Bukit Puji Ningrum, Pesona Wisata di Atas Alam Tasikmalaya

bukit puji ningrum
sumber: youtube.com

Bukit Puji Ningrum adalah salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Tasikmalaya yang cukup direkomendasikan untuk anda yang ingin berlibur di kawasan ini.

Destinasi wisata ini populer dengan sebutan Negeri di Atas Awan Tasikmalaya yang menawarkan pemandangan awan di atas bukit yang sangat menakjubkan serta menjadi buruan para fotografer.

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi kawasan wisata satu ini, disarankan untuk dapat mengatur waktu yang tepat untuk menikmati keindahan awan di atas bukit. Hal ini dikarenakan awan hadir hanya saat-saat tertentu saja.

Bukit Puji Ningrum, Pesona Wisata di Atas Alam Tasikmalaya

Kawasan wisata Bukit di atas alam yang berada di Tasikmalaya ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk menikmati momen sunrise yang sangat mempesona.

Keindahan tersebut juga dilengkapi dengan hamparan awan putih yang sangat tebal yang menyelimuti lembah serta perbukitan yang terdapat di sekitarnya.

Puji Ningrum merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Tasikmalaya yang menghadirkan pemandangan alam yang sangat eksotik. Salah satunya adalah matahari terbit yang muncul di atas hamparan awan tebal.

Destinasi wisata ini terletak di antara dua kampung yang berlokasi di kampung yang berbeda yakni Kampung Cihurip yang berada di Desa Sirnajaya serta Kampung Pasirhaleuang yang berada di Desa Janggala.

Asal Mula Destinasi Bukit di Atas Awan Sukaraja

Negeri di Atas Awan merupakan nama lain dari perbukitan salah satu area perhutani di wilayah Sukaraja, Tasikmalaya.

Destinasi wisata Bukit Puji Ningrum ini pertama kali dibangun dengan sejumlah sarana serta fasilitas wisata yang cukup sederhana oleh warga sekitar serta karang taruna setempat.

Disebut dengan wisata di atas awan dikarenakan berlokasi di atas puncak bukit yang seolah menutupi bagian bawah perbukitan.

Pemberian nama Puji Ningrum merupakan simbol serta penghargaan bagi tiga perempuan asal Janggala. Dimana selama ini menjadi area penggarapan lahan perhutani tersebut yang saat ini telah disulap menjadi kawasan wisata.

Nama Puji Ningrum diambil dari nama penggarap kebun yang diantaranya Mak Uji, Bi Ening, dan Bi Irum. Maka tergabunglah menjadi nama wisata tersebut.

Daya Tarik Destinasi Wisata Bukit Puji Ningrum

Destinasi wisata di atas awan Puji Ningrum adalah wisata perbukitan yang membelah wilayah Sukaraja serta Tasikmalaya.

Di sini para pengunjung disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona serta dapat melihat Kota Sukaraja di ketinggian kurang lebih 500 meter dari atas permukaan laut.

Panorama indah dari kawasan wisata ini dapat dinikmati pada pagi hari di saat matahari terbit serta matahari terbenam pada sore hari. Dimana dilengkapi dengan keindahan awan tebal yang menampilkan keindahan yang tiada taranya.

Bagi anda penggemar wisata alam, anda dapat menikmati pesona alam negeri di atas alam dengan cara menginap di atas bukit.

Anda dapat menyewa tenda yang telah disediakan para pengelola wisata bukit di atas awan Sukaraja ini.

Lokasi dan Rute Destinasi Wisata Bukit Puji Ningrum Sukaraja

Destinasi wisata Bukit di Atas Awan berlokasi di Kampung Pasirhaleuang, Desa Janggala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya.

Bagi pengunjung yang akan berwisata ke kawasan ini, tidak perlu khawatir dengan akses jalan yang menuju ke lokasi.

Hal ini dikarenakan sudah sangat baik sehingga dapat dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat. Kendaraan-kendaraan tersebut dapat anda parkir secara aman persis di kaki bukit.

Untuk dapat menikmati keindahan kawasan ini, sebaiknya anda berkunjung saat matahari terbit. Lokasi wisata ini dapat anda tempuh melalui jalan menuju Sukaraja. Dengan melalui alun-laun Sukaraja sekitar 1 km, ambil kanan menuju arah SD Cibodo.

Dari sini anda belok kanan, kurang lebih 15 menit sampai di lokasi Bukit Puji Ningrum. Selanjutnya anda dapat berjalan kaki menuju puncak bukit.

Untuk dapat menikmati keindahan destinasi wisata ini, cuaca cukup berpengaruh untuk melihat gumpalan awan putih yang cukup populer tersebut.

Selain berjalan kaki, anda juga dapat menggunakan sepeda motor atau sepeda gunung. Akan tetapi, hal ini dikhususkan bagi biker penyuka medan outdoor serta wisata alam.

Dengan semakin berkembangnya destinasi wisata Bukit Puji Ningrum yang berada di Tasikmalaya, diharapkan dapat mendorong ekonomi masyarakat yang berada di sekitarnya. Hal ini dapat didukung dengan selalu menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan alam wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *