Apakah Kamu Sedang Hamil? Kenali 10 Tanda Hamil Muda Ini

Tidak datang bulan
Share ke teman kamu

Kabar kehamilan adalah sebuah kabar yang dinanti oleh pasangan suami istri. Hadirnya tangisan bayi di tengah keluarga kecil tentu akan membawa tawa bahagia untuk anggota keluarga di dalamnya. Jika kamu sudah menikah dan kini tengah menantikan hadirnya calon bayi dalam kandungan, kamu harus tahu dulu apa saja tanda-tanda seorang wanita ketika sedang hamil muda.

Mengapa mengetahui tanda hamil muda sangat penting? Karena seringnya wanita mengalami kegagalan kehamilan atau keguguran karena tidak sadar dengan gejala dan tanda hamil muda yang terjadi pada tubuh. Nah, jika kamu mengalami tanda-tanda hamil muda di bawah ini maka dipastikan kamu sedang hamil. Apa saja? Cek 10 tanda hamil di bawah ini:

1. Tidak datang bulan

Tidak datang bulan

Tidak datang bulan

Salah satu tanda dan gejala yang pasti muncul ketika seorang wanita sedang hamil adalah tidak datang bulan. Apalagi jika siklus haid kamu termasuk normal dan lancar, maka ketika kamu tiba-tiba tidak datang bulan bisa saja kamu sedang hamil. Umumnya, wanita yang terlambat datang bulan antara dua minggu hingga satu bulan bisa berharap mereka sedang hamil. Kamu bisa memastikan dengan menggunakan test pack atau pergi ke dokter kandungan untuk hasil yang lebih akurat.

2. Pendarahan flek

Pendarahan flek

Pendarahan flek

Dua minggu setelah konsepsi terjadi, seorang wanita yang hamil akan mengalami pendarahan ringan atau biasa dikenal dengan flek. Flek bisa berwarna coklat atau pink dan biasa datang dengan kram seperti ketika PMS.

Gejala ini sering disalahartikan sebagai masa-masa awal sebelum haid, padahal bisa saja ini adalah pendarahan karena implantasi, yaitu ketika sel telur yang terbuahi menempel di dinding rahim. Pendarahan ini terjadi di waktu-waktu sebelum tanggal haid, namun lebih singkat dan ringan dibandingkan pendarahan saat haid.

3. Perubahan pada payudara

Perubahan pada payudara

Perubahan pada payudara

Enam minggu setelah tanggal haid meleset atau dua minggu setelah konsepsi terjadi, payudara akan terasa lebih penuh dan puting akan menjadi lebih sensitif pada wanita yang hamil muda. Tanda hamil muda ini terjadi karena meningkatnya hormon progesteron dan estrogen serta aliran darah di area tersebut.

Selain itu, areola atau area di sekitar puting juga akan menghitam dan membesar. Karena gejala ini biasa membuat wanita tidak nyaman saat tidur, disarankan untuk memakai sport bra yang ringan.

4. Mudah lelah

Mudah lelah

Mudah lelah

Wanita yang sedang hamil muda sering kali merasa lelah. Ini memang biasa terjadi di trimester pertama kehamilan. Hal ini terjadi karena meningkatnya progesteron dan normal terjadi. Biasanya, kamu akan merasa sering mengantuk dan lebih lamban ketika mengerjakan sesuatu di minggu pertama setelah masa konsepsi.

Kelelahan ini terjadi karena volume darah yang meningkat untuk memenuhi asupan untuk membangun plasenta dan juga nutrisi untuk janin sehingga jantung akan bekerja lebih keras.

5. Morning sickness

Morning sickness

Morning sickness

Di pagi hari kamu akan sering merasa mual dan bahkan muntah. Ini adalah tanda hamil muda yang paling sering terjadi di awal kehamilan, bahkan disebutkan akan terjadi juga di antara minggu keenam hingga ke-12 kehamilan.



Untuk meringankan mual, kamu bisa menghindari makanan pedas dan berlemak, lalu ganti dengan makanan berprotein tinggi seperti yogurt. Disarankan juga untuk makan dengan porsi kecil berkali-kali dan istirahat yang lebih banyak. Hindari makanan dengan bau tajam.

6. Perubahan mood

Perubahan mood

Perubahan mood

Di awal kehamilan atau saat kamu hamil muda, mood kamu akan seperti roller coaster, naik turun tiada henti. Ini memang disebabkan karena level hormon yang berubah-ubah layaknya ketika mengalami gejala PMS. Kamu bisa sangat bahagia lalu sedih secara mendadak. Perubahan pada mood bisa juga terjadi karena munculnya perubahan fisik seperti kecapekan dan juga morning sickness.

7. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil

6 minggu pertama kehamilan dan bahkan selama masa kehamilan, biasanya wanita akan sering buang air kecil. Ini terjadi karena ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring cairan ekstra yang ada di dalam tubuh, seperti misalnya volume darah yang meningkat.

Seiring berjalannya waktu, janin yang mulai membesar dan berkembang di rahim akan memberikan tekanan pada kantung kemih sehingga kamu akan sering buang air kecil. Agar tidak dehidrasi, kamu harus minum air yang cukup selama hamil.

8. Sakit kepala dan punggung

Sakit kepala dan punggung

Sakit kepala dan punggung

Sakit kepala adalah gejala umum yang terjadi di trimester pertama. Ini bisa jadi tanda ketika kamu lapar atau dehidrasi. Bagian punggung juga akan merasa sakit karena janin akan menekan saraf dan juga pembuluh darah yang ada di punggung dan panggul. Kenaikan berat badan juga membuat punggung dan panggul sakit karena beban berat badan janin yang bertambah pula.

9. Pusing

Puyeng

Puyeng

Saat bulan-bulan awal kehamilan, beberapa wanita mengaku mengalami pusing atau kepala terasa melayang. Ini bisa disebabkan karena rendahnya gula darah atau juga dehidrasi. Pusing biasa terjadi ketika bergerak mengganti posisi misalkan dari duduk ke berdiri atau ketika bangun dari tempat tidur. Jika gejala ini terasa berlebihan dan mengganggu, disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter.

10. Nafas Pendek

Nafas Pendek

Nafas Pendek

Sering merasa terengah-engah di tengah aktivitas juga merupakan salah satu tanda hamil muda. Ini adalah hal yang wajar karena kamu akan sering merasa lelah. Dikatakan pula, nafas pendek terjadi karena janin juga mengambil jatah oksigen kamu sehingga kamu mudah sekali ngos-ngosan.

Itu dia 10 tanda hamil muda yang harus kamu perhatikan. Ciri-ciri di atas tidak semuanya dialami oleh wanita, beberapa tanda hamil muda mungkin tidak muncul pada tahap awal kehamilan kamu. Ini disebabkan oleh kondisi fisik dari masing-masing wanita yang berbeda.Walau begitu, informasi di atas sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang sedang deg-degan menanti dua garis pada test pack. Semoga dengan mengetahui ciri-ciri hamil muda di atas, kamu bisa lebih hati-hati dalam menjaga kehamilan di masa-masa awal.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *