10 Tempat Wisata di Semarang yang Harus Kamu Kunjungi

Lawang Sewu
Share ke teman kamu

Pernah berkunjung ke Semarang? Apa yang paling berkesan dari ibukota Provinsi Jawa Tengah ini? Masyarakatnya, kulinernya, bentang alamnya, atau tempat wisatanya? Omong-omong soal tempat wisata, Semarang adalah salah satu kota yang sering dirujuk wisatawan karena memiliki banyak spot wisata yang seru dan menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata sejarah, religi, kuliner, wisata budaya, sampai wisata alam, semua bisa ditemukan dengan mudah di Kota Lumpia ini. Ya, membicarakan Semarang memang tak pernah ada habisnya, untuk itu kami ingin mengajak teman-teman untuk napak tilas atau sekadar bernostalgia di tempat wisata di Semarang yang menarik ini.

1. Wisata Religi di Pagoda Watugong

Pagoda Watugong

Pagoda Watugong

Tempat wisata di Semarang pertama yang akan kita telusuri adalah wisata religi berwujud Pagoda Watugong. Memiliki nama lengkap Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong, pagoda dengan ketinggian 45 meter ini dibangun bertingkat tujuh. Menurut catatan sejarah masa lalu, vihara ini juga merupakan vihara pertama yang berdiri di Indonesia setelah runtuhnya kekuasaan Majapahit.

Baru pada tahun 1955, YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut ketika berkunjung ke Indonesia. Kini, bangunan tersebut ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Keren ya?

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata religi selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang merupakan kebanggan umat Muslim Kota Semarang. Bangunan masjid ini sendiri terbilang masih anyar dan terkenal dengan 6 payung raksasa persis seperti yang ada di Masjid Nabawi di Madinah yang merupakan salah satu masjid termegah di dunia. Selain itu, MAJT juga termahsyur dengan menara setinggi 99 meternya yang bernama Menara Al-Husna.

Menempati tanah seluas 10 hektar dan mampu menampung sampai 13.000 jamaah, masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari ini juga mempunyai beberapa fasilitas lain, seperti ruang perkantoran, ruang kursus dan pelatihan, perpustakaan, ruang akad nikah, dan auditorium.

3. Wisata Sejarah di Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Teman-teman pasti sudah sangat akrab dengan Lawang Sewu, kan? Ya, salah satu wisata sejarah yang sangat terkenal di Semarang ini memang menyimpan daya tarik yang khas dan tak biasa. Dibangun pada era kolonial, Lawang Sewu merupakan bangunan dengan jumlah pintu yang banyak sekali.

Tempat wisata di Semarang yang terletak di Jalan Pemuda, Semarang, ini sendiri dimiliki dan dikelola oleh Perum KAI dan Dinas Perhubungan. Aura mistis seketika akan menyergap bangunan ini pada malam hari. Bagaimana, berani menguji nyali di tempat yang katanya angker ini?

4. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata di Semarang yang selanjutnya adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Bangunan yang lekat dengan kisah Laksamana Cheng Ho ini terletak di Jalan Simongan. Nama Sam Poo Kong sendiri diambil dari Sam Poo Tay Djien yang merupakan nama asli dari Laksamana Cheng Ho.

Yang menarik dari bangunan berwarna merah ini adalah terdapatnya relief yang menceritakan kisah kedatangan sang pendiri kelenteng, juga patung Laksamana Cheng Ho setinggi 12 meter, dan sebuah pohon unik yang rantingnya menyerupai rantai kapal.

5. Wisata Sejarah di Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito

Ronggowarsito merupakan salah satu museum yang menjadi kebanggan masyarakat Semarang. Museum ini sendiri terletak di Jalan Abdulrahman Saleh, Bundaran Kalibanteng, sekira 1 menit dari Bandara Ahmad Yani, Semarang.



Meski tidak terlalu dikenal wisatawan, Museum Ronggowarsito sesungguhnya memiliki banyak sekali benda koleksi prasejarah seperti batu-batu geologi, fosil hewan purba, kesenian budaya khas Jawa Tengah, juga beragam koleksi budaya peninggalan Kerajaan Islam dan kolonial. Jika dilihat sekilas, museum ini sedikit mirip dengan Taman Pintar yang ada di Yogyakarta, hanya ciri khasnya saja yang berbeda.

6. Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang

Jika singgah ke kawasan Kota Lama, kita akan menemui banyak bangunan peninggalan kolonial dengan desain arsitektur yang khas, salah satunya adalah Gereja Blenduk. Gereja Blenduk yang memiliki gaya arsitektur Pantheon ini sendiri didirikan pada tahun 1753 lalu selanjutnya dipugar kembali pada tahun 1894.

Gereja ini dinamakan Blenduk karena kubahnya yang berbentuk mirip irisan bola (Jawa: mblendhuk). Di dalam bangunan berbentuk segi delapan ini juga terdapat sebuah piano berukuran besar yang sangat unik.

7. Gereja Katedral Semarang

Gereja Katedral Semarang

Gereja Katedral Semarang

Bukan hanya Gereja Blenduknya, Semarang juga memiliki wisata religi lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Gereja Katedral Semarang. Gereja ini sendiri terletak di Jalan Pandanaran Nomor 9, Semarang. Bangunan kuno yang memiliki nama asli “Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari” ini sudah secara resmi dikukuhkan sebagai vikarist apostolik di bawah kepemimpinan Mgr. A. Soegijopranoto, SJ, selaku uskup agung pertama di Indonesia pada tahun 1940 silam.

Nah, kalau teman-teman masih bingung di mana lokasi gereja ini berada, mulailah dari kawasan Tugu Muda. Gereja Katedral Semarang terletak di sebelah tenggara Tugu Muda, dekat dengan 2 bangunan bersejarah lain, yakni Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti. Mudah, kan?

8. Kebun Binatang Mangkang

Kebun Binatang Mangkang

Kebun Binatang Mangkang

Bosan dengan wisata sejarah? Bagaimana kalau mampir ke Kebun Binatang Mangkang? Berlokasi di Taman Margasatwa Mangkang, sebelah barat Kota Semarang, tempat wisata di Semarang yang satu ini memiliki koleksi satwa yang cukup beragam, mulai dari gajah, anoa, kelinci, ular, merak, harimau, kanguru, monyet, dan sebagainya.

Meskipun koleksinya tidak selengkap kebun binatang besar lain pada umumnya, Kebun Binatang Mangkang ini sangatlah cocok menjadi pilihan bagi teman-teman yang ingin mengajak serta adik-adik di rumah. Karena, selain menyaksikan aneka satwa, kita juga bisa menjajal beragam wahana menyenangkan semacam menunggang gajah, foto bersama ular, burung, dan hewan lainnya.

9. Candi Gedongsongo

Candi Gedongsongo

Candi Gedongsongo

Tempat wisata di Semarang yang selanjutnya adalah Candi Gedongsongo yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, sekira 9 km dari pusat Kota Ambarawa. Candi ini sendiri ditemukan oleh Stamford Raffles pada tahun 1804 silam dan termasuk peninggalan budaya Hindu dari zaman pemerintahan Wangsa Sanjaya (abad ke IX atau tahun 927 Masehi).

Selain wisata sejarah berbentuk bangunan candi, di komplek Gedongsongo kita juga bisa menikmati wahana rekreasi lain seperti pemandian air panas, bumi perkemahan, serta wisata berkudanya yang memacu adrenalin.

10. Napak Tilas di Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Di Semarang, ada satu kawasan yang dijuluki The Little Netherland, yaitu Kota Lama. Dinamakan demikian karena memang kawasan ini dulunya dipakai sebagai pusat perdagangan pada masa pemerintahan kolonial. Di kalangan wisatawan, tempat wisata di Semarang yang satu ini sudah sangat terkenal karena bangunan arsitekturnya yang megah tak tergerus zaman, sama seperti Kota Tua di Jakarta.

Sebagaimana warisan peninggalan Belanda pada umumnya, di sini juga terdapat banyak bangunan khas Belanda, di antaranya adalah Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Blenduk Semarang, Susteran Ordo Fransiskan, Jembatan Mberok, PT Perkebunan XV, Bank Export Import Indonesia, PT Djakarta Lloyd, PT Pelni, Kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesia, Pabrik Rokok Praoe Lajar, serta Polder Air Tawang.

Nah, itulah ulasan rekomendasi tempat wisata di Semarang yang harus kamu kunjungi dari AnekaTop10.com. Tempat wisata mana yang akan teman-teman kunjungi? Share yuk!







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *