10 Tips Dan Cara Memilih Batu Akik yang Berkualitas Tinggi

Perhatikan kekerasan batu
Share ke teman kamu

Batu akik is in! Demam batu akik kembali muncul di Indonesia. Pasti kamu pernah mendengar berita tentang penambangan batu akik atau penemuan bongkahan batu akik langka di televisi, bukan? Fenomena seperti ini bukan kali pertama muncul di Indonesia. Sebelumnya, banyak fenomena serupa yang muncul seperti ikan Lohan, tanaman gelombang cinta dan lain-lainnya. Nah sekarang yang lagi in adalah batu akik.

Penggemar batu akik ternyata tidak hanya yang tua saja, tapi yang muda sekarang juga ikut gemar mengoleksi batu akik lho. Di Indonesia sendiri ada komedian Tessy atau Kabul yang identik dengan deretan batu akik di jari-jarinya.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang sedang menggemari batu akik dan sedang ingin mencari batu akik, penting sekali untuk mengetahui apa saja tips dan cara memilih batu akik yang bagus dan berkualitas. Dibutuhkan kejelian ketika memilih batu akik yang diinginkan, gampang-gampang susah tapi pasti kamu bisa melakukannya dengan bantuan 10 tips di bawah ini.

1. Perhatikan warnanya

Perhatikan warnanya

Perhatikan warnanya

Ketika memilih batu akik atau batu mulia, pilih batu dengan warna yang tajam dan menarik. Batu yang kamu pilih juga harus sesuai dengan karakter kamu lho. Karena itu kamu harus memilih warna yang cocok dan tentunya tajam. Mengapa? Karena semakin tajam warnanya, semakin bagus kualitas batu akik tersebut. Apalagi setiap batu akik memiliki corak dan motif yang berbeda dengan arti yang berbeda. Jadi ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu.

2. Lihat kejernihan batu

Lihat kejernihan batu

Lihat kejernihan batu

Pastikan kalau batu akik yang kamu pilih adalah batu yang jernih dan tembus cahaya serta mengkilap. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengetes batu terlebih dahulu. Kamu bisa menempelkan senter ke batu, lihat apakah batu bisa menembus cahaya atau tidak. Jika iya maka batu tersebut adalah batu yang bagus. Namun perlu diingat, batu akik asli memiliki pola alami dan tidak mulus.

3. Perhatikan potongan

Perhatikan potongan

Perhatikan potongan

Beberapa jenis batu akik sudah memiliki standar potongan atau pakem bentuk masing-masing, seperti Bacan yang pola potongannya oval cabochon. Bentuk dan pakem ini sangat disukai pria karena menonjolkan keindahannya melalui potongan yang tebal. Untuk mengetahui potongan yang pas, kamu harus banyak cari-cari informasi tentang batu akik berbagai jenis.

4. Timbang beratnya

Timbang beratnya

Timbang beratnya

Beda jenis batu akik, beda juga beratnya. Sebagai contoh, batu akik jenis Bacan memiliki berat yang lebih dibandingkan batu akik jenis lainnya karena materialnya yang dari ferium. Kamu harus tahu berbagai berat dari berbagai jenis batu akik yang ada agar tidak salah dalam memilih batu akik. Beberapa berpendapat semakin berat batu akik yang kamu pilih maka semakin bagus kualitasnya.



5. Pelajari ciri khasnya

Pelajari ciri khasnya

Pelajari ciri khasnya

Setiap batu akik memiliki ciri khas yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu minimal harus tahu ciri-ciri umum dari batu akik agar tahu perbedaan batu akik satu dengan batu akik lainnya. Ditambah juga, dengan mengetahui ciri khas dari batu yang akan kamu beli, kamu tidak perlu cemas dengan keaslian dan kualitas dari batu tersebut.

6. Perhatikan kekerasan batu

Perhatikan kekerasan batu

Perhatikan kekerasan batu

Setiap batu akik memiliki level kekerasan yang berbeda-beda. Umumnya tingkat keras atau tidaknya batu akik menjadi salah satu tolak ukur dari kualitas batu tersebut. Karenanya ketika memilih batu akik, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis batunya dan bagaimana level kekerasannya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan batu yang tepat sesuai dengan idaman.

7. Sertifikat

Sertifikat

Sertifikat

Tidak hanya batu mulia, batu akik yang memiliki kualitas tinggi juga memiliki sertifikat. Umumnya, dalam sertifikat tersebut akan ada nomor seri atau nomor identitas batu, warna, berat, nama dan juga stempel resmi dari pembuat batu tersebut. Sertifikat ini penting jika batu akik yang kamu pilih memiliki nilai jual yang tinggi. Sertifikat batu akik juga merupakan pertanda bahwa batu yang kamu miliki adalah batu akik asli.

8. Bawa ahli batu akik

Bawa ahli batu akik

Bawa ahli batu akik

Ketika memilih batu akik, perlu juga kamu membawa ahli batu akik. Dengan membawa seseorang yang memiliki pengetahuan lebih tentang batu akik dibandingkan diri kamu sendiri, maka peluang untuk menemukan batu akik yang paling berkualitas makin bisa tercapai. Ini juga salah satu hal yang bisa mencegah kamu dari tindak penipuan. Membawa serta seseorang ahli batu akik terbilang penting, mengingat jenis dan materi batu akik yang sangat beragam.

9. Rendam batu akik

Rendam batu akik

Rendam batu akik

Salah satu trik untuk memilih batu akik yang bagus dan berkualitas adalah dengan merendamnya ke dalam air. Pastinya kamu sering melihat para penjual batu akik yang meletakkan bongkahan batu ke dalam air. Ini adalah cara untuk mengetahui apakah batu akik tersebut baik atau tidak, memiliki warna yang jelas atau tidak dan sudah mengkristal atau tidak. Jangan lupa untuk melakukan prosedur ini jika kamu memilih batu akik.

10. Bongkahan atau jadi?

Bongkahan atau jadi

Bongkahan atau jadi

Jika kamu adalah pemula di dunia perbatuakikan, maka disarankan lebih baik memilih batu akik yang sudah jadi saja dibandingkan yang masih bongkahan. Mengapa? Jika kamu memilih yang sudah jadi maka kamu meminimalisir hal-hal seperti kerusakan saat pembentukan dan kegagalan ketika membentuk batu akik sendiri.

Tidak ada yang tahu sampai kapan fenomena batu akik ini akan terus digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Namun, selagi demam batuk akik masih in, semoga tips yang kami berikan bisa membantu kamu dalam memilih batu akik yang terbaik. Nah sekarang yuk mari berburu batu akik!







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *