Jangan Traveling Tanpa Membawa 10 Barang Ini

salinan dokumen penting
Share ke teman kamu

Kamu suka traveling? Traveling saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Agar mood saat traveling tidak berantakan, kamu perlu mempersiapkan semuanya dengan baik. Nggak mau kan traveling yang niatnya buat senang-senang malah berakhir bikin kecewa dan bad mood?

Mempersiapkan traveling dengan baik bukan berarti kamu harus bawa barang seabrek. Paling tidak, kamu harus menyiapkan 10 barang yang wajib dibawa saat traveling berikut ini:

1 . Salinan dokumen penting

salinan dokumen penting

salinan dokumen penting

Jangan sampai traveling kamu berantakan gara-gara lupa tidak membawa salinan dokumen penting. Dokumen penting ini bisa berupa KTP, SIM dan juga passport buat kamu yang liburan ke luar negeri. Salinan ini selain berupa fotokopi, juga bisa berupa foto digital atau hasil scan. Untuk salinan berupa fotokopi, jangan lupa menyimpannya di tempat terpisah dengan yang asli ya.

Mengapa harus membawa salinan dokumen penting? Kamu tak pernah tahu apa yang bisa terjadi di tempat liburan nanti. Bayangkan jika kamu kehilangan passport saat berada di Jepang, mau nggak mau kamu akan terlibat di urusan birokrasi yang panjang dan rumit. Nah, salinan dokumen ini bisa membantu membuatnya lebih singkat dan mudah karena kamu pegang ‘bukti valid’.

2. Toiletries

toiletries

toiletries

Toiletries ini barang wajib bawa jika kamu bepergian dengan budget terbatas dan tidak menginap di hotel mewah yang menyediakannya secara gratis. Bawa toiletries atau perlengkapan mandi sederhana saja seperti shampo, sabun juga sikat plus pasta gigi. Bawa toiletries dalam ukuran kecil saja agar menghemat ruang di ransel kamu, ya.

Pernah terbayang jika sabun cair yang kamu bawa tumpah dan mengotori barang bawaanmu yang lain? Jangan sampai terjadi, ya. Untuk itu, simpan toiletries ini di kantong plastik zip lock kedap udara. Plastik ini banyak dijual di toko perlengkapan traveling.

3. P3K dan obat-obatan pribadi

P3K dan obat-obatan pribadi

P3K dan obat-obatan pribadi

Perlengkapan P3K ini jangan sampai tak ada dalam daftar barang yang kamu bawa. Tak perlu terlalu lengkap, bawa saja plester, obat merah dan perban. P3K ini jadi sangat penting terutama jika kamu traveling ke tempat out door seperti hutan dan gunung.

Selain perlengkapan P3K, kamu juga wajib bawa obat-obatan pribadi, apalagi jika kamu punya alergi. Membawa obat-obatan pribadi bisa sangat membantu jika kamu mengalami sakit kepala atau alergi kamu kambuh di tempat yang asing dan kamu tak tahu di mana apotek terdekat.

4. Hand sanitizer dan tissue

hand sanitizer

hand sanitizer

Asyik traveling bukan berarti melupakan masalah kebersihan, ya. Hand sanitizer atau cairan pembersih tangan wajib ada dalam ranselmu karena bisa jadi di tempat yang kamu tuju tak tersedia air bersih. Selain hand sanitizer, kamu juga wajib membawa tissue basah dan tissue kering.

5. Sunblock

sunblock

sunblock

Sunblock atau tabir surya wajib dipakai jika kamu traveling dan banyak beraktifitas di luar ruangan. Sunblock ini bertugas memblokir efek buruk sinar matahari terhadap kulit seperti UVA dan UVB. Pilih sunblock dengan kadar SPF (Sun Protection Factor) yang tepat.

Saat ini yang banyak beredar adalah sunblock dengan kandungan SPF 15 yang berarti mampu melindungi kulit selama 150 menit, namun ada juga sunblock dengan kandungan SPF lebih dari 15. Sunblock sendiri ada banyak bentuknya mulai dari krim, gel sampai spray, silakan pilih yang sesuai dengan kamu. Pakai sunblock 20-30 menit sebelum kamu keluar dari penginapan, ya.

6. Laundry bag

laundry bag

laundry bag

Laundry bag berfungsi untuk memisahkan pakaian kotormu dari pakaian bersih. Dengan memisahkan pakaian kotor ini, pakaian bersihmu terbebas dari bau apek dan lembab yang ditimbulkan oleh pakaian kotor. Laundry bag bisa berupa kantong plastik biasa atau tas kanvas, yang penting bisa berfungsi dengan baik.

7. Kamera

kamera

kamera

Apalah arti traveling jika kamu tak bisa mengabadikan tiap momennya? Jangan lupa bawa kamera agar travelingmu bisa dikenang kapan pun dan di mana pun. Meskipun kamera juga tersedia di ponselmu, ada baiknya membawa kamera lain yang memiliki kemampuan menangkap gambar dengan lebih baik. Siapkan juga kartu memori tambahan, ya. Jangan sampai kamu gagal memotret karena kartu memori penuh.

8. Perlengkapan elektronik

perlengkapan elektronik

perlengkapan elektronik

Perlengkapan elektronik ini macam-macam bentuknya seperti pemutar musik, charger kamera dan gadget serta power bank. Simpan semua perlengkapan ini ke dalam satu kantong khusus dan jauhkan dari benda cair yang mungkin bisa merusak jika terjadi kontak langsung.

9. Buku bacaan

buku bacaan

buku bacaan

Sulit tidur di pesawat dan bingung harus ngapain? Membaca adalah jawabannya. Mungkin sebagian dari orang banyak yang memilih mendengarkan musik di pesawat dan kereta, tapi membaca buku memiliki sensasi tersendiri. Buku bacaan ini pun bisa beragam, kamu bisa membawa novel atau buku panduan perjalanan agar lebih siap berpetualang saat tiba di kota tujuan nanti.

10. Camilan

camilan

camilan

Kelaparan dan tak tahu ke mana harus membeli makanan? Inilah gunanya kamu membawa camilan. Tak perlu membawa makanan berat di ransemu, cukup roti, cokelat dan wafer untuk menghindarkanmu dari kelaparan di tempat asing. Dengan membawa camilan sendiri, kamu juga bisa berhemat, lho karena makanan di tempat wisata biasanya dijual dengan harga di atas rata-rata.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *