Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Tempat Wisata di Singapore yang Harus Kamu Kunjungi

Bagikan

Singapore adalah destinasi wisata luar negeri yang paling sering dikunjungi oleh turis dari Indonesia. Alasan utama dibalik kepopuleran Singapore sebagai destinasi wisata luar negeri favorit warga Indonesia adalah karena lokasinya yang sangat dekat dengan Indonesia, sehingga harga tiket pesawatnya menjadi murah, bahkan sering kali harganya jauh lebih murah dari pada tiket penerbangan dalam negeri lho.

Apakah hanya karena itu saja? Tentu tidak, untuk berkunjung ke negeri dengan luas wilayah lebih kecil dari Pulau Bali ini, kamu tidak membutuhkan visa jadi sangat mudah untuk jalan-jalan di sini, cukup punya paspor dan tiket saja. Selain itu, suasana di Singapore sangatlah berbeda dengan kota-kota di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Di Singapore kamu dapat merasakan bagaimana hidup di kota yang sangat bersih dan teratur tanpa harus beradaptasi lagi dengan cuaca dan iklim karena sangat mirip dengan Indonesia. Untuk kamu yang suka “cuci mata”, penduduknya juga banyak yang cantik dan ganteng lho!

Banyak orang yang mengatakan bahwa Singapore adalah tempat wisata belanja murah, apakah itu benar? Rahasia dari “barang murah” di Singapore adalah status kamu sebagai turis asing. Bila kamu membeli barang dari toko yang terdaftar sebagai pembayar pajak, kamu bisa me-refund pajak yang kamu bayarkan di bandara, lumayan banget ya!

Nah selain wisata belanja di berbagai area di Singapore, tentu ada banyak sekali tempat wisata di Singapore lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mau tau apa saja tempat wisata di Singapore yang harus kamu kunjungi? Baca ulasannya berikut ini:

1. Orchard Road

Iklan
Orchard Road
Orchard Road

Untuk urusan wisata belanja di Singapore, Orchard Road yang berlokasi di tengah Singapore adalah tempat tujuan yang tepat. Di sepanjang jalan yang namanya berasal dari nama tanaman ini terdapat banyak sekali pilihan tempat belanja seperti mall untuk kamu kunjungi, dan tentu saja mayoritas dari mereka bisa kamu refund pajaknya di bandara!

Kalau kamu tidak suka berbelanja, tidak perlu kuatir. Selain pusat perbelanjaan, di sepanjang jalan yang memiliki panjang lebih dari 2 km ini juga ada banyak pilihan tempat nongkrong dan tempat wisata kuliner.

2. Universal Studios

Universal Studios
Universal Studios

Berlokasi di Pulau Sentosa, Universal Studios merupakan sebuah taman bermain untuk segala umur yang mempunyai tema film Hollywood yang diproduksi oleh Universal Studios seperti misalnya Jurassic Park, Transformer, The Mummy, Waterworld, Shrek, Madagascar, dan lain-lain.

Iklan

Dengan luas sekitar 20 hektar, tempat wisata di Singapore yang dibuka untuk umum sejak tahun 2011 ini mempunyai lebih dari 20 jenis permainan sehingga kemungkinan 1 hari penuh tidaklah cukup untuk dapat menikmati semuanya. Selain banyak wahana permainan, di sini juga terdapat lebih dari 30 tempat makan, dan lebih dari 20 kios cendera mata.

Kalau dibandingkan dengan Dufan, harga tiket masuknya memang cukup mahal, kurang lebih sekitar 3 – 4 kali lipat lebih mahal dari Dufan. Namun, walau harus membayar cukup mahal kamu tidak akan menyesal bermain di sini karena pengalaman yang ditawarkan tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Untuk kamu yang memilih tidak masuk dan bermain di tempat wisata di Singapore ini, setidaknya kamu bisa foto-foto di depan “The Universal Globe” yang merupakan ikon dari tempat ini.

3. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay
Gardens by the Bay

Tempat wisata di Singapore ini berlokasi di kawasan Marina Bay yang saat ini sedang naik daun berkat keberadaan Marina Bay Sands. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah taman, namun ini bukan hanya sekedar taman biasa lho.

Gardens by the Bay yang menempati area seluas lebih dari 100 hektar ini dibuat dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Singapore dengan menawarkan hidup yang lebih hijau dengan berbagai macam tumbuhan. Selain untuk meningkatkan kualitas hidup, tempat ini juga sukses menarik pengunjung dari berbagai belahan dunia, terbukti dari jumlah pengunjung yang telah mencapai puluhan juta orang.

Iklan

Apa sih yang menarik dari tempat rekreasi ini? Selain berbagai tumbuhan hijau, di sini kamu juga akan menemukan beberapa pohon raksasa yang terbuat dari baja. Pohon baja setinggi gedung 16 lantai ini mempunyai fungsi yang menarik, yaitu untuk menampung air saat hujan, dan mengambil energi matahari saat tidak hujan. Waktu berkunjung yang paling populer adalah saat malam hari, alasannya adalah saat malam hari lampu penghias pohon-pohon baja tersebut akan menyala dengan indah sehingga sangat cocok untuk lokasi foto-foto. Selain pohon-pohon raksasa yang bisa kamu nikmati secara gratis, kamu juga bisa naik dan berjalan di jembatan yang menghubungkan pohon-pohon tersebut dengan biaya sekitar Rp50.000 saja.

Kalau kamu mau pengalaman yang lebih keren lagi, kamu bisa berkunjung ke Flower Dome dan Cloud Forest dengan harga tiket masuk kurang lebih Rp350.000. Kedua tempat ini adalah tempat wisata di Singapore yang jarang dikunjungi oleh masyarakat Indonesia sehingga kamu bisa mempunyai cerita liburan yang unik untuk teman-teman kamu.

Di Flower Dome, kamu dapat merasakan replika dari iklim negara lain seperti Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan Australia dengan suhu sekitar 23 – 25 derajat Celcius. Tujuan dari penyesuaian iklim dalam ruangan seluas lebih dari 1 hektar ini adalah supaya masyarakat dapat menikmati bunga indah dari berbagai belahan dunia. Sedangkan di Cloud Forest, kamu akan bertemu dengan replika suasana pegunungan dari berbagai belahan dunia. Enggak perlu lagi naik gunung susah-susah untuk melihat tanaman khas pegunungan!

4. Merlion Park

Merlion Park
Merlion Park

Siapa yang enggak tahu Merlion? Merlion merupakan patung berbentuk sebuah binatang yang menyemburkan air dan sudah dari dulu menjadi landmark nasional Singapore. Binatang ini tidak akan kamu temukan di manapun di dunia karena merupakan binatang imajinasi yang mempunyai kepala seperti singa dan tubuh seperti ikan.

Iklan

Patung maskot pariwisata Singapore ini sejak dahulu kala telah menjadi lokasi foto-foto favorit para turis karena rasanya tak lengkap bila ke Singapore tidak berfoto dengan patung ikonik ini. Patung Merlion pernah rusak karena disambar petir pada tahun 2009, namun tak perlu kuatir karena dalam jangka waktu 1 bulan saja pemerintah Singapore sudah berhasil menyelesaikan perbaikan pada patung ini dan kamu bisa foto-foto dengan patung Merlion yang mempunyai tinggi hampir 9 meter dengan sempurna.

5. Jurong Bird Park

Jurong Bird Park
Jurong Bird Park

Jurong Bird Park sesuai dengan namanya, merupakan tempat melihat burung yang paling terkenal di Singapore dan sekitarnya. Dengan luas ekitar 50 hektar, tempat wisata di Singapore ini mempunyai lebih dari 600 jenis burung, dengan total burung dalam kawasan ini sebanyak lebih dari 8.000 ekor.

Taman burung terbesar di dunia ini menawarkan banyak tema kawasan seperti misalnya: African Waterfall Aviary, Lory Loft, Penguin Coast, World of Darkness, Dinosaur Descendants, Southeast Asian Birds Aviary, dan Pelican Cove yang masing-masing mempunyai keunikan tersendiri. Selain dapat melihat burung dengan berbagai tema habitat, kamu juga bisa menikmati berbagai acara yang selalu diadakan di sini seperti: High Flyers Show, Kings of the Skies Show, dan Lunch with the Parrots.

Harga tiket masuk Jurong Bird Park adalah sekitar Rp200.000.

Iklan

6. River Safari

River Safari
River Safari

River Safari adalah sebuah kebun binatang yang sangat menarik. Apa sih yang membuatnya menarik? Tidak seperti kebanyakan kebun binatang lainnya, tema dari kebun binatang dengan luas area 12 hektar ini adalah kehidupan sungai.

Sarana rekreasi yang paling keren di tempat wisata Singapore ini adalah sebuah wahana bernama Amazon River Quest. Di wahana ini kamu akan diajak menaiki sebuah perahu untuk mengarungi sungai dan membelah hutan belantara. Dalam jangka waktu 10 – 15 menit, kamu akan melihat lebih dari 30 jenis hewan yang biasanya hidup di hutan belantara.

Selain Amazon River Quest yang unik, kamu juga bisa melihat kehidupan hewan dari 10 ekosistem yang berbeda di seluruh dunia. Total hewan yang bisa kamu lihat di tempat wisata Singapore ini berjumlah lebih dari 5.000 hewan dari 300 spesies yang berbeda, termasuk beberapa spesies hewan yang langka dan terancam punah. Beberapa hewan yang bisa kamu lihat di antaranya: ular anaconda, belut listrik, lele Mekong raksasa, panda raksasa, panda merah, jaguar, dan buaya China.

7. Chinatown

Iklan
Chinatown
Chinatown

Berlokasi di tengah Singapore, Chinatown merupakan sebuah distrik pusat kebudayaan dan sejarah China. Karena unsur sejarahnya yang kental, tempat ini telah dinobatkan sebagai situs warisan nasional Singapore.

Bagi warga negara Indonesia pada umumnya, Chinatown adalah pusat berburu oleh-oleh karena di daerah ini kamu bisa membeli berbagai jenis pernak-pernik unik dengan harga yang tergolong murah meriah. Selain berburu oleh-oleh dan menikmati suasana budaya China, kamu juga bisa berwisata kuliner lho di tempat ini. Namun, untuk kamu yang beragama Islam, kamu harus melihat dahulu dengan teliti bahan makanan yang akan dimasak karena sebagian makanan di sini tidak halal.

8. Singapore Flyer

Singapore Flyer
Singapore Flyer

Kamu pernah naik Bianglala di Dufan? Di Singapore juga ada lho kincir raksasa yang bisa kamu naiki untuk menikmati pemandangan kota Singapore dari ketinggian. Tempat wisata di Singapore ini buka sejak tahun 2008 dan pembangunannya memakan waktu lebih dari 2 tahun lamanya.

Iklan

Kincir raksasa ini sangatlah besar dengan jumlah 28 kapsul ber-AC untuk membawa pengunjung melihat Singapore dari ketinggian. Masing-masing kapsul dapat membawa 28 orang sekaligus, sehingga dalam waktu 1 kali putaran kincir ini dapat membawa ratusan orang sekaligus.

Singapore Flyer merupakan salah satu kincir observasi terbesar di dunia, sehingga kamu dapat dipastikan tidak akan kecewa membayar tiket masuk seharga kurang lebih Rp350.000.

9. Singapore River Cruise

Singapore River Cruise
Singapore River Cruise

Singapore River adalah sebuah sungai besar yang mengalir melewati tengah kota Singapore menuju selatan Singapore. Mungkin kamu bingung mengapa sebuah sungai dengan panjang hanya sekitar 3 km ini bisa menjadi tempat wisata menarik. Ada apa sih di sungai ini?

Di tempat wisata di Singapore ini, kamu bisa menikmati suasana tenang di pinggi sungai. Jangan membayangkan sungai kotor seperti yang kadang kamu jumpai di tengah kota besar di Indonesia lho. Sungai ini sangat bersih dan terawat jadi kamu bisa menikmati ketenangan pinggir sungai sambil makan es krim.

Iklan

Di sekitar lokasi juga banyak terdapat cafe dan tempat perbelanjaan sehingga kamu tidak akan bosan menghabiskan waktu di sini. Kalau kamu sudah puas berbelanja dan menikmati camilan di cafe, kamu bisa membeli tiket seharga kurang lebih Rp250.000 untuk mengikuti kegiatan Singapore River Cruise. Kegiatan ini kebanyakan akan diikuti oleh turis mancanegara dan akan membawa kamu ke area Marina Bay.

10. Madame Tussauds

Madame Tussauds
Madame Tussauds

Mungkin banyak dari kamu yang belum pernah mendengar nama tempat wisata di Singapore ini. Madame Tussauds adalah sebuah museum patung lilin yang baru mulai dibuka untuk umum pada akhir tahun 2014 dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapore yang terbaru.

Tempat wisata yang berlokasi di Sentosa Island Singapore ini mempunyai koleksi patung lilin dari banyak orang penting dan terkenal seperti misalnya Soekarno, Lee Kuan Yew, David Beckham, Angelina Jolie, Johnny Depp, Katy Perry, Taylor Swift, Lady Gaga, hingga artis Korea, dan masih banyak lagi. Patung-patung ini dibuat dengan sangat sempurna dan professional dengan ukuran sebenarnya sehingga kamu bisa mengejutkan teman kamu dengan berfoto bersama idola mereka.

Nah, itulah daftar 10 tempat wisata di Singapore yang harus kamu kunjungi ketika berlibur di Singapore. Apakah kamu sudah pernah datang ke salah satu tempat wisata tersebut? Atau kamu punya tempat wisata lain di Singapore yang kamu suka? Share yuk!

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan