Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Tips Melahirkan Anak Jenius Untuk Ibu Hamil

Bagikan

Setiap orang tentu berharap jika ia nantinya mempunyai keturunan, maka keturunannya tersebut mengalami nasib yang lebih baik darinya. Tidak hanya itu, sang anak juga diharapkan nantinya bisa memiliki kemampuan yang lebih, entah dalam hal fisik atau kecerdasan, syukur-syukur jenius.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika dewasa ini ada banyak ritual dan metode khusus yang diterapkan oleh ibu hamil. Harapannya, bayi yang ia kandung nanti lahir dalam kondisi sehat dan dikaruniai kecerdasan yang luar biasa.

Apakah kamu termasuk salah satu di antara sekian banyak wanita yang berharap memiliki anak jenius di masa yang akan datang? Berikut adalah daftar 10 tips melahirkan anak jenius untuk ibu hamil.

1. Makanan bergizi

Makanan bergizi
Makanan bergizi
Iklan

Sayuran merupakan menu wajib bagi ibu hamil. Bayangkan saja, orang yang tidak hamil sudah amat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, apalagi mereka yang sedang berbadan dua. Sudah tentu porsi sayuran yang harus dimakan menjadi berlipat ganda. Selain mengandung serat, sayuran juga bisa memberikan asupan vitamin yang amat bagus untuk pertumbuhan otak bayi.

Namun jangan lupakan pula kegunaan omega 3, yang tidak lain merupakan unsur penting dalam perkembangan otak. Kamu bisa menemukan zat ini dalam ikan dan produk lain yang dijual bebas, seperti minyak ikan. Telur juga merupakan makanan yang disarankan. Kandungan kolin yang ada di dalamnya bisa memperkuat daya ingat bayi yang masih ada di dalam kandungan.

2. Yoga

Yoga
Yoga

Yoga merupakan aktivitas yang tengah menjadi tren masyarakat modern, terutama wanita. Namun rupanya, ada pula kelas yoga khusus yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Gerakan yang dilakukan pun berbeda dari yoga pada umumnya. Tidak terlalu atraktif dan tentunya dirancang untuk tidak membahayakan ibu dan bayi.

Mengikuti kelas yoga khusus sebelum melahirkan akan amat berguna untuk mengatasi rasa stress, gugup, atau emosi negatif lainnya. Jika emosi sang ibu stabil dan lebih tenang, dipercaya perkembangan janin bisa lebih maksimal. Selain itu, mereka yang mengikuti yoga kerap diklaim bakal merasa lebih tenang saat menjalani proses melahirkan.

Iklan

3. Musik

Musik
Musik

Musik merupakan salah satu elemen penting yang diyakini amat mempengaruhi perkembangan kecerdasan bayi sejak masih dalam kandungan. Jika tidak memiliki budget lebih, kamu tidak perlu membeli headphone khusus yyang berharga mahal.

Mendengarkan musik lewat komputer, TV, atau radio biasa sudah memiliki efek yang sama. Hanya saja, kamu perlu perhatikan jenis musik yang didengarkan. Ada baiknya memilih musik berjenis easy listening. Lebih baik lagi jika memutar musik klasik, yang diyakini mampu merangsang perkembangan otak bayi.

4. Berikan rangsangan

Berikan rangsangan
Berikan rangsangan
Iklan

Memberikan rangsangan rupanya amat penting dalam proses perkembangan otak bayi yang masih ada di dalam kandungan. Hal tersebut didukung oleh bukti penelitian yang dimuat oleh ‘Journal of the American Child and Adolescent Psychology’, yang mengatakan bahwa cahaya redup memberikan rangsangan tertentu pada mata bayi yang ada di dalam perut ibu. Selain itu, memberikan elusan lembut pada perut juga merupakan sebuah rangsangan yang amat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil.

5. Hindari racun

Hindari racun
Hindari racun

Jika ingin melahirkan bayi yang sehat dan cerdas, ibu hamil wajib menghindari zat-zat yang bisa membahayakan calon bayi. Zat-zat beracun jika masuk ke dalam tubuh ibu bisa menganggu pertumbuhan bayi di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, hindari konsumsi obat-obatan terlarang, minuman atau makanan beralkohol, rokok, dan kebiasaan lain yang berpotensi membuat otak bayi tidak berkembang dengan sempurna.

6. Lahir di waktu ideal

Iklan
Lahir di waktu ideal
Lahir di waktu ideal

Amat penting bagi seorang calon ibu untuk menjaga kondisi kandungannya dan memastikan bahwa bayi yang ada di dalam perut bakal lahir dalam waktu ideal sembilan bulan. Pasalnya, bayi yang lahir dalam kondisi prematur dikhawatirkan tidak memiliki perkembangan otak yang sama bagusnya dengan bayi yang menghabiskan waktu lebih lama di dalam rahim. Oleh karena itu amat penting bagi seorang ibu untuk menjaga kondisi kesehatan di masa kehamilan.

7. Menari

Menari
Menari

Menari merupakan kegiatan yang sempurna untuk mengasah kreativitas, terutama bagi ibu hamil. Ada banyak wanita hamil yang percaya bahwa mereka wajib meminimalisir pergerakan selama masa kehamilan.

Hal tersebut merupakan anggapan yang salah, karena gerakan dari ibu akan memberikan stimulus pada bayi yang ada di dalam kandungan. Jika ibu banyak bergerak, maka bayi akan mengasah otot perut dan mereka akan menjadi lebih kuat saat dilahirkan nanti.

Iklan

Jika kamu merasa bahwa latihan fisik di gym atau pusat kebugaran tidak menarik, maka seperti yang disebutkan di atas, kamu tinggal mendengarkan musik dan menari!

8. Asah bakat dan citarasa seni

Asah bakat dan citarasa seni
Asah bakat dan citarasa seni

Kesan pertama yang dimiliki oleh seorang bayi terhadap dunia sebagian besar dipengaruhi oleh kesan yang dimiliki oleh sang ibu, dan sebagian besar ia alami saat masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu, muncul tradisi tertentu yang mengatakan bahwa ibu hamil hanya boleh bersentuhan dengan hal yang indah-indah. Diharapkan ketika lahir nanti si bayi akan terlihat rupawan dan berbakat.

9. Diet khusus

Diet khusus
Diet khusus

Nutrisi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh semua ibu hamil yang berharap bisa melahirkan anak jenius. Asupan nutrisi yang tepat bisa membuat bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbakat.

Seorang calon ibu disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak mungkin produk yang mengandung lesitin, sebuah substansi yang bertanggung jawab atas perkembangan otak dan memori dari bayi yang ada dalam kandungan. Zat tersebut bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti susu dan putih telur.

10. Pilih bulan yang tepat

Pilih bulan yang tepat
Pilih bulan yang tepat

Para ahli percaya bahwa orang tua yang berencana untuk melahirkan anak jenius harus memperhitungkan waktu kelahiran dengan tepat. Idealnya, seorang jenius biasanya dilahirkan antara bulan Februari hingga Maret. Berbagai studi sosial menunjukkan bahwa kebanyakan orang jenius lahir di akhir periode musim dingin dan awal musim semi. Hal ini karena sinar matahari sedang mencapai titik maksimal antara dua bulan tersebut.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan