Ingin Sehat? Kurangi Konsumsi 10 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Ini!

Es krim
Share ke teman kamu

Kolesterol pada dasarnya merupakan senyawa unik yang memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh, seperti memberikan lapisan pelindung pada saraf dan sel, serta merangsang pertumbuhan otak dan saraf.

Namun demikian, tingkat kolesterol yang tinggi justru akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam darah akan membuat beberapa fungsi organ menjadi terganggu. Salah satunya adalah penyempitan pembuluh darah yang bisa menimbulkan penyakit jantung atau stroke.

Nah, jika kamu tengah merasa tubuhmu sudah terlalu banyak mengandung kolesterol jahat, maka ada baiknya kamu mulai menghindari konsumsi beberapa makanan yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi semakin parah. Berikut adalah daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang mungkin nggak pengen kamu lahap untuk sementara waktu.

1. Cheeseburger

Cheeseburger

Cheeseburger

Cheeseburger merupakan salah satu makanan cepat saji yang amat populer di kalangan pekerja kantoran yang tidak punya banyak waktu untuk beristirahat. Namun makanan lezat ini ternyata mengandung kolesterol dengan kandungan yang cukup tinggi, antara 85 hingga 175 mg.

Jika kamu masih ingin mengonsumsi burger namun tidak ingin kadar kolesterol dalam tubuh meningkat drastis, tidak ada salahnya mencoba memesan burger plain, tanpa tambahan dressing berlebihan.

2. Makaroni dan keju

Makaroni dan keju

Makaroni dan keju

Makaroni dan keju atau mac and cheese, merupakan kudapan yang kini jadi favorit kawula muda di kota-kota besar di Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa makanan satu ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, terlebih dengan adanya berbagai komponen pendukung lain seperti susu dan butter.

Namun jangan khawatir, dengan menggunakan keju serta susu rendah lemak, kamu bisa terus menyantap mac and cheese dengan tingkat kolesterol yang lebih rendah 50% ketimbang menggunakan bahan biasa.

3. Telur

Telur

Telur

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah amat penting menjaga keseimbangan. Telur merupakan salah satu makanan yang sebelumnya amat tidak disarankan sebagai menu sarapan.

Tapi, kamu bisa tetap mengonsumsinya setiap hari asalkan tidak ada kolesterol lain yang masuk ke dalam tubuh, seperti daging atau susu. Jadi jika kamu memakan telur untuk sarapan, jangan makan siang dengan cheeseburger.

4. Es krim

Es krim

Es krim

Es krim merupakan makanan penutup yang amat populer, melebihi kue kering atau brownies. Namun tahukah kamu bahwa satu scoop es krim mengandung lebih banyak lemak dari sebuah hamburger dan mengandung kolesterol lebih tinggi dari 10 buah donat?

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai melupakan es krim sebagai hidangan penutup dan beralih ke buah-buahan segar. Buah merupakan makanan rendah kalori dan kaya akan serat, vitamin, dan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

5. Steak

Steak

Steak

Bahkan dalam kondisi terbaik (diet ketat dan cara masak tanpa minyak berlebih), satu porsi penyajian steak bisa membuat kamu kelebihan konsumsi kolesterol dan lemak yang diperbolehkan dalam satu hari. Tanpa tambahan sayuran apapun, kamu akan memakan 20 persen dari jatah lemak dan 22 persen dari kolesterol yang diperbolehkan masuk dalam tubuh per hari. Hal tersebut otomatis takkan memberikan banyak ruang tersisa untuk makanan lain masuk dalam 24 jam. Jika memang tak bisa menahan nafsu memakan daging, pilihlah bagian yang mengandung paling sedikit lemak.

6. Muffin

Muffin

Muffin

Tidak semua muffin atau kue kering dibuat dengan resep yang sama. Muffin ala Inggris contohnya, dimasak dengan resep rendah lemak dan kolesterol. Namun muffin yang kebanyakan dijajakan di bakery yang ada di berbagai pusat perbelanjaan bisa mengandung hingga 8 gram lemak dalam satu kali penyajian. Oleh karena itu cermatlah dalam memilih makanan untuk menjaga kondisi tubuhmu.

7. Seafood

Seafood

Seafood

Ada beberapa jenis seafood yang bagus untuk tubuh, namun beberapa jenis lainnya banyak mengandung kolesterol. Lobster contohya, bukan merupakan pilihan yang bagus jika kamu memiliki penyakit jantung atau kandungan kolesterol tinggi. Tiga ons lobster mengandung kurang lebih 61 mg kolesterol, belum termasuk kandungan bahan lain seperti mentega. Jika kamu masih berniat memakan seafood, hindarilah mentega dan ingat bahwa dikukus lebih baik daripada digoreng.

8. Ayam

Ayam

Ayam

Meski ayam seringkali disebut sebagai jenis daging rendah lemak, cara kita memasak bisa membuat perbedaan yang signifikan. Contohnya, satu paha ayam bisa memiliki jumlah lemak dan kolesterol yang lebih tinggi dari satu cup es krim atau hamburger. Membiarkan bagian kulit atau menggorengnya bisa mengubah ayam menjadi makanan tinggi kolesterol.

9. Hati

Hati

Hati

Hati ayam atau sapi mengandung banyak zat besi yang bagus untuk tubuh, namun juga mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol dibuat dan disimpan di hati, dan konsentrasi kolesterol paling tinggi dalam hewan terdapat di bagian hati. Penelitian di Amerika Serikat menyarankan seseorang untuk hanya mengonsumsi 300 mg kolesterol sehari. Namun satu porsi penyajian hati ayam atau sapi bisa mengandung hingga 331 mg kolesterol.

10. Snack

Snack

Snack

Lemak trans yang terkandung dalam snack atau makanan ringan bisa mengubah makanan sehat menjadi makanan tinggi kolesterol. Kamu bisa menemuinya di makanan komersial seperti kentang goreng, onion rings, dan biskuit. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui kondisi tubuh dengan baik, sebelum memutuskan makanan apa yang ingin kamu makan.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *