10 Tempat Wisata di Solo yang Harus Kamu Kunjungi

Istana Mangkunegaran
Share ke teman kamu

Dari sekian puluh kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, barangkali Surakarta atau umum disebut Solo adalah salah satu yang banyak dijadikan rujukan wisatawan untuk berlibur. Ya, ada begitu banyak hal menarik yang bisa kita temukan di kota ini. Tidak hanya masyarakatnya yang ramah, kulinernya yang lezat dan murah, tapi juga tempat wisatanya yang luar biasa.

Nah, kali ini kami ingin mengajak teman-teman untuk menjejakkan kaki di Solo, kotamadya yang terletak di wilayah Jawa Tengah bagian selatan, untuk menikmati beragam pesona wisata yang memikat hati siapa saja yang pernah berkunjung ke kota yang terkenal dengan Sungai Bengawan Solo-nya ini.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Membincang kerajaan berarti juga membincang keraton, istana khusus yang dipakai sebagai tempat tinggal raja. Pun di Solo, ada sebuah keraton yang sangat terkenal dan dijadikan tujuan wisata oleh para pelancong. Ya, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat namanya.

Pada awal berdirinya, keraton ini adalah bagian dari Kerajaan Mataram, namun karena adanya isu politik dengan pihak kolonial, akhirnya keraton pun terpecah menjadi dua, yakni Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin Oleh Pangeran Mangkubumi. Pangeran Mangkubumi inilah yang kemudian mendapat gelar Sultan Hamengku Buwono I.

Hingga detik ini, kedua keraton tersebut masih berdiri gagah di buminya masing-masing. Jika memasuki keraton ini, pengunjung bisa melihat berbagai peninggalan dan koleksi raja-raja sebelumnya. Selain itu, tempat wisata di Solo ini juga masih rutin dipakai untuk menggelar beragam festival budaya seperti misalnya Upacara Sekaten dan Arak Kebo pada malam 1 Suro.

2. Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug

Tempat wisata di Solo berikutnya adalah Taman Satwa Taru Jurug yang lokasinya persis berada di tepian Sungai Bengawan Solo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar.

Taman satwa atau lebih dikenal dengan kebun binatang ini merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan warga Solo. Selain koleksi binatangnya yang cukup lengkap, suasana asri dan nyaman membuat banyak wisatawan merasa betah berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini.

3. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Nah, buat teman-teman yang menggemari wisata sejarah, rasanya perjalanan belum lengkap kalau tidak mengunjungi Museum Radya Pustaka yang terletak di dekat Kompleks Taman Sriwedari, Solo. Di sini, kita bisa melihat beragam koleksi dan benda-benda peninggalan Kerajaan Mataram.

Koleksi yang paling populer di museum ini adalah sebuah porselen hadiah dari Napoleon Bonaparte untuk Sri Susuhunan Paku Buwono IV. Sayangnya, museum ini pernah menjadi sasaran perampokan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang ingin memiliki koleksi antik di museum ini.

4. Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo

Nah, jika kebetulan teman-teman ingin menghabiskan malam di Solo, ada lho salah satu tujuan wisata yang terkenal, namanya Ngarsopuro Night Market Solo. Ngarsopuro sendiri merupakan jalanan yang disulap menjadi kawasan yang sangat nyaman dipakai untuk berkumpul dan nongkrong bersama teman-teman.

Pada hari-hari biasa, tempat wisata di Solo yang terletak di Jalan Diponegoro atau bagian selatan Pura Mangkunegaran ini biasanya dipakai oleh anak-anak muda untuk sekadar nongkrong. Baru pada malam Minggu, suasana di sini sontak disulap menjadi pusat keramaian para pedagang yang menjajakan dagangannya, mulai dari kerajinan, batik, souvenir, kuliner khas Solo, dan barang oleh-oleh lainnya.

5. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Bagi para pecinta batik, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi, Solo. Danar Hadi sendiri merupakan merek batik yang sangat terkenal seantero Kota Solo. Di sini, selain bisa membeli batik Danar Hadi sebagai oleh-oleh atau cinderamata, kita juga bisa melihat beragam koleksi berbagai macam batik dari berbagai penjuru Nusantara. Menarik sekali, ya?



6. Wisata Belanja di Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Selain wisata budayanya, Solo juga terkenal akan wisata belanjanya lho. Salah satu spot wisata belanja yang paling sering dijadikan rujukan warga Solo adalah Pasar Klewer. Di sini, kita bisa menemukan berbagai jenis kain, batik, dan pakaian dengan harga murah. Tapi, namanya juga pasar, pandai-pandailah menawar harga kepada pedagang agar tidak menyesal karena membeli barang terlalu mahal.

7. Kuliner Malam di Galabo Solo

Galabo Solo

Galabo Solo

Selain Ngarsopuro, wisata malam yang bisa teman-teman sambangi ketika berada di Solo adalah Galabo. Yang membedakan keduanya adalah konsep tempatnya saja. Ya, Galabo lebih dikenal dengan wisata kulinernya yang sangat beragam. Nama Galabo sendiri merupakan akronim dari Gladak Langen Bogan. Di tempat wisata di Solo yang satu ini, ada banyak kuliner lezat yang bisa kita cicipi sembari menikmati suasana malam Kota Solo, seperti bistik, kuliner khas angkringan, sate, bandeng bakar, soto, timlo, gudeg, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika penasaran, datanglah ke kawasan Gladak, atau tepatnya di depan Pusat Grosir Solo.

8. Wisata Sejarah di Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Selain keraton kasunanan, wisata sejarah lain yang bisa ditemui di kota Solo adalah Taman Hiburan Rakyat Sriwedari. Sejak zaman dulu, tempat wisata di Solo ini sudah sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan budaya tradisional khas Jawa Tengah, seperti wayang orang, kethoprak, dan lain-lain.

Seiring berjalannya waktu, Taman Sriwedari pun disulap dengan konsep yang lebih modern, yakni penambahan wahana permainan untuk anak-anak, juga taman bermain air atau waterpark. Tidak hanya itu, di sini juga banyak berdiri stand penjual makanan juga panggung yang sering menampilkan perhelatan-perhelatan musik modern.

9. Wisata Budaya di Kampung Batik Laweyan dan Kauman

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Solo memang sangat terkenal akan batiknya, karenanya tidak mengherankan kalau di sini banyak terdapat kampung batik. Nah, yang paling terkenal adalah Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Meski sama-sama kampung batik, kabarnya keduanya memiliki motif dan corak yang berbeda dalam proses pembuatannya.

Di Kampung Batik kauman, motif atau corak batik cenderung lebih gelap daripada yang di Laweyan. Nah, kedua tempat wisata di Solo inilah yang bisa jadi rujukan buat kalian yang ingin membeli oleh-oleh berupa kain batik untuk keluarga dan kerabat di rumah.

10. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran

Masih ingat cerita pecahnya Kerajaan Mataram oleh Belanda yang menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, kan? Nah, ternyata krisis yang dihadapi Kerajaan Mataram ini belum berakhir. Dua tahun pasca ditandatanganinya Perjanjian Giyanti, Kasunanan Surakarta dipecah lagi menjadi 2, yaitu Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran.

Pemecahan ini sendiri disahkan di atas perjanjian Salatiga pada tahun 1755. Dengan Raden Mas Said (kemudian bergelar Mangkunegoro I) didaulat sebagai Raja Mangkunegaran. Saat ini, Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum dan siapa saja yang ingin melihat koleksi peninggalan zaman dahulu, khususnya benda sejarah milik raja-raja Mangkunegaran. Wisata sejarah di Solo ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pelancong karena memiliki bangunan dengan konsep klasik.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Solo yang harus kamu kunjungi pada liburan kamu selanjutnya. Tempat wisata di Solo yang mana yang akan kamu datangi? Share yuk!







Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *