10 Tips Memiliki Wajah Awet Muda Secara Alami

Beri waktu rileksasi bagi tubuh dan pikiran
Share ke teman kamu

Semua cewek pasti pengen terlihat cantik. Cewek rela melakukan apa aja supaya penampilan mereka terlihat selalu menawan. Menjadi cantik itu mudah, kamu bisa menggunakan berbagai trik make up yang bisa dipelajari di Youtube. Yang susah adalah menjaga kecantikan kamu agar awet hingga hari tua kelak.

Bagi cewek yang mengandalkan wajah dan kecantikan sebagai sumber penghasilan, seperti artis misalnya, memiliki wajah yang awet muda itu penting sehingga nggak jarang mereka rela merogoh kocek ratusan juta untuk botox dan perawatan kecantikan lainnya. Nah, bagaimana dengan mereka yang punya modal pas-pasan?

Ternyata punya wajah awet muda itu nggak harus selalu dengan budget mahal, kamu bisa mencoba 10 cara ini untuk mendapatkan wajah yang awet muda.

1. Beri waktu rileksasi bagi tubuh dan pikiran

Beri waktu rileksasi bagi tubuh dan pikiran

Beri waktu rileksasi bagi tubuh dan pikiran

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini berhasil menunjukkan bahwa stress dapat menyebabkan perubahan fisik dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan. Kenaikan hormon adrenalin dan kortisol dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan jantung berdetak lebih cepat. Hari-hari yang kita jalani menyebabkan stress dalam hidup kita entah itu karena pekerjaan, soal keuangan, kemacetan dan juga polusi kota meningkatkan adrenalin dan kortisol yang mengganggu kesehatan fisik dan emosional kita.

Menurut Herbert Benson, MD direktur Benson-Henry Institute for Medicine: 60 sampai 90 persen penyakit yang ditemukan dokter setiap tahunnya selalu berhubungan dengan kecemasan, depresi, kemarahan obsesif, insomnia, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung dimana semua penyakit ini disebabkan oleh stress.

Cara paling efektif untuk menghentikan rantai destruktif peristiwa ini adalah dengan mencoba bermeditasi. Sebuah studi pada tahun 2005 yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston menunjukkan bahwa meditasi membantu mencegah perubahan yang berkaitan dengan usia di otak.

What to do: Sekali atau dua kali sehari, selama 10 sampai 20 menit kamu duduk di tempat yang tenang, tutup mata kamu, rilekskan otot, kepala, leher, dan bahu, kemudian tarik napas dalam-dalam dan katakan pada diri sendiri “all is well”. Ulang-ulang kata-kata tersebut sampai pikiran kamu merasa tenang. Rasakan ritme organ tubuh yang bekerja dalam tubuh, ucapkan terima kasih pada diri sendiri yang selama ini sudah berjuang keras dalam hidup.

2. Tidur cukup

Tidur cukup

Tidur cukup

Stress dalam pekerjaan dan rutinitas sehari-hari inilah yang ternyata memicu timbulnya masalah kulit. Karena segala hal yang membuat pikiran kita berada dalam tekanan ternyata nggak baik buat kulit. Pola tidur yang tidak teratur dan jam tidur yang kurang menyebabkan sel-sel kulit tidak dapat regenerasi dengan maksimal. Kalau kamu pengen awet muda, tidur cukup adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Tidurlah 8 jam dalam sehari. Ini akan membantu proses regenerasi kulit secara sempurna dan menjaga kekenyalan kulit.

3. Olahraga

Olahraga

Olahraga

Olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan, membantu menurunkan berat badan, menjaga kelenturan otot, membangun tulang, memperbaiki suasana hati dan membantu berpikir jernih. Studi yang dikutip oleh National Institute on Aging menunjukkan hubungan antara latihan fisik dan kekuatan otak yang lebih baik. Berjalan 10 menit sehari menurunkan risiko Alzheimer hingga 40 persen.

Selain membantu mengurangi stress, olahraga juga membantu menjaga keremajaan dan kesehatan kulit kamu. Olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh seperti yoga, pilates, dan lain-lain bisa membuat kulit kamu tampak lebih cerah karena olahraga ini dapat meningkatkan tekanan darah dan mendorong asupan darah ke kulit. Ini berarti kulit memiliki asupan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak. Setidaknya lakukan yoga minimal 2 kali dalam satu minggu atau berolahragalah setidaknya 10 menit setiap harinya.

4. Mengkonsumsi cukup air putih

Mengkonsumsi cukup air putih

Mengkonsumsi cukup air putih

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Oleh karena itu penting menjaga asupan air dalam tubuh dengan banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya, bisa membantu menjaga kelembapan kulit kamu. Mengkonsumsi banyak air putih akan membuat asupan air dalam kulit tercukupi sehingga membuat kulit tidak mengendur, tetap elastis, dan tampak lebih cerah. Jadi kalau kamu pengen punya kulit yang awet muda, jangan malas minum air putih ya!



5. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C

Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C

Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C

Salah satu buah yang mengandung banyak sekali vitamin C adalah buah Delima. Mengkonsumsi buah delima dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu buah ini juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menunda aterosklerosis, dan membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Selain buah delima, ada Goji Berry buah asli Tibet yang menawarkan vitamin C 500 kali lebih banyak dari jeruk dan kaya akan antioksidan. Buah ini juga dipercaya memiliki kandungan anti aging yang bagus untuk kesehatan kulit. Jika kedua buah tersebut sulit untuk ditemukan, kamu bisa mengkonsumsi jeruk lemon. Jeruk lemon juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang bisa mencegah pengenduran kulit.

6. Membersihkan kulit

Membersihkan kulit

Membersihkan kulit

Diane Kruger yang merupakan salah satu artis tercantik di Hollywood menyatakan bahwa rahasia dirinya terlihat awet muda adalah rajin membersihkan kulit. Membersihkan kulit di sini maksudnya jangan sampai menggunakan make up saat tidur. Make up yang menempel di wajah terlalu lama dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga memicu timbulnya masalah kulit dan jerawat.

Sebelum beranjak tidur, bersihkan make up dengan susu pembersih, kemudian cuci muka dengan sabun muka atau sabun bayi jika kulit kamu tergolong kulit sensitif. Sesudah itu barulah aplikasikan toner wajah dan masker.

7. Mengkonsumsi teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau

Teh Hijau baru-baru ini disebut sebagai tumbuhan ajaib karena memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, antara lain membantu mencegah kandung kemih, penyakit usus, dan kanker paru-paru. Selain itu green tea juga mengandung 30-40 persen polyphenol, dimana jumlah ini jauh lebih besar dari pada jumlah kandungan teh pada umumnya.

Polyphenol adalah senyawa yang memiliki antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas pemicu kerutan pada kulit. Dengan mengkonsumsi green tea dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit terutama di negara tropis kaya akan polusi ini.

8. Menggunakan Moisturizer dan Sunscreen

Menggunakan Moisturizer dan Sunscreen

Menggunakan Moisturizer dan Sunscreen

Kalau ditanya apa sih rahasia artis-artis Korea itu bisa selalu terlihat awet muda seolah tidak pernah mengalami penuaan kulit? Mereka mengungkapkan rahasia awet mudanya adalah dengan menggunakan moisturizer saat pagi sebelum mengaplikasikan make up dan saat malam menjelang tidur.

Sedangkan bagi kamu yang memiliki aktivitas luar ruangan yang padat jangan lupa untuk menggunakan sunscreen yang dapat melindungi kamu dari paparan sinar UV. Sunscreen ini adalah prioritas dalam daftar make up yang harus kamu miliki. Sering terkena paparan sinar UV dapat menimbulkan munculnya keriput dan juga membuat warna kulit tidak merata. Jangan lupa gunakan suncreen sebelum memulai aktivitas.

9. Mengurangi konsumsi gula

Mengurangi konsumsi gula

Mengurangi konsumsi gula

Suka makanan atau minuman manis? Ternyata makanan dan minuman yag manis di mulut ini tidaklah manis di kulit. Mengkonsumsi banyak makanan dan minuman manis dapat mempengaruhi kadar kolagen dalam tubuh. Sehingga menyebabkan kulit kamu menjadi kendur dan tidak sehat lagi. Persentase yang tepat untuk mengkonsumsi makanan manis adalah 20%, sedangkan 80% sisanya adalah makanan sehat yang kaya serat dan vitamin.

10. Menggunakan make up berkualitas

Menggunakan make up berkualitas

Menggunakan make up berkualitas

Untuk kebaikan kulit wajah, sebaiknya jangan sering-sering mencoba make up dan mudah terpengaruh oleh iklan yang menjanjikan hasil kulit mulus dan putih dengan cepat. Kulit wajah adalah bagian kulit yang paling tipis dan sensitif sehingga membutuhkan produk dan perlindungan khusus. Sebaiknya pilih produk make up yang terbuat dari bahan-bahan alami ramah lingkungan sehingga lebih aman untuk kulit. Jangan mudah tergiur harga yang murah karena produk tersebut belum tentu aman untuk kulitmu.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *