Kenali 10 Tanda Penyakit Serius Ini Melalui Kaki Kamu

Bisul atau luka tak kunjung sembuh
Share ke teman kamu

Jangan pernah meremehkan kaki. Kaki yang merupakan bagian tubuh terpenting untuk berjalan ini ternyata juga memiliki fungsi penting lain bagi tubuh. Dengan melihat kondisi kaki kita, ternyata kita bisa mendeteksi penyakit serius seperti diabetes, tiroid, bahkan penyakit jantung, dan gangguan kesehatan lainnya. Bahkan sebelum kamu benar-benar perlu pergi ke dokter. Dengan melihat sepuluh gejala dan tanda penyakit serius ini di kaki, kamu bisa mendeteksi penyakit serius yang kamu derita.

Baca juga: 10 Cara Mendeteksi Kesehatan Tubuh Melalui Kondisi Lidah

1. Kaki kering

Kaki kering

Kaki kering

Kaki yang terlalu kering bisa jadi merupakan pertanda masalah tiroid, terutama jika kamu sudah mencoba menggunakan pelembab dan itu tidak banyak membantu. Tubuh yang kekurangan hormon tiroid bakal mengalami masalah terkait sistem metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan beberapa problem serius yang ada hubungannya dengan tulang dan sistem syaraf.

Marlene Reid, seorang ahli dalam pengobatan kaki, mengatakan bahwa masalah tiroid bisa menyebabkan kekeringan dalam jaringan kulit. Ketika kita melihat kulit kaki mengalami pecah-pecah, atau juga cairan pelembab tidak membantu memperbaiki kondisi kulit dalam beberapa hari, ada baiknya kamu segera menghubungi ahli medis untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengapa kondisi tersebut terjadi.

2. Jempol botak

Jempol botak

Jempol botak

Jika jempol kakimu mengalami kebotakan, maka itu bisa berarti kamu tengah terkena gangguan jantung. Andai kamu melihat rambut halus yang ada di jempol kaki tiba-tiba menghilang, hal tersebut bisa menjadi tanda buruknya aliran darah ang disebabkan oleh penyakit yang menyerang pembuluh darah.

Suzane Fuchs, seorang ahli bedah dari University Hospital di New York mengatakan bahwa tanda-tanda jika tubuh mengalami masalah pembuluh darah bisa dilihat dari berkurangnya pertumbuhan rambut di daerah kaki dan engkel. Lebih lanjut, jika pemindaian sinar X dilakukan terhadap kaki yang bermasalah dan terlihat arteri yang tegang, maka 99 persen dipastikan kondisi yang sama juga terjadi di daerah jantung.

3. Bisul atau luka tak kunjung sembuh

Bisul atau luka tak kunjung sembuh

Bisul atau luka tak kunjung sembuh

Jika hal ini terjadi pada kakimu, maka kamu bisa jadi tengah terkena diabetes. Kadar gula yang tidak terkontrol bisa merusak sistem syaraf dan menyebabkan aliran darah kurang lancar, sehingga darah tidak mencapai bagian kaki. Ada banyak orang yang didiagnosa mengalami diabetes karena masalah yang timbul di kaki mereka. Tanda-tanda lain diabetes yang berhubungan dengan kondisi kaki antara lain mati rasa. Oleh karena itu, kamu disarankan menghubungi dokter untuk mendapatkan catatan lengkap mengenai kadar gula dalam tubuh.

4. Jempol kaki bengkak

Jempol kaki bengkak

Jempol kaki bengkak

Jempol kaki bengkak bisa disebabkan oleh makanan yang kamu makan. Hal tersebut seringkali ditimbulkan oleh makanan yang mengandung purin, atau zat kimia khusus, yang biasanya terdapat dalam daging, ikan, dan beberapa jenis alkohol. Zat ini bisa menyebabkan dampak negatif pada tubuh, karena sanggup meningkatkan kadar asam urat.

Asam urat dalam kondisi normal bakal dikeluarkan melalui urin. Namun dalamkondisi tertentu, hal tersebut tidak terjadi pada beberapa orang dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Umumnya bagian tubuh yang mengalami pembengkakan adalah kaki dan engkel.

5. Garis merah di bawah kuku jempol kaki

Garis merah di bawah kuku jempol kaki

Garis merah di bawah kuku jempol kaki

Tanda semacam ini bisa berarti infeksi jantung. Garis merah di bawah kuku jempol kaki bisa jadi merupakan pertanda pembuluh darah yang rusak. Hal ini terjadi ketika terjadi penggumpalan di bagian di bawah kuku. Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda penyakit endokarditis, infeksi di bagian jantung.

Mereka yang pernah mengalami masalah jantung, menggunakan alat pacu jantung, atau pernah mengalami kemoterapi, bakal memiliki kans yang lebih besar untuk mengalami penyakit ini. Infeksi semacam ini berpotensi memicu gagal jantung jika tidak segera ditangani. Jika kamu melihat ada garis merah di bawah kuku dan tidak pernah mengalami trauma di bagian kaki sebelumnya, tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter.

6. Kaki bengkok

Kaki bengkok

Kaki bengkok

Kamu bisa jadi tengah mengidap kanker paru-paru atau penyakit jantung. Pembengkokan di bagian jempol atau jari kaki kerap diasosiasikan dengan dua penyakit tersebut. Penyakit paru-paru dan jantung meyebabkan berkurangnya resistansi pembuluh darah, yang berarti aliran darah ke arteri kecil di jempol kaki dan ujung jariakan meningkat. Hal tersebut lantas berujung pada perubahan jaringan, yang membuat tampilan kaki berubah (lebih bundar, lebar, atau membesar). Segera hubungi ahli medis jika kamu mengalami masalah ini.

7. Jempol kaki berbintik-bintik

Jempol kaki berbintik-bintik

Jempol kaki berbintik-bintik

Ini bisa menjadi pertanda penyakit psorias. Namun patut menjadi catatan bahwa mereka yang mengalami psorias biasanya juga mengalami gatal-gatal di bagian kulit. Tercatat hanya ada lima persen orang yang mengalami psorias di bagian kuku dan tidak mengalami hal yang sama di bagian tubuh lainnya.

Biasanya untuk mengatasi penyakit ini, dokter akan menyarankan kamu memakai salep khusus atau mendapat suntikan steroid di bawah kuku.

8. Kuku menyerupai sendok

Kuku menyerupai sendok

Kuku menyerupai sendok

Perhatikan jika kuku kakimu mulai melengkung menyerupai sendok, hingga bahkan cukup untuk menampung tetesan air. Hal tersebut bisa menjadi pertanda penyakit anemia atau lupus. Kuku yang mengalami perubahan bentuk seperti ini merupakan pertanda kekuarangan zat besi, yang merupakan penyebab utama dari penyakit anemia atau lupus.

Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh anak kecil, namun akan normal dengan sendirinya dalam beberapa tahun mendatang. Jika kamu mengalami hal ini, segera periksakan. Kamu mungkin harus menjalani tes darah lebih lanjut untuk mengetahui sebab sebenarnya dari kondisi tersebut.

9. Garis lurus di bawah jempol kaki

Garis lurus di bawah jempol kaki

Garis lurus di bawah jempol kaki

Garis gelap di bawah kuku jempol kaki bisa menjadi pertanda terjadinya melanoma, sebuah jenis kanker kulit yang menyerang bagian tubuh yang sifatnya sulit terlihat. Garis hitam yang dimaksud akan dimulai dari ujung kuku, lurus hingga berhenti di dasar kuku. Namun untuk lebih jelas, mungkin kamu harus memeriksakan diri ke dermatolog atau ahli penyakit kulit.

10. Kaki melengkung

Kaki melengkung

Kaki melengkung

Tanpa sadar kakimu bisa melengkung cukup tinggi, maka kamu perlu waspada. Ini bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah dengan sistem syaraf di dalam tubuh. Ada kemungkinan kamu mengalami gejala gangguan syaraf yang dikenal dengan nama CMT, yang bisa menyebabkan kaki mati rasa, tubuh menjadi tak seimbang, otot mengendur, dan masih banyak lagi. Andai kamu menyadari ada sesuatu yang aneh dengan kakimu, segera hubungi ahli penyakit kaki atau dokter guna mendapatkan diagnosa yang lebih akurat.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “Kenali 10 Tanda Penyakit Serius Ini Melalui Kaki Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *