10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Harus Kamu Kunjungi

Curug Cigangsa
Share ke teman kamu

Siapa yang pernah berkunjung ke Sukabumi? Ya, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini tidak hanya terkenal akan bentang alamnya yang indah, tapi juga tempat wisatanya yang begitu mempesona. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta, Bogor, dan Bandung juga membuat Sukabumi menjadi salah satu tujuan wisata wajib bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya, terutama pada akhir pekan.

Masih ingat Pelabuhan Ratu yang konon disebut sebagai tempat persemayaman Nyi Roro Kidul, kan? Itu hanya satu dari sekian banyak tempat wisata terkenal di Sukabumi. Selain Pelabuhan Ratu, tentu saja masih ada banyak tempat wisata di Sukabumi yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Nah, jika kebetulan akan berkunjung ke Sukabumi, jangan lewatkan 10 tempat wisata di Sukabumi ini, cobalah untuk mampir sejenak dan merasakan keasrian tempat wisata alam di Sukabumi. Apa sajakah itu?

1. Curug Awang, Mutiara Tersembunyi di Sukabumi

Curug Awang

Curug Awang

Tempat wisata di Sukabumi pertama yang kita bahas adalah Curug Awang Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Ciletuh, Sukabumi. Seperti halnya curug alias air terjun pada umumnya, Curug Awang Sukabumi menyajikan pemandangan yang masih sangat asri dan alami, sehingga cocok dijadikan rujukan wisata untuk sekadar melepas penat.

2. Belum Puas Bermain Air? Yuk ke Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Masih tentang wisata air terjun, namun yang kali ini bernama Curug Cibeureum. Curug yang satu ini sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Sukabumi, Jawa Barat. Oleh karena itu, untuk bisa menjangkau lokasi ini, kita harus melewati taman nasional ini sekira 500 meter dengan berjalan kaki. Selain asri dan menenangkan, harga tiket masuk ke curug ini juga terbilang murah, yakni hanya Rp20.000 per orang dewasa.

Kalau Sempat, Mampirlah ke Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan

Kamu tentu tak asing dong ya dengan batu bacan yang belakangan ramai dipakai untuk perhiasan itu? Nah, kalau batu bacan yang ini merupakan nama sebuah tempat wisata di Sukabumi yaitu Danau Batu Bacan. Terletak di Desa Bojongharjo, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, danau ini memiliki warna air yang khas berwarna hijau.

Kabarnya, danau ini dulunya merupakan area pertambangan batu yang dikelola oleh warga sekitar, namun seiring berjalannya waktu ternyata ada sumber mata air yang muncul sehingga menjadi danau seperti sekarang.

3. Indahnya Tebing Panenjoan nan Memanjakan Penglihatan

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan

Senang melihat pemandangan hijau rerumputan dan pepohonan? Cobalah berkunjung ke Tebing Panenjoan. Nama Panenjoan sendiri awalnya diambil dari kata tenjo yang artinya melihat. Ya, bertempat di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, tempat wisata di Sukabumi yang satu ini memang sangat pas dijadikan lokasi untuk melihat asrinya Sukabumi dari ketinggian 250 mdpl. Wah, sepertinya akan lebih romantis kalau berkunjung ke sini bersama orang terkasih, ya?

4. Melepas Penat di Situ Gunung

Situ Gunung

Situ Gunung

Setelah tadi ada Danau Batu Bacan, sekarang adalah objek wisata tirta lain, yakni Situ Gunung. Situ Gunung sendiri merupakan nama sebuah tempat wisata di Sukabumi yang letaknya berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, alias masih dalam jangkauan Taman Nasional Gede Pangrango, Sukabumi.

Sekilas, danau ini sedikit mirip dengan Telaga Menjer yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Airnya yang teramat bening dan juga suasana sekitar yang dihiasi pepohonan hijau nan rindang dijamin akan membuat betah siapa saja yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Ayo mampir!

5. Rindu Mendengar Debur Ombak? Pantai Citepus Jawabannya

Pantai Citepus

Pantai Citepus

Nah, semua tentu sudah tahu kan indahnya ombak Pantai Laut Selatan? Yup, salah satu spot yang bisa kita kunjungi untuk menyaksikan debur ombak nan menenangkan adalah Pantai Citepus yang berlokasi di Teluk Pelabuhan Ratu.

Ya, selain ombaknya yang besar, pantai-pantai di wilayah Sukabumi juga terkenal dengan keindahan bebatuan karang yang tersebar di bibir pantai. Jika berkunjung ke Sukabumi, jangan lupa untuk mampir sejenak ke pantai paling terkenal di Pelabuhan Ratu ini, ya!

6. Wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau TNGHS merupakan daerah konservasi alam yang memiliki luas 113.357 hektar. Taman nasional ini sendiri berlokasi di Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Di tempat wisata di Sukabumi ini, kita bisa menikmati beragam objek wisata menarik, mulai dari kawasan hutan lindung, air terjun, aliran sungai yang sangat jernih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain dipakai sebagai tempat wisata, TNGHS juga sering dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan dan objek penelitian oleh para ahli.

7. Menjelajah Gua Buniayu nan Megah

Gua Buniayu

Gua Buniayu

Masih ingat kan cantiknya Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur? Nah, Sukabumi ternyata juga punya objek wisata gua lho, apa lagi kalau bukan Gua Buniayu? Ya, gua yang terletak di Desa Kertaangsa, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, ini memang sudah sangat terkenal akan keindahannya.

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan Gua Buniayu, teman-teman harus mengenakan peralatan lengkap. Pun kita bisa menikmati suasana gua dengan cara Vertical Caving maupun Horizontal Caving. Tiket masuk ke objek wisata yang satu ini sendiri cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp15.000 saja. Murah, kan? Jadi, kapan mampir dan ambil swafoto di Gua Buniayu? Ajak serta keluarga ya!

8. Menikmati Tantangan Jeram di Sungai Citarik

Sungai Citarik

Sungai Citarik

Nah, bagi teman-teman yang menggemari jenis wisata ekstrem, cobalah keseruan menjajal derasnya arus Sungai Citarik dengan bermain arung jeram bersama teman-teman. Akan tetapi jika kalian masih merasa kalau jeram di Sugai Citarik tidak begitu menantang, tak usah khawatir lah, sebab ada alternatif wisata arung jeram lain yang lebih menantang, yakni Sungai Citatih yang terletak di Desa Bojongkerta, Kecamatan Warungkiara, Sukabumi.

9. Menikmati Indahnya Pemandangan Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Ya, selain pantai, Kabupaten Sukabumi memang terkenal akan wisata air terjunnya. Tidak mengherankan, sebab sebagian wilayah Sukabumi memang berada di dataran tinggi. Nah, selain curug-curug yang sudah dibahas di atas, ada juga lho curug lain yang tak kalah indah, namanya Curug Cigangsa!

Curung Cigangsa sendiri terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, sekitar 110 kilometer arah selatan dari pusat Kota Sukabumi. Pada zaman penjajahan, wilayah ini sering dipakai sebagai lokasi persembunyian para prajurit karena letaknya memang tersembunyi.

10. Curug Cimarinjung, Sensasi Wisata Air Terjun Berhias Tebing

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Curug Cimarinjung yang bertempat di Desa Ciwaru. Agak lain dari beberapa curug sebelumnya, Curug Cimarinjung ini memiliki ketinggian sekira 45 meter dengan pemandangan di sekitar air terjun yang bisa dibilang “sangat mewah”.

Tidak hanya itu, bebatuan dan tebing cadas yang mengelilingi curug akan semakin menambah eksotisme curug yang menurut banyak pengunjung hampir bisa difantasikan seperti Jurassic Park. Wah, menarik sekali ya!

Nah, itulah daftar tempat wisata di Sukabumi yang harus kamu kunjungi dari AnekaTop10.com. Tempat mana yang kamu pilih untuk dikunjungi? Share yuk!





Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *