan wisata ini adalah 7 air terjun yang indah dan alami. Untuk dapat mencapai air terjun, kamu harus siap secara fisik karena kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Tidak perlu kuatir tersesat karena sudah ada papan petunjuk yang jelas terpasang di setiap sudut. Bila lelah saat menempuh perjalanan menuju air terjun, jangan ragu untuk mampir ke warung-warung yang tersedia. Warung makanan ini biasanya menawarkan hidangan berupa sate kelinci, jagung bakar, atau mie instan. Beberapa warung juga terlihat menawarkan berbagai jenis souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Selain 7 air terjun yang indah, kamu juga bisa berkunjung ke taman kupu-kupu. Untuk dapat masuk ke taman kupu-kupu, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja. Sesuai dengan namanya, di taman yang ditutup kubah jaring raksasa ini kamu bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu dan juga mempelajari berbagai hal tentang ulat, kepompong, dan kupu-kupu.

Untuk kamu yang ingin permainan seru, kamu bisa mencoba bermain flying fox. Sedangkan, untuk kamu yang ingin berlama-lama di kawasan wisata sejuk ini, kamu bisa menyewa villa 3 kamar tidur berupa pondok dengan harga Rp900.000. Jika ingin lebih murah, kamu bisa menyewa tenda dan camping di area yang sudah disediakan.

6. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

Berlokasi di Jalan Raya Puncak km 87, Agrowisata Gunung Mas sangatlah mudah untuk ditemukan karena terdapat sebuah penanda berupa botol teh besar sebelum area Puncak Pass. Kenapa botol teh? Karena kawasan ini sebenarnya adalah kawasan perkebunan teh terbesar di Jawa Barat sehingga sejauh mata memandang kamu akan melihat hamparan kebun teh berwarna hijau yang indah dan menyejukan jiwa.

Kegiatan wisata yang paling populer di tempat wisata di Puncak ini adalah menunggang kuda mengelilingi perkebunan teh dengan biaya sekitar Rp75.000 per kuda yang mempunyai 3 pilihan rute, yaitu rute dengan jarak tempuh 30 menit, 1 jam, dan 2 jam. Selain menunggang kuda, kamu juga bisa olahraga ringan dengan cara berjalan kaki mengelilingi kebun teh (tea walk) dengan pilihan rute sejauh 4 km, 6 km, dan 8 km. Puas bermain di kebun teh, kamu juga bisa berkunjung ke sebuah pabrik teh di mana kamu bisa melihat bagaimana proses pembuatan teh, mulai dari daun teh sampai menjadi teh dalam kemasan.

Selain kegiatan yang berhubungan dengan kebun teh di atas, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya seperti: memancing di kolam pemancingan, menikmati teh hangat terbaik di cafe, dan juga berenang atau berendam di kolam pemandian air panas. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga kurang lebih Rp16.000. tiket masuk ini kemudian bisa kamu tukarkan dengan secangkir teh hangat gratis.

Untuk kamu yang ingin berpetualan di kebun teh, kami menyarankan untuk melakukannya di pagi hari sebelum matahari terik dan jangan lupa membawa topi dan minuman karena perjalanan akan cukup jauh. Selain itu, bila ingin menunggang kuda, sebaiknya kamu memilih kuda yang terlihat kuat.

7. Puncak Pass

Puncak Pass

Puncak Pass

Puncak Pass adalah tempat tertinggi di kawasan Puncak dengan ketinggian sekitar 1.500 meter. Biasanya untuk dapat menikmati Puncak Pass, wisatawan akan menginap atau berhenti sejenak di Puncak Pass Resort, setidaknya untuk menikmati gemblong yang enak sambil duduk-duduk.

Kalau kamu ingin menginap di hotel yang beralamat di Jalan Raya Puncak km 90 ini, kamu harus menyiapkan uang cukup banyak karena saat akhir pekan harga kamar termurahnya adalah sekitar Rp900.000 dan harus kamu pesan dari jauh hari karena sering kali penuh, sedangkan untuk hari biasa harganya mulai dari Rp600.000. Kalau kamu tidak ingin menginap, setidaknya sempatkan dirimu untuk bermain sejenak di sini dan rasakan udara dingin ditemani pemandangan pegunungan yang indah.

8. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Kamu suka wisata yang memacu adrenalin? Fly Indonesia Paragliding adalah jawaban yang tepat untuk kebutuhan wisatamu! Berlokasi di Jalan raya Puncak km 87, Fly Indonesia Paragliding menawarkan sensasi terbang dari atas gunung setinggi 1.250 meter di atas permukaan laut yang tentunya menawarkan pemandangan yang tiada duanya sehingga membuat kamu merasakan bagaimana rasanya berada di puncak dunia.

Jenis penerbangan yang ditawarkan adalah tandem. Karena terbang secara tandem dengan seorang pilot berpengalaman, kamu tidak perlu belajar bagaimana mengendalikan parasut terlebih dahulu, cukup datang, membayar Rp350.000 untuk tiket penerbangan yang sudah termasuk perlengkapan dan transportasi kembali dari tempat mendarat ke lokasi awal, menandatangani surat perjanjian, menunggu giliran terbang, dan duduk tenang selama penerbangan yang akan berlangsung selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Lama perjalanan ini bervariasi tergantung dari cuaca dan berat badan peserta (maximum 90 kg).

Untuk yang baru pertama kali melakukan kegiatan ini, tentunya akan sangat menakutkan, terutama saat kamu diminta untuk lari dan melompat dari ujung landasan yang tinggi. Namun, jangan kuatir karena kamu didampingi oleh pilot berpengalaman dan selama penerbangan kamu bisa duduk tenang tanpa masalah.

Beberapa tips penting dari AnekaTop10.com: gunakan pakaian yang nyaman, idealnya baju lengan panjang dan celana panjang, hindari menggunakan rok atau sandal, lebih baik pakai sepatu saja supaya tidak terlepas saat terbang, bawa juga kamera untuk mengabadikan momen terbang kamu, pegang erat-erat ya supaya tidak jatuh!

9. Melrimba Garden

Melrimba Garden

Melrimba Garden

Kamu mau melihat pemandangan sambil bermain dan makan enak bersama anak-anak? Melrimba Garden adalah tempat wisata di Puncak yang cocok untuk kamu! Berlokasi sekitar 1 kilometer setelah Mesjid At Ta’awun, tepatnya di Jalan Raya Puncak km 87, Melrimba Garden menawarkan taman indah dengan udara dingin dan pemandangan perkebunan teh hijau dan hutan pinus yang sangat indah.

Di area seluas kurang lebih 5 hektar ini, kamu dapat menikmati beberapa kegiatan rekreasi, di antaranya: wisata taman Melrimba Garden yang merupakan taman alami indah dengan bunga warna warni, wahana flora sentra anggrek bulan di mana kamu bisa melihat dan membeli berbagai jenis bunga, Melrimba Kitchen tempat kamu bisa menikmati berbagai jenis hidangan nikmat, taman bermain tempat kamu bisa bermain ATV, high rope, buggy kart, basket, giant chest, mini soccer, bungee fly, fun boat, dan masih banyak lagi permainan yang ada, serta Kampoeng Melrimba on the weekend yang merupakan tempat terbuka yang berfungsi sebagai lokasi jual beli sayur mayur segar ataupun berbagai jajanan khas Puncak seperti ketan bakar, jagung bakar, dan gemblong.

Untuk kamu yang ingin menginap di lokasi ini, kamu bisa berkemah dengan biaya sekitar Rp1 juta. Sekilas memang mahal, namun harga ini sudah termasuk tenda untuk 4 orang, makan pagi, makan siang, makan malam, snack, sleeping bag, kayu bakar untuk api unggun, tempat barbeque, dan 1 galon air mineral. Listrik disediakan di dalam tenda, sehingga kamu berkesempatan charge handphone kamu tanpa masalah. Selain itu, kamar mandi umum dengan air hangat juga tersedia.

10. Cimory Riverside

Cimory Riverside

Cimory Riverside

Cimory Riverside adalah tempat yang cocok untuk kamu yang ingin wisata kuliner sekaligus wisata alam. Mengapa begitu? Sesuai dengan namanya, Cimory Riverside menawarkan sebuah tempat makan yang lengkap dengan tempat bermain, pusat oleh-oleh, dan berlokasi tepat di pinggir Sungai Ciliwung yang penuh bebatuan sehingga sangat indah untuk dipandang mata.

Tempat wisata di Puncak yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 76 ini adalah salah satu cabang dari restoran Cimory yang ada di Puncak. Selain restoran di pinggir sungai, Cimory yang terkenal dengan produk susunya juga mempunyai cabang yang berlokasi di pinggir lembah juga lho, namun Cimory Riverside ini menawarkan tempat yang lebih luas sehingga lebih direkomendasikan.

Menu makanan di restoran ini cukup beragam, mulai dari makanan khas Indonesia, makanan ala Italia, dan juga makanan khas barat. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp25.000 sampai dengan Rp60.000 untuk makanan, dan sekitar Rp8.000 sampai dengan Rp30.000 untuk minuman.

Kompleks Cimory Riverside terdiri dari 6 bagian, yaitu: Cimory Riverside Resto yang merupakan tempat kamu makan, Cimory Dairy Shop tempat kamu berbelanja berbagai jenis olahan susu, daging, yogurt, dan snack, Chocolate Factory  & Chocomory Shop tempat kamu bisa membeli berbagai jenis coklat yang enak, Cimory Pattiserie tempat kamu bisa membeli berbagai jenis roti, Riverside Walk tempat kamu bisa berjalan-jalan di pinggir sungai, dan Kids Playground tempat anak-anak bermain.

Restoran yang dapat menampung sampai dengan 350 pengunjung ini buka dari pukul 8 pagi, sampai dengan pukul 10 malam setiap harinya. Bila ingin berkunjung, disarankan untuk datang pada pagi hari, karena saat mendekati jam makan siang, tempat ini akan sangat ramai dengan pengunjung yang kelaparan sehingga kamu harus mengantri cukup lama untuk menikmati hidangan yang kamu pesan.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Puncak dari AnekaTop10.com. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu dari 10 tempat wisata di Puncak tersebut? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata di Puncak yang lain? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *