10 Tempat Wisata di Surabaya yang Harus Kamu Kunjungi

Pantai Kenjeran
Share ke teman kamu

Kota Surabaya merupakan kota terbesar di provinsi Jawa Timur. Kota yang mempunyai sebutan kota pahlawan ini adalah tempat tujuan bisnis yang paling populer selain Jakarta. Hal tersebut terbukti dari banyaknya maskapai penerbangan yang membuka rute Jakarta – Surabaya sehingga menjadikan rute ini sebagai salah satu rute tersibuk di dunia penerbangan. Selain itu, lokasi Surabaya yang berada di tengah-tengah negara Indonesia menjadikannya tempat yang pas untuk transit berbagai rute penerbangan, biasanya penerbangan yang berasal dari Indonesia bagian barat menuju Indonesia bagian timur.

Selain populer sebagai tujuan bisnis karena merupakan kota terbesar ke dua di Indonesia, kota Surabaya juga populer sebagai pintu masuk pemudik yang ingin pulang kampung ke daerah Jawa Timur. Hal ini dikarenakan kemudahan akses bandara di Surabaya, sehingga pemudik dapat dengan mudah naik pesawat menuju Surabaya dan melanjutkan ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta.

Di luar keunggulan Surabaya sebagai tempat bisnis dan transit, ternyata kota Surabaya juga menawarkan banyak tempat wisata yang menarik. Jadi, untuk kamu yang tinggal di Surabaya, kamu tidak harus pergi ke daerah Malang dan sekitarnya yang sejuk seperti Bandung, namun bisa juga berwisata di Surabaya.

Nah, dari sekian banyak pilihan tempat wisata di Surabaya, apa aja sih tempat wisata yang paling oke? Baca daftar rekomendasi 10 tempat wisata di Surabaya yang harus kamu kunjungi selengkapnya di bawah ini.

1. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam yang sering kali disingkat menjadi Monkasel adalah salah satu monumen yang paling unik di Indonesia. Mengapa begitu? Sesuai dengan namanya, monumen ini sebenarnya merupakan sebuah kapal selam yang dulunya dipakai oleh armada angkatan laut Indonesia untuk berperang dalam proses membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda.

Sejak diresmikan pada tahun 1998 yang lalu, monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata sekaligus belajar sejarah Indonesia karena di sini kamu bisa menonton film tentang peperangan yang terjadi di Laut Aru. Setelah melihat film sejarah tersebut, kamu bisa melihat-lihat bagian dalam dari kapal selam perang yang asli lho. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat panggung musik, penjual souvenir, dan kolam renang yang cocok sebagai tempat bermain air si kecil.

Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di Surabaya ini dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 malam dengan membayar tiket masuk seharga Rp10.000 saja.

2. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan

Berlokasi di tengah kota Surabaya, tepatnya di Jalan Pahlawan, Tugu Pahlawan dibuat dengan tujuan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Pada saat itu, rakyat Surabaya dan pasukan sekutu berperang melawan Belanda yang ingin menjajah Indonesia kembali.

Monumen setinggi lebih dari 40 meter ini berdiri di atas lahan yang memiliki luas lebih dari 1 hektar, sehingga sering kali dijadikan tempat untuk duduk-duduk, olahraga pagi, atau sekedar jalan-jalan santai sambil mengenang sejarah Indonesia.

Di kawasan Tugu Pahlawan juga terdapat sebuah museum yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan kota Surabaya. Koleksi yang bisa kamu lihat di museum ini di antaranya: senjata tradisional, patung pejuang, rekaman pidato, peta, dan barang peninggalan Bung Tomo. Di museum ini kamu juga bisa melihat foto-foto proses pembangunan Tugu Pahlawan.

Area Tugu Pahlawan buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam setengah 3 sore, dengan harga tiket masuk Rp5.000.

3. House of Sampoerna

House of Sampoerna

House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah tempat wisata di Surabaya yang paling terkenal. Tempat wisata yang beralamat di Jalan Taman Sampoerna Nomor 6 ini awalnya adalah sebuah panti asuhan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1862 sebelum akhirnya dibeli oleh seorang pengusaha rokok pada tahun 1932. Saat ini, bangunan bergaya kolonial ini difungsikan sebagai museum.

Sampoerna merupakan salah satu merek rokok yang paling terkenal di Indonesia, sehingga jangan heran bila melihat dekorasi serba rokok yang ada di sini, misalnya pilar-pilar megah yang didesain menyerupai bentuk rokok. Ketika melangkah masuk, kamu akan langsung mencium aroma cengkeh dan kamu juga akan langsung merasakan suasana pedesaan khas jaman dahulu.

Selain bisa melihat koleksi kuno dari pendiri Sampoerna, di tempat wisata ini kamu juga bisa membeli berbagai macam souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Kalau sudah puas berbelanja dan melihat-lihat koleksi di museum ini, kamu bisa melihat proses pembuatan rokok oleh para pekerja yang hampir semuanya adalah wanita. Namun perlu diingat bahwa kamu tidak boleh mengambil foto saat melihat proses pembuatan rokok tersebut.

Tempat wisata di Surabaya ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 10 malam setiap harinya, dengan tiket masuk gratis.

Baca juga: 10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

4. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu kebun binatang yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Dulu, tempat wisata di Surabaya ini sempat mendapat gelar kebun binatang terbesar di Asia Tenggara karena mempunyai ribuan binatang. Namun sayang beberapa tahun terakhir kebun binatang ini menerima kritik dari beberapa aktivis tentang perawatan hewan yang kurang baik.

Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore, dengan tiket masuk seharga Rp15.000 pada hari biasa, dan Rp20.000 pada akhir pekan atau hari libur.

5. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Jembatan yang melewati Selat Madura ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang total lebih dari 5 km. Jembatan ini sebenarnya adalah sebuah jalan tol, sehingga kamu harus membayar Rp30.000 untuk dapat melintasi Jembatan Suramadu. Uniknya, sepeda motor diperbolehkan melintas di tol ini.

Biaya pembangunan jembatan yang telah menjadi ikon kota Surabaya dan Madura ini diperkirakan mencapai 4,5 trilyun Rupiah. Keberadaan jembatan ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian Madura yang relatif tertinggal bila dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Selain itu, jembatan ini juga diharapkan dapat menekan jumlah penduduk Surabaya yang semakin padat akibat banyak warga Madura yang menetap di Surabaya.

Saat proses pembangunan dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2009, ada beberapa kisah misterius dan angker yang beredar tentang Jembatan Suramadu, misalnya tentang adanya pekerja yang meninggal akibat tertimpa balok beton. Katanya, kejadian ini adalah karena penunggu jembatan meminta tumbal bila ingin proyeknya lancar.

Selain itu, ada juga cerita tentang puluhan pekerja yang berasal dari Korea. Katanya, mereka adalah narapidana yang dihukum berat dan dijanjikan mendapat keringanan hukuman bila membantu proyek Jembatan Suramadu. Karena tak memiliki tempat tinggal, setiap malam mereka tidur dalam ruangan di tiang utama jembatan, namun pada suatu hari tiba-tiba mereka disiram dengan material beton dan terkubur hidup-hidup di sana. Apakah cerita-cerita misterius ini benar? Tak ada yang tahu.

6. Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha Empat Wajah ternyata tak hanya ada di Bangkok, Thailand. Berlokasi dekat Pantai Kenjeran, patung dengan 4 wajah dan 8 tangan ini sangatlah unik dan berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. 4 wajah tersebut melambangkan kebaikan sang Buddha, di antaranya kemurahan hati, kasih, keadilan, dan meditasi. Sedangkan 8 tangan melambangkan kekuatan sang Buddha.

Selain Patung Buddha Empat Wajah setinggi 9 meter dengan lapisan emas, di kawasan ini juga terdapat wihara, patung Ganesha, patung Dewi Kwan Im dan juga Pagoda Tian Ti. Tidak dipungut biaya untuk masuk dan melihat kawasan ini.

Kalau kamu ingin berkunjung ke kawasan wisata di Surabaya ini, ingatlah bahwa tempat ini merupakan tempat yang sering kali digunakan sebagai tempat ibadah, sehingga kamu harus menjaga ketenangan dan menghormati umat Buddha yang datang ke sini.

7. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman indah yang berlokasi di Jalan Raya Darmo ini adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi karena sudah terbukti mendapatkan penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2013 yang lalu.

Asal nama Taman Bungkul tak lepas dari sosok seorang tokoh agama yang menyebarkan agama Islam ke wilayah Surabaya. Tokoh tersebut adalah Ki Ageng Supo yang kemudian disebut sebagai Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul oleh masyarakat setempat. Makam dari tokoh agama ini berlokasi di belakang Taman Bungkul dan sering kali dikunjungi oleh para peziarah.

Fasilitas di Taman Bungkul cukup lengkap, mulai dari tempat bermain skateboard dan BMX, jogging track, panggung pertunjukan, kolam air mancur, tempat bermain anak-anak, tempat refleksi kaki, taman hijau, tempat wisata kuliner, sampai dengan koneksi Wi-Fi gratis dan SIM keliling. Tak hanya ramai pada pagi dan siang hari, ruang terbuka hijau yang dilindungi pemerintah ini juga sering kali ramai pada malam hari lho.

Kalau kamu datang ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini, jangan lupa menjaga kebersihan dan jangan merusak tanaman ya!

8. Rumah Batik Surabaya / Rumah Batik Jawa Timur

Rumah Batik

Rumah Batik

Di tempat ini, kamu bisa membeli batik dengan berbagai corak unik yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Kamu juga bisa memesan batik sesuai dengan keinginan kamu, misalnya untuk membuat seragam kantor. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa belajar membuat batik lho.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Rumah Batik, alamatnya berada di Jalan Dukuh Bulak Banteng Timur Nomor 94. Jam buka Rumah Batik adalah dari jam 8 pagi sampai dengan jam 8 malam pada hari kerja, dan dari jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam pada akhir pekan.

9. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah sebuah tempat wisata di Surabaya yang cocok untuk wisata keluarga. Taman air yang berlokasi di sebelah Universitas Ciputra ini luasnya 5 hektar, sehingga membuatnya menjadi salah satu taman rekreasi air terbesar di Asia Tenggara.

Beberapa wahana permainan yang ditawarkan di tempat wisata ini di antaranya: Thunder Ride yang merupakan sebuah perosotan kecepatan tinggi, Marina Lagoon yang merupakan kolam anak-anak dengan kedalaman 40 cm, Sinbad Playground yang merupakan wahana berbentuk istana, Syracuse Beach yang merupakan sebuah kolam ombak berukuran 1.800 meter persegi, Racer Slider yang merupakan seluncuran sepanjang 20 meter, dan masih banyak lagi wahana permainan seru lainnya.

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini buka dari jam 1 siang sampai dengan jam 7 malam pada hari biasa, dan dari jam 10 pagi sampai dengan jam 7 malam pada akhir pekan atau hari libur. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah Rp100.000 pada hari biasa, dan Rp130.000 pada akhir pekan atau hari libur.

10. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran terletak di sebelah timur Surabaya, tak jauh dari Jembatan Suramadu, kurang lebih sekitar 9 km dari pusat kota Surabaya. Sebagai satu-satunya tempat wisata pantai di Surabaya yang dikembangkan untuk tujuan wisata, Pantai Kenjeran sering kali dipadati pengunjung yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi dan aroma laut yang khas.

Tempat wisata di Surabaya yang sering kali disebut-sebut sebagai Ancol-nya Surabaya ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin berwisata bersama keluarga dengan anak kecil karena di lokasi ini terdapat area bermain anak. Selain itu, ada juga kolam renang, pemancingan, pacuan kuda, tempat ibadah, toko oleh-oleh, dan juga tempat wisata kuliner.

Pantai Kenjeran buka setiap hari selama 24 jam, dengan harga tiket masuk relatif terjangkau untuk semua kalangan, yaitu Rp5.000 per orang dan Rp10.000 untuk kendaraan. Harga bisa berubah tergantung hari kedatangan.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Surabaya yang harus kamu kunjungi versi AnekaTop10.com. Apakah kamu sudah pernah jalan-jalan ke salah satu tempat wisata di Surabaya tersebut? Atau kamu ada rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang lain? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *