10 Universitas Terbaik di Dunia

University of California-Los Angeles, USA
Share ke teman kamu

Bicara soal universitas, setiap mahasiswa pasti ingin punya kampus yang bagus, fasilitas pendidikan yang lengkap baik itu fasilitas penelitian, perpustakaan, dan pengajar yang asik. Eits, semua fasilitas all in ini bisa kamu temukan di salah satu kampus terbaik yang akan kami bahas kali ini. Dikatakan terbaik karena 10 universitas terbaik di dunia ini sudah lolos seleksi dari 12 kategori penilaian. Beberapa kategori penilaian tersebut meliputi reputasi riset global, reputasi riset regional, publikasi, fasilitas buku, konferensi akademik, NCI (Normalized Citation Impact), kerja sama internasional, jumlah penghargaan bagi PhD, dan lain-lain.

Inilah daftar 10 universitas terbaik di dunia yang pasti bikin kamu ingin mendapatkan beasiswanya:

10. University of Chicago, USA

University of Chicago, USA

University of Chicago, USA

University of Chicago berdiri sejak tahun 1890, dan merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Meskipun berusia cukup muda, kampus ini menjadi pelopor banyak prestasi ilmiah paling penting di dunia.

Di sinilah fisikawan Italia, Enrico Fermi menciptakan pengendali reaksi nuklir dunia pada tahun 1942. Kampus ini juga membangun penelitian terkenal hasil karya James Watson, tentang genom manusia. University of Chicago bukan hanya ahli dalam bidang penemuan, kampus ini juga memiliki departemen ilmu ekonomi, sosial, dan humaniora yang terkenal.

9. Columbia University, USA

Columbia University, USA

Columbia University, USA

Columbia University adalah salah satu kampus kolonial, dan kampus tertua kelima di Amerika Serikat. Columbia University memiliki banyak prestasi yang diakui secara internasional. Kampus ini memiliki total kekayaan mencapai $ USD 8.2 miliar dan perpustakaan dengan jumlah buku mencapai 13 juta eksemplar. Columbia University memiliki 5 bangunan kampus yang tersebar di New York.

Columbia University adalah universitas terkemuka di wilayah metropolitan New York, dekat dengan Wall Street, kantor PBB, Broadway, dan pusat keuangan, politik, dan juga budaya. Lokasi ideal tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa universitas terbaik di dunia ini untuk berinteraksi dengan berbagai lembaga besar. Sebanyak 82 lulusan Columbia hingga saat ini sudah berhasil mendapatkan hadiah Nobel selama karirnya.

8. University of California-Los Angeles, USA

University of California-Los Angeles, USA

University of California-Los Angeles, USA

University of California-Los Angeles, sering disebut sebagai UCLA, adalah sebuah universitas yang berdiri sejak tahun 1919. Yang asik kalau kuliah di UCLA adalah kampus ini menjamin tiga tahun perumahan untuk mahasiswa-mahasiswa baru, dan beberapa perumahan universitas yang juga disediakan untuk mahasiwa pascasarjana.

Beberapa jurusan yang paling populer di UCLA adalah ilmu politik, ekonomi bisnis, dan biologi. Sejak tahun 2009-2010, UCLA sudah menerima dana sebesar $ 1 miliyar untuk melakukan penelitian setiap tahunnya. UCLA memiliki 350 lebih laboratorium untuk penelitian, 300 di antaranya didedikasikan untuk penelitian medis.

UCLA memiliki 13 pemenang hadiah Nobel, 12 Rhodes Scholars, 12 MacArthur Fellows, 10 peraih National Medal of Science, 3 pemenang Pulitzer Prize, dan Fields Mendal. Selain itu, UCLA juga telah menghasilkan banyak prestasi atletik, dengan meraih lebih dari 111 kejuaraan NCAA, 110 atlet professional, mendominasi peringkat 1 di draft liga utama, dan menyabet 250 medali Olimpiade.

7. California Institute of Technology (Caltech), USA

California Institute of Technology (Caltech), USA

California Institute of Technology (Caltech), USA

Setiap kampus di luar negeri akan selalu memberikan kesempatan mahasiswanya untuk menulis riset, tetapi hanya di Caltech kamu bisa berkesempatan menulis riset bersama para pemimpin ahli di bidangnya masing-masing. Caltech telah berhasil meraih 33 hadiah Nobel, 58 National Medal of Science, 13 National Medal of Technology and Innovation, dan memiliki 111 member National Academy of Science.

Tapi jangan ditanya, untuk masuk ke kampus bergengsi Caltech kamu harus menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Sebanyak 6.625 orang bersaing untuk memperebutkan 266 posisi mahasiswa di kampus ini. Bila menjadi mahasiswa di kampus terbaik di dunia ini, dosen ataupun mahasiswanya dapat belajar di beberapa pusat penelitian terkenal seperti Jet Propulsion Laboratory, Seismological Laboratory, dan International Observatory Network.

6. University of Cambridge, Inggris

University of Cambridge, Inggris

University of Cambridge, Inggris

Sebagai salah satu universitas tertua di dunia yang berdiri pada tahun 1209, kampus ini merupakan landasan sejarah ilmu pengetahuan Barat. Banyak sekali ilmuwan yang merupakan alumni dari Cambridge seperti misalnya Francis Bacon, Isaac Newton, Charles Darwin, James Clerk Maxwell, Augustus De Morgan, Ernest Rutherford, GH Hardy, Srinivasa Ramanujan, Alan Turing, Francis Crick, James Watson, Roger Penrose, dan Stephen Hawking.

University of Cambridge unggul dalam ilmu-ilmu fisika, ilmu komputer, dan kodifikasi biologi. Selain prestasi bidang ilmu tersebut yang menonjol, Cambridge juga memiliki bidang ilmu lain yang menonjol, salah satunya Humaniora. Dengan arsitektur Gothic yang seolah membuat kampus ini terlihat kuno, Cambridge tetap menjadi salah satu lembaga penelitian elit dunia yang hanya dapat disaingi oleh Oxford dan segelintir universitas terbaik di dunia lainnya.



5. Oxford University, Inggris

Oxford University, Inggris

Oxford University, Inggris

Oxford University berdiri sejak abad ke-13. Oxford telah berdiri selama berabad-abad dan tumbuh menjadi salah satu universitas terbaik di dunia. Berbeda dengan universitas lainnya, Oxford lebih dikenal sebagai pusat pengetahuan dan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena Oxford memiliki jurusan akademik jurnalistik terbesar dan paling bergengsi di dunia, dengan kantor yang berlokasi di lebih dari 50 negara.

Satu dari lima orang yang belajar bahasa Inggris di seluruh dunia menggunakan bahan dari Oxford University Press. Inilah yang membuat Oxford memiliki daya tarik di mata internasional. Bahkan di kampus ini, sebanyak 40 persen mahasiswanya bersal dari luar Inggris. Pada tahun 2014, lebih dari 17.200 mahasiswa melamar untuk 3.200 posisi sarjana. Meskipun banyak mahasiswa yang ingin bayar biaya kuliah penuh demi masuk Oxford University, pendapatan terbesar dari kampus ini didapat dari hasil penelitian dan kontrak kerjasama.

4. Stanford University, USA

Stanford University, USA

Stanford University, USA

Stanford University berlokasi di antara San Francisco dan San Jose, di jantung California’s Silicon Valley. Berdiri sejak tahun 1891, Stanford memiliki kawasan lindung Jasper Ridge seluas 1189 hektar yang memungkinkan bagi para ilmuwan untuk melakukan penelitian tentang ekosistem. Di dalamnya juga terdapat “The Dish” sebuah teleskop dengan tinggi 150 kaki untuk mempelajari ionosfer.

Stanford memiliki area khusus yang digunakan untuk melestarikan Harimau Salamander yang sudah terancam punah. Kampus ini juga memiliki institusi dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi yang terkemuka di dunia.

Beberapa artis dan tokoh terkenal lulusan universitas ini antara lain Reese Witherspoon, Reese Witherspoon (aktris pemeran Legally Blonde), Tablo (rapper, komposer, produser, penulis anggota Epik High), Larry Page & Sergey Brin (pendiri Google), dan masih banyak tokoh terkenal lainnya.

3. University of California-Berkeley, USA

University of California-Berkeley, USA

University of California-Berkeley, USA

Universitas ini terletak di sebuah kota yang menyenangkan, Barkeley yang tidak jauh dari San Francisco. Berkeley merupakan salah satu universitas elit yang luas dengan jumlah mahasiwa mencapai lebih dari 36.000 orang. Setiap tahunnya, kampus ini menghasilkan lulusan PhD yang jauh lebih banyak dibanding kampus di USA lainnya.

Berkeley juga menjadi salah satu kampus incaran bagi mahasiswa dari 100 negara. National Science Foundation memberikan beasiswa penelitian untuk Pascasarjana University of Berkeley Berkeley telah menghasilkan 39 anggota yang masuk dalam American Philosophical Society, 7 Fulbright Scholars, 32 MacArthur Fellows, dan 22 pemenang hadiah Nobel.

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT), USA

Massachusetts Institute of Technology (MIT), USA

Massachusetts Institute of Technology (MIT), USA

Sejak pertama kali didirikan sampai abad pertengahan, yaitu sekitar tahun 1861. MIT sudah menjadi pusat penelitian ilmu pengetahuan terkemuka di dunia. Gedung-gedung kampusnya saja sangat mencerminkan MIT, unik dan futuristik. MIT telah menghasilkan banyak sekali ilmuwan dan insinyur, di antaranya 80 pemenang hadiah Nobel, 56 pemenang Medali Nasional Science, 43 MacArthur Fellows, dan 28 pemenang National Medal of Technology and Innovation.

Mekipun terkemuka dalam penelitian, MIT masih memiliki banyak ruang untuk jurusan seni dan humaniora. Inilah mengapa MIT Press dapat mempublikasikan 30 jurnal bergengsi dan 220 buku tentang ilmu, seni dan teknologi terbaru dan tercanggih. Sejak tahun 1899, MIT selalu mengembangkan review mereka sesuai perkembangan tren dan teknologi. Hal ini karena review dari MIT dianggap sangat berpengaruh bagi perkembangan inovasi teknologi masa depan. Beberapa orang terkenal lulusan MIT antara lain, astronot Apollo 11 Buzz Aldrin, bapak linguistik Noam Chomsky, mantan sekretaris Jendral PBB Kofi Annan, dan mantan Ketua Federal Reserve Ben Bernanke.

1. Harvard University, USA

Harvard University, USA

Harvard University, USA

Siapa yang nggak kenal Harvard? Selain menyandang predikat universitas terbaik di dunia, juga berada di peringkat pertama dalam jajaran universitas terkaya di dunia. Berdiri pada tahun 1636, Harvard adalah sekolah tertua di negara terkaya di dunia. Di bawah kepemimpinan manajer Jack Meyer, dana abadi sekolah tumbuh dari $ 4,6 milyar sampai $ 25,8 milyar selama 15 tahun. Selain itu Harvard juga menghasilkan 47 pemenang hadiah Nobel, 32 kepala negara, dan 48 pemenang Pulitzer Prize.

Yang membuat universitas ini makin membanggakan adalah perpustakaan akademik terbesar di dunia milik Harvard, Widener Library yang merupakan rumah bagi enam juta buku. Harvard memiliki sekolah kedokteran, hukum dan bisnis terbaik dengan jaringan alumni tersebar di seluruh dunia. Beberapa alumni Harvard antara lain: Mark Zuckerberg yang merupakan CEO Facebook, Bill Gates, Franklin D. Roosevelt, artis Natalie Portman, Matt Damon, Hillary Duff, dan lain-lain.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *