Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Trik Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Bagikan

Wanita itu sukanya makan, hobinya ngemil, cita-citanya langsing, mana mungkin? Mungkin kamu sering banget baca dagelan seperti ini di sosial media. Nggak dipungkiri kalau dagelan tersebut emang ada benernya. Banyak cewek mendambakan tubuh langsing tetapi ragu untuk melaksanakan diet. Boro-boro diet, kadang diajak olahraga aja ngeles melulu.

Well, tubuh langsing para model itu nggak didapat dengan cara yang mudah loh. Oleh karena itu untuk kamu yang pengen punya badan langsing bak model catwalk harus bersungguh-sungguh dalam menjalani diet dan menjaga pola makan yang sehat. Lantas diet seperti apa sih yang bisa bikin badan cepet langsing? Ini dia 10 tips diet agar berat badan kamu cepet turun.

10. Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan
Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan bukan perkara mengukur jumlah kalori setiap makanan yang masuk dalam perut kamu. Kamu bisa saja membatasi makanan yang masuk ke perut ketika barada di rumah. Yang sering menjadi masalah adalah saat kamu sedang hang out bareng temen-temen. Ini adalah waktu dimana kamu akan susah mengontrol porsi makan karena pasti teman-teman kamu akan memesan beragam menu makanan yang menggiurkan.

Iklan

Untuk menyiasati kamu kalap makan yang menyebabkan program diet rusak, sebaiknya kamu hanya memesan dua jenis makanan pembuka atau memesan makanan berbahan roti dibanding memesan pasta. Jangan lupa untuk memesan minuman tanpa gula atau lebih baik minum air mineral. Hal ini sesuai dengan saran Bethenny Frankel, penulis dari Naturally Thin.

9. Gunakan buah sebagai camilan

Gunakan buah sebagai camilan
Gunakan buah sebagai camilan

Sebenarnya yang membuat berat badan kamu cepat naik selain makan nasi adalah ngemil. Malah biasanya kita sering nggak sadar kalau porsi ngemil kita jauh lebih banyak dari porsi makan kita. Apalagi yang kita makan untuk camilan adalah makanan-makanan yang tinggi kalori, seperti coklat, biskuit, keripik, gorengan, ice cream, dan lain-lain.

Saat kamu memutuskan untuk berdiet dan agar diet kamu berhasil sebaiknya ganti camilan dengan buah yang baik untuk diet. Buah kaya akan vitamin, antioksidan dan juga serat. Dengan mengganti camilan kamu dengan buah ini bisa membantu memperlambat rasa lapar dan juga melancarkan pencernaan.

8. Mengurangi konsumsi minuman berkalori

Iklan
Mengurangi konsumsi minuman berkalori
Mengurangi konsumsi minuman berkalori

Minum minuman manis dan dingin saat hari panas memang enak dibandingkan minum air putih. Tapi justru yang manis di lidah ini bisa mempercepat penambahan berat badan kamu. Karena minuman seperti kopi, soda, dan beberapa minuman beralkohol memiliki kandungan kalori mencapai 500 kalori dalam 1 kali minum. Meskipun minuman ini tinggi kalori tetapi nggak bikin kamu kenyang jadi kamu akan tetap merasa lapar.

Dibandingkan minum minuman berkalori, sebaiknya kamu minum air putih yang jauh lebih menyehatkan. Alternatif minuman lain yang juga mengenyangkan adalah coklat shake (protein bubuk) khusus diet. Saat lapar kamu hanya perlu menambahkan air, masukkan ke dalam botol shake kemudian meminumnya. Coklat shake ini akan membuat rasa kenyang kamu bertahan lebih lama, jadi nggak bakal ngemil deh.

7. Menentukan limit

Menentukan limit
Menentukan limit

Bagi para pelaku diet penting untuk menentukan limit dari seberapa banyak makanan yang harus masuk dalam tubuh kamu. Salah satu cara menentukan limit yang paling mudah adalah dengan membawa lunch box sendiri setiap kamu akan makan siang di cafe kantor atau membeli makanan di warung.

Iklan

Lunch box yang tepat untuk menunjang program diet kamu memiliki ukuran sekitar 4×4 inch atau 10×10 cm. Kamu bisa mamasukkan makanan apapun saat makan siang di kantin kantor di lunch box ini. Nggak perlu takut kebanyakan porsi karena dengan ukuran lunch box seperti itu kamu bisa membatasi makanan yang masuk dalam tubuh.

6. Konsistensi dan motivasi

Konsistensi dan motivasi
Konsistensi dan motivasi

Seringnya cewek gagal diet karena nggak konsisten dan nggak disiplin. Alhasil bentuk badan yang diharapkan nggak pernah bisa terwujud dan perut tetap buncit. Jika kamu nggak konsisten dalam proses diet cepat, bentuk badan kamu akan jauh lebih cepat bertambah dibandingkan sebelum kamu diet.

Untuk motivasi kamu agar konsisten dalam berdiet ada salah satu cara yang dapat kamu lakukan. Yaitu sebelum kamu memulai diet, fotolah dirimu sendiri hanya dengan menggunakan sport bra dan hot pants. Setiap ada penurunan berat badan lakukan lagi kegiatan ini. Sehingga saat kamu merasa mulai malas lihatlah kembali foto-foto tersebut sebagai motivasi.

5. Menghindari makan malam

Iklan
Menghindari makan malam
Menghindari makan malam

Seringnya saat malam makin larut, perut akan makin lapar sehingga godaan makan makin besar. Terlebih lagi kalau kamu sedang bersantai sambil nonton film, keinginan untuk ngemil juga pasti tinggi. Sebenarnya nggak ada masalah kalau kamu mau makan malam tapi setelah makan setidaknya kamu harus melakukan olahraga untuk menyeimbangkan energi.

Saat malam, energi yang kita keluarkan lebih sedikit dibanding saat siang, sehingga asupan karbohidrat dan kalori yang masuk dalam tubuh akan disimpan menjadi lemak. Jika kamu ingin makan sebaiknya makan sebelum jam 7 malam dan tidak melebihi jumlah kalori yang kamu keluarkan. Lebih amannya saat malam lebih baik makan buah atau salad sayur tanpa mayonaise atau makanlah 2 – 3 jam sebelum tidur.

4. Olahraga

Olahraga
Olahraga

Dalam proses diet, melakukan olahraga adalah kegiatan yang sangat penting. Karena dengan berolahraga rutin kamu bisa membakar kalori dan lemak yang adal dalam tubuh lebih cepat. Percuma mengontrol pola makan kalau kamu tidak mengimbangi dengan olahraga atau latihan fisik.

Iklan

Beberapa pilihan olahraga yang dapat kamu lakukan adalah latihan kardio, gym, bersepeda, berlari, atau berenang. Kalau kamu tidak suka olahraga keluar bisa mencoba olahraga yoga di rumah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi yoga yang ada di app store. Atau melihat tutorial di Youtube.

3. Infuse water

Infuse water
Infuse water

Kamu nggak perlu minum pil diet atau obat-obatan yang dipromosikan di online shop untuk menurunkan berat badan. Dibandingkan cara instan, ada cara yang lebih alami dan murah yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan membuat infuse water khusus untuk membantu menurunkan berat badan.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah timun, lemon, jeruk, dan daun mint. Kemudian potong jeruk, timun, dan lemon tipi-tipis. Ambil 2 potongan jeruk dan lemon yang sudah kamu potong tipis-tipis tadi. Masukkan dalam botol, masukkan 6 lembar irisan timun dan daun mint secukupnya. Tambahkan air kemudian simpan dalam lemari es selama 2 jam. Minum air ini sebanyak 8 gelas setiap hari seperti kamu meminum air putih sehari-hari.

2. Mengkonsumsi protein

Iklan
Mengkonsumsi protein
Mengkonsumsi protein

Bagi para pelaku diet sangat disarankan untuk mengkonsumsi protein. Protein ini akan membantu kamu meghindari godaan untuk ngemil. Selain membantu mengurangi asupan ngemil, protein juga membantu kamu meningkatkan proses metabolisme tubuh dan mempercepat pembentukan otot.

Beberapa makanan berprotein tinggi yang dapat kamu konsumsi antara lain daging sapi tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, kacang, kacang-kacangan, dan yoghurt. Diet protein ini sering dilakukan para atlet saat mereka harus menurunkan berat badan. Oh ya, alangkah lebih baik kalau kamu tidak mengkonsumsi protein bersamaan dengan karbohidrat melainkan konsumsi protein bersamaan dengan sayuran.

1. Menyisihkan sisa makanan

Menyisihkan sisa makanan
Menyisihkan sisa makanan

Menurut Maria Ricapito, salah satu editor dari health.com, salah satu cara diet adalah dengan menyisihkan sisa makanan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengendalikan nafsu makan.

Banyak cewek yang sebenarnya sudah merasa kenyang saat makanannya belum habis. Tapi karena masih ada makanan tersisa di piringnya, akhirnya makanan tersebut tetap dimakan meskipun sudah merasa kenyang. Nah, untuk mengindari kebiasaan ini, sisihkan sebagain makanan kamu ke ke dalam wadah, kemudian simpan dalam kulkas.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan