10 Tips Olahraga Untuk Ibu Hamil

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan
Share ke teman kamu

Kehamilan merupakan keajaiban yang dinanti oleh setiap wanita. Dari pertama datangnya kehamilan hingga persalinan, menjadi waktu yang sangat penting untuk wanita. Saat hamil sayangnya para wanita cenderung untuk meninggalkan banyak aktivitas demi menjaga kondisi janin mereka. Salah satu kegiatan yang sering ditingalkan wanita hamil adalah olahraga.

Padahal jika dilakukan dengan tepat, ibu hamil juga bisa tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga, lho. Hamil bukan berarti harus berhenti olahraga, namun harus memilah mana olahraga yang sesuai dan aman untuk kehamilan. Bahkan olahraga bisa menjadi sebuah rutinitas yang nantinya akan mempermudah persalinan, dan menjadikan tubuh tetap fit selama masa kehamilan.

Nah, kali ini kami akan berbagi 10 tips olahraga untuk ibu hamil, baca selengkapnya di bawah ini.

1. Konsultasikan pada dokter

Konsultasikan pada dokter

Konsultasikan pada dokter

Yang paling penting adalah mengkonsultasikan keinginan kamu untuk berolahraga dengan saran dari dokter atau bidan. Apalagi mereka yang tahu tentang kondisi tubuh dan kesehatan kamu serta risiko yang bisa saja terjadi. Ikuti apa yang direkomendasikan oleh dokter atau bidan. Akan lebih baik lagi jika kamu mendapatkan pendampingan dari pihak yang sudah profesional sehingga kamu juga merasa aman saat berolahraga.

2. Tetap berhati-hati

Tetap berhati-hati

Tetap berhati-hati

Jika sebelum hamil kamu sudah aktif olahraga, maka melanjutkannya ketika hamil bukan menjadi masalah asal bukan olahraga yang bersifat ekstrim. Namun jika sebelumnya kamu tidak terbiasa berolahraga, tidak ada salahnya untuk mencoba mulai dari sekarang. Yang harus diperhatikan adalah kamu harus tetap hati-hati dan berada di zona aman.

Ada janin yang sedang berkembang di rahimmu, yang tentu menyebabkan kamu membutuhkan oksigen dan energi jauh lebih banyak. Dengan begitu, perhatikan latihan yang kamu lakukan. Di samping itu, olahraga untuk ibu hamil akan membuat tubuh menghasilkan hormon relaxin yang dapat mempermudah proses persalinan nantinya.

3. Patuhi jadwal

Patuhi jadwal

Patuhi jadwal

Penting sekali untuk patuh terhadap jadwal yang sudah kamu miliki karena jika sudah terbiasa olahraga untuk ibu hamil dan tiba-tiba absen, maka tubuh akan bereaksi negatif. Setidaknya 30 menit sehari adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga untuk ibu hamil. Ini bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak, mengurangi sakit pada punggung dan juga memperbaiki mood. Olahraga yang teratur juga bisa membuat kamu cepat fit kembali setelah melahirkan. Karena itu, penting untuk tetap terpaku dengan jadwal yang ada.

4. Pilih olahraga yang tepat

Pilih olahraga yang tepat

Pilih olahraga yang tepat

Tentunya, kamu harus menghindari olahraga yang berisiko tinggi ketika sedang hamil. Segala olahraga yang mengharuskan kamu untuk melompat, terjun atau hal ekstrim lainnya harus dihindari. Sederhananya, hindari olahraga yang berisiko seperti misalnya olahraga untuk ibu hamil yang membutuhkan kontak fisik (tinju, gulat, dan lain-lain) serta olahraga yang melibatkan benturan. Lakukan olahraga ringan seperti berenang, yoga, pilates, stretching, aerobic ringan, tarian dan bersepeda. Sebaiknya, tanyakan pendapat dokter kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan akan berolahraga jenis apa.

5. Perhatikan asupan minum

Perhatikan asupan minum

Perhatikan asupan minum

Saat hamil tanpa olahraga saja dehidrasi bisa terjadi, apalagi jika kamu hamil dan berolahraga. Penting untuk mengatur berapa banyak air yang kamu minum karena kamu juga harus memperhatikan asupan air untuk janin. Jangan sampai terjadi dehidrasi karena bisa membahayakan kamu dan janin yang sedang dikandung.

Selalu sediakan air minum sebelum, selama dan sesudah berolahraga. Dan penting juga untuk memperhatikan suhu tubuh ketika berolahraga. Pakai baju yang ringan dan sejuk serta awasi temperatur di ruangan atau di luar ruangan. Jangan sampai terlalu kepanasan.

6. Dengarkan tubuhmu

Dengarkan tubuhmu

Dengarkan tubuhmu

Dokter memang bisa memberikan informasi tentang apa olahraga yang baik dan saran-saran terbaik tentang kondisi tubuh kamu. Namun, tetap kamu yang mengerti kapan kamu harus berhenti ketika sudah lelah. Perhatikan apa reaksi yang terjadi pada tubuh ketika kamu melakukan sesuatu. Jika mulai terasa lelah, maka kurangi porsi olahraga untuk ibu hamil kamu. Tubuhmu yang tahu kapan harus berhenti.

7. Makan buah dan sayur

Makan buah dan sayur

Makan buah dan sayur

Olahraga bisa jadi penting, tapi makan buah dan sayur juga penting saat hamil. Tentunya calon ibu harus mendapatkan semua nutrisi terbaik untuk dirinya dan calon bayi. Oleh karena itu, mulailah berbelanja sayur dan buah.

Pilih buah yang bagus untuk perkembangan janin, misalnya pisang akan sangat bagus untuk pemenuhan vitamin B6 dan pembentukan sel darah merah. Atau bayam yang kaya akan kalsium sehingga mencegah tulang mengalami penurunan kondisi ketika hamil, serta baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Olahraga yang diimbangi oleh asupan buah dan sayur yang seimbang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

8. Lakukan latihan dasar panggul

Lakukan latihan dasar panggul

Lakukan latihan dasar panggul

Dasar panggul adalah lapisan otot yang mendukung uterus dan membantumu untuk mengatur usus dan kandung kemih. Biasanya bagian tersebut mendapatkan tekanan lebih ketika hamil. Dengan melakukan latihan untuk dasar panggul setiap hari, maka masalah yang terjadi saat hamil bisa teratasi. Gerakan ini juga baik untuk membantu mengatasi masalah setelah persalinan.

9. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan

Bahkan saat tidak hamil, pemanasan dan pendinginan sangatlah penting untuk dilakukan ketika olahraga. Selama masa kehamilan, kedua hal ini jadi lebih penting. Dengan melakukan pemanasan maka tubuh akan lebih siap dan tidak tegang ketika memasukan latihan inti. Sedangkan, dengan melakukan pendinginan, badan kamu akan jadi lebih rileks. Pastikan kamu melakukan kedua hal ini saat berolahraga.

10. Beristirahat

Beristirahat

Beristirahat

Yang paling penting saat melakukan olahraga untuk ibu hamil, jangan terlalu keras dengan diri sendiri. Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, optimal dan juga total selama kehamilan. Dan sebaiknya, nikmatilah masa kehamilan sebab dengan perasaan senang maka masalah seperti stress, hormon yang tidak tetap, dan rasa tidak nyaman saat tidur akan berkurang. Disarankan, lakukan tidur siang singkat selama kurang lebih 20 menit sehari agar energi tercukupi.

Olahraga saat hamil memang baik untuk dilakukan demi kebugaran selama kehamilan dan setelah persalinan. Walau begitu, olahraga tetap harus dilakukan dalam batas yang aman untuk diri sendiri dan calon bayi. Dengan begitu, tubuh akan kuat dan bayi terlahir sehat.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Tips Olahraga Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *