Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Tempat Wisata di Sentul yang Harus Kamu Kunjungi

Bagikan

Kamu pengen jalan-jalan ke tempat wisata di sekitar Jakarta? Selain kota Bogor, Bandung, dan Puncak, ada alternatif tujuan wisata dekat Jakarta lainnya yaitu Sentul. Kawasan Sentul masih termasuk dalam area Bogor, sehingga tidak jauh dari kota Jakarta.

Dengan kemudahan akses dari Jakarta, kawasan dengan suasana pegunungan sejuk ini telah berhasil menjadi tempat tujuan wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati akhir pekan atau liburan singkat. Selain karena kemudahan akses dan transportasi, kepopuleran kawasan Sentul juga diakibatkan karena banyaknya pilihan tempat wisata di Sentul yang menarik untuk dikunjungi.

Mau tau apa aja tempat wisata di Sentul tersebut? Baca ulasan rekomendasi 10 tempat wisata di Sentul yang harus dikunjungi berikut ini.

1. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari
Iklan

Tempat wisata di Sentul ini berlokasi di Desa Bojongkeneng dan buka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore setiap harinya dengan harga tiket masuk Rp30.000.

Dulunya, air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini sangatlah sulit dicapai karena kamu harus berjalan melewati bukit dan lembah sejauh kurang lebih 2 km. Namun, tak perlu kuatir lagi karena saat ini sangatlah mudah mencapai lokasi tempat wisata di Sentul ini. Kalau kamu berangkat dari Jakarta, kamu hanya perlu masuk ke tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Sentul City. Tak jauh dari pintu tol, ambil jalur kiri dan kemudian masuk ke sebuah jalan dengan pentunjuk menuju Sentul Paradise Park.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat Sentul, dulunya air terjun yang telah menjadi bagian dari Sentul Paradise Park ini adalah tempat seorang bernama Jaka Tarub mengintip bidadari yang sedang mandi. Karena itu, air terjun ini dinamakan Air Terjun Bidadari.

Untuk kamu yang ingin bermain air, di sekitar air terjun ini sudah dibuatkan kolam penampungan air. Kolam ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kolam kecil dengan kedalaman 30 cm, dan kolam besar dengan kedalaman 1,5 meter. Menariknya, di pinggir kolam ini terdapat pasir pantai asli dari Belitung yang akan membuat kamu seolah-olah sedang berada di Pantai.

2. Ah Poong

Ah Poong
Ah Poong
Iklan

Tempat wisata di Sentul yang satu ini adalah tempat wisata favorit banyak orang karena selain dapat menikmati berbagai aktivitas menyenangkan, kamu juga bisa berwisata kuliner di tempat wisata yang buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam ini.

Keunikan lain dari tempat wisata di Sentul ini adalah lokasinya yang berada di pinggir Sungai Cikeas sehingga kamu bisa bermain air di sungai, atau menaiki perahu dayung untuk mengarungi sungai yang tenang. Namun, perlu diingat bahwa tempat ini berkonsep terbuka sehingga bila kamu datang pada siang hari sebaiknya siap berkeringat dan menggunakan sun block.

Walaupun bernama Ah Poong (dibaca apung), di sini kamu tidak akan berkesempatan membeli makanan atau buah dan sayur dari atas perahu. Untuk dapat membeli makanan, kamu juga harus mengisi deposit terlebih dahulu.

3. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park
Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland adalah tempat wisata di Sentul yang paling sering dikunjungi warga Jakarta, terutama untuk kalangan keluarga dengan anak kecil di dalamnya. Taman hiburan dengan lebih dari 40 jenis wahana permainan ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekan, oleh karena itu sebaiknya kamu datang dari pagi hari bila ingin menikmati berbagai jenis wahana dengan tenang.

Iklan

Untuk dapat masuk ke taman hiburan yang beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp220.000. Jika kamu datang ke tempat wisata yang berada di Kawasan Sentul Nirwana ini saat berulang tahun, maka kamu berhak mendapatkan tiket masuk gratis dengan cara menunjukkan KTP atau SIM kamu. Selain itu, bila kamu datang bersama anak dengan tinggi kurang dari 90 cm maka anak kamu bisa masuk gratis. Tersedia juga diskon 50% untuk lansia berumur di atas 60 tahun.

4. Alam Fantasia

Alam Fantasia
Alam Fantasia

Berlokasi di Bukit Sentul Selatan, Alam Fantasia adalah sebuah tempat wisata di Sentul yang menawarkan udara sejuk dan adem. Kawasan wisata ini memang bisa dibilang sederhana bila dibandingkan dengan berbagai jenis tempat wisata modern yang lebih baru, namun tempat wisata di Sentul yang satu ini sangatlah cocok untuk tempat bermain dengan si kecil lho.

Karena harga tiket masuknya hanya Rp10.000, Alam Fantasia sangatlah cocok untuk keluarga dengan anak kecil yang ber-budget rendah. Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut hanyalah untuk tiket masuk saja, untuk dapat bermain di berbagai macam wahana yang ada, kamu harus membayar secara terpisah. 2 wahana yang paling favorit di sini adalah mobil rel dan bom bom car.

Untuk dapat mencapai tempat wisata di Sentul ini, kamu hanya perlu masuk ke jalur tol Jagorawi, kemudian keluar di pintu tol Sentul City dan mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke Taman Budaya Sentul. Alam Fantasia berlokasi di seberang Taman Budaya Sentul sehingga lumayan mudah untuk ditemukan.

Iklan

5. Eco Art Park

Eco Art Park
Eco Art Park

Eco Art Park adalah sebuah tempat wisata di Sentul yang bersebelahan dengan Ah Poong dan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Taman  Patung (Sculpture Garden), Taman Bambu, dan Taman Ilmu Pengetahuan (Science Garden). Selain 3 tema taman tersebut, ternyata Eco Art Park sudah membuat rencana tema taman untuk masa depan lho, di antaranya Taman Bonsai, Taman Herbal, dan Taman Tanaman Dinding (Vertical Garden).

Di Taman Patung, kamu akan menemukan berbagai jenis patung yang dibuat oleh banyak pematung dari berbagai penjuru dunia. Patung yang paling terkenal di kawasan ini adalah patung robot Transformer. Tidak ada pengunjung yang tidak berfoto dengan patung ini. Untuk orang tua dengan anak kecil, perlu dicatat bahwa beberapa patung di sini dibuat menyerupai bentuk manusia tanpa pakaian.

Di Taman Ilmu Pengetahuan, kamu dan keluarga bisa belajar berbagai hal menarik melalui alat peraga yang diletakkan di halaman terbuka. Beberapa hal yang bisa kamu pelajari di antaranya teknik pemindahan air dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi, proses perubahan energi matahari menjadi panas dan cahaya, penjelasan tentang gelombang suara, telepon melalui pipa peralon dan parabola, dan lain-lain. Semua alat peraga yang ada di sini berukuran besar dan bisa kamu coba dengan bebas.

Di Taman Bambu, kamu bisa mengetahui peranan bambu dalam kehidupan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Sunda. Di tempat wisata di Sentul ini, kamu bisa melihat berbagai jenis barang tradisional yang terbuat dari bambu, bahkan ada juga rumah yang sepenuhnya terbuat dari bambu!

Iklan

6. Hutan Pinus Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Hutan Pinus Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Hutan Pinus Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar terkenal dengan hutan pinusnya yang sangat indah seperti di luar negeri dan sangat cocok untuk foto-foto. Tempat wisata di Sentul ini sangatlah tepat untuk kamu yang sedang ingin menikmati alam dengan tenang tanpa harus pergi jauh karena berlokasi sekitar 15 menit perjalanan saja dari Sentul City dan tidak semacet kawasan wisata Puncak.

Untuk dapat menikmati keindahan hutan pinus di Gunung Pancar, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Kegiatan wisata yang ditawarkan di hutan pinus ini di antaranya trekking, berkuda, bersepeda, dan camping untuk kamu yang ingin bermalam di lokasi wisata ini.

7. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul
Taman Budaya Sentul
Iklan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Taman Budaya Sentul terletak di seberang Alam Fantasia Sentul. Tempat wisata di Sentul yang juga sering digunakan sebagai lokasi meeting dan outbound training berbagai perusahaan ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Taman Budaya Sentul City sangatlah cocok untuk segala usia karena di tempat ini terdapat 3 jenis zona permainan, yaitu zona anak, zona remaja, dan zona dewasa. Yang membedakan 3 zona ini adalah jenis permainannya yang dibuat khusus untuk usia tertentu, di mana permainan anak lebih mudah dan mendidik dan permainan dewasa lebih sulit dan menantang.

Selain berbagai jenis wahana permainan seru, kegiatan favorit lainnya di Taman Budaya Sentul adalah bermain layang-layang di lapangan yang sudah disediakan. Kamu tidak perlu membawa sendiri layang-layang kamu dari rumah karena di sini sudah ada berbagai jenis layangan unik yang bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp25.000. Bermain layangan di lapangan Taman Budaya Sentul City cukup mudah karena ada banyak angin sejuk yang akan menerbangkan layangan kamu.

8. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Satu lagi tempat wisata di Sentul yang menarik perhatian banyak wisatawan adalah pemandian air panas Gunung Pancar. Tempat wisata di Sentul ini masih berada dalam 1 kawasan yang sama dengan hutan pinus Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang sudah kita bahas sebelumnya.

Iklan

Pemandian air panas ini buka 24 jam dan terletak tidak jauh dari pintu gerbang Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Untuk dapat menikmati pemandian air panas alami yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp25.000.

Untuk kamu yang ingin menjaga privasi, selain pemandian air panas terbuka, kamu juga bisa memilih untuk berendam air panas di ruangan khusus. Kalau kamu sedang stress atau jenuh dengan pekerjaan sehari-hari, kamu harus mencoba berendam air panas di tempat ini karena dapat memberikan relaksasi yang sangat kamu butuhkan.

9. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang
Goa Agung Garunggang

Mungkin kamu jarang mendengar nama tempat wisata di Sentul Goa Agung Garunggang. Tempat wisata ini memang tidak sepopuler tempat wisata lainnya seperti Jungleland, Ah Poong, dan Gunung Pancar, namun tempat wisata alam yang satu ini sebenarnya keren banget lho.

Lokasi wisata ini cukup tersembunyi karena terletak di antara perbukitan dan tidak ada rumah warga di sekitarnya. Untuk dapat mencapai lokasi, kamu mempunyai 2 pilihan, yaitu berjalan kaki dan hiking sejauh beberapa km sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau dan indah, atau menggunakan kendaraan roda 2 seperti motor trail untuk kemudahan perjalanan kamu. Kalau kamu bertemu dengan warga setempat, jangan ragu untuk bertanya karena lokasinya cukup tersembunyi.

Iklan

Untuk patokan awal, kamu bisa menuju ke Jungeland dan kemudian melihat spanduk petunjuk di sekitar sana atau bertanya warga lokal. Perjalanan melalui Jungleland ini akan membawa kamu menuju sebuah pertigaan setelah Jungleland, di mana kalau kamu belok ke kanan kamu akan menuju Gunung Pancar. Di pertigaan ini kamu harus mengambil belokan ke kiri.

Untuk dapat masuk ke goa vertikal ini, kamu harus membayar Rp12.500 per orang dan bila kamu ingin ditemani oleh guide, kamu harus membayar lagi Rp12.500.

10. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Curug Leuwi Hejo

Tempat wisata di Sentul yang satu ini adalah sebuah air terjun kecil dengan kolam alami yang jernih dan sejuk dikelilingi bebatuan besar. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata alam di Sentul dan sekitarnya yang paling murah. Cukup dengan membayar Rp10.000 per orang, kamu sudah dapat menikmati keindahan alam Leuwi Hejo yang disebut-sebut mirip dengan Green Canyon.

Untuk mencapai tempat ini, sama dengan saat menuju Goa Agung Garunggang, kamu bisa melewati Jungleland, lurus terus sampai bertemu pertigaan yang akan mengantarkan kamu ke Curug Leuwi Hejo bila kamu mengambil arah kiri, dan menuju Hutan Pinus Gunung Pancar bila kamu mengambil arah kanan. Dari pertigaan ini jaraknya masih kurang lebih 3 km lagi.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Sentul yang harus kamu kunjungi dari AnekaTop10.com. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata di Sentul tersebut? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata di Sentul yang lain? Share yuk!

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan