Mau Hidup Sehat? Konsumsi 10 Jenis Sayur yang Baik Untuk Kesehatan Ini!

Wortel
Share ke teman kamu

Di zaman modern ini menjaga kesehatan dirasa jauh lebih sulit. Perkembangan teknologi membuat manusia dengan mudah menambahkan elemen atau zat tertentu dalam makanan untuk membuat makanan tersebut lebih lezat atau lebih awet, Padahal nggak semua zat tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi jika kamu suka membeli makanan di luar.

Nah, untuk mengimbangi masuknya zat-zat berbahaya dalam tubuh ini kamu bisa mengkonsumsi sayur. Tapi ingat, pilihlah jenis sayuran yang mengandung anti-oksidan tinggi dan tentunya bebas pestisida atau bahan kimia lainnya. Berikut daftar 10 jenis sayur yang baik untuk kesehatan.

1. Jagung

Jagung

Jagung

Baik direbus atau dibakar, pastikan kamu memakan jagung dengan dimasak terlebih dahulu. Sebuah penelitian yang dimuat dalam ‘Journal of Agricultural Food and Chemistry’ menemukan bahwa semakin lama jagung dimasak, kadar antioksidan (lutein) yang ada di dalamnya bisa mengurangi resiko berkurangnya daya penglihatan pada manula.

Ada banyak cara untuk memasak jagung. Kamu bisa mencampurkannya dalam sayuran berkuah, dengan direbus, dibakar, atau dijadikan campuran dalam tumisan atau masakan lain dengan rasa tajam.

2. Kacang polong

Kacang polong

Kacang polong

Si kecil berwarna hijau ini ternyata punya manfaat yang luar biasa. Menurut studi yang dimuat dalam ‘Journal of Cancer’ mengonsumsi kacang polong secara teratur bersama dengan sayuran menyehatkan lainnya akan mengurangi resiko kanker perut. Jika tidak suka memakan kacang polong mentah begitu saja, kamu bisa memasaknya bersama dengan lemon untuk dijadikan risotto. Mencari alternatif menu lain? Manfaatkan Internet atau majalah untuk mencari makanan berbahan dasar kacang polong yang sesuai seleramu.

3. Kubis

Kubis

Kubis

Sayuran yang terdiri dari lembaran daun hijau ini ternyata kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung akibat menurunnya level kolesterol di dalam tubuh. Vitamin C juga amat berguna dalam membangun sistem imun. Cobalah perbanyak makan kubis jika orang-orang di sekitarmu tengah terkena flu, demi menjaga kondisi badan. Sayuran ini amat mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket di sekitar tempat tinggalmu.

4. Brokoli

Brokoli

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang penuh dengan kandungan antioksidan dan berguna untuk mencegah penyakit kanker. Satu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa memakan lima porsi brokoli atau lebih per minggu akan memiliki resiko 50 persen lebih rendah terkena kanker kandung kemih, dibandingkan mereka yang tidak memakannya. Brokoli cukup sedap jika dicampurkan ke dalam sup atau digoreng tepung dan disantap menggunakan saus sambal.

5. Paprika merah

Paprika merah

Paprika merah

Jangan salah, paprika dengan ukuran kecil saja sudah mengandung banyak vitamin C, yang memberikan 150 persen dari dosis yang direkomendasikan dalam satu hari. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya aterosklerosi atau penumpukan lemak di dalam dinding pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Ada banyak cara untuk memasak paprika merah yang bisa kamu dapatkan melalui internet.

6. Bayam

Bayam

Bayam

Bayam kaya akan karotenoid, antioksidan yang bisa membuat mata menjadi sehat dan membantu mengurangi degenerasi makula, yang beresiko menimbulkan kebutaan pada manusia dewasa. Memasak bayam akan membuat lutein (salah satu jenis karotenoid) yang ada di dalam sayur menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Bayam bisa dimasak dengan cara merebus dan menambahkan bumbu penyedap. Namun jika kamu bosan, mungkin kamu perlu mencoba mempraktekkan resep bayam goreng.

7. Kecambah

Kecambah

Kecambah

Sayur berukuran kecil ini kaya akan beta-karoten, sebuah antioksidan yang melindungi tubuh dari ancaman kanker paru-paru dan membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, gusi, tulang dan gigi. Selain itu, kecambah juga kaya akan vitamin E, yang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan kematian karena kanker kandung kemih. Kecambah biasa digunakan sebagai campuran dalam masakan lain, seperti rawon dan sejenisnya.

8. Wortel

Wortel

Wortel

Sayuran ini merupakan salah satu yang paling disukai, lantaran memiliki rasa manis dan berwarna cerah. Meskipun dalam satu kali penyajian wortel mengandung 30 kalori, namun kamu akan mendapat asupan serat, vitamin K, dan lutein. Lutein merupakan karotenoid yang lebih banyak diserap oleh retina mata, atau komponen penting dari daya penglihatan normal manusia. Selain itu, melakukan diet khusus dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung lutein akan menurunkan resiko tubuh terkena penyakit jantung.

9. Lobak

Lobak

Lobak

Lobak merupakan sayuran yang luar biasa. Satu kali penyajian lobak hanya mengandung 20 kalori. Selain itu kamu juga akan mendapat asupan vitamin K, lutein, vitamin c, dan serat. Kamu bisa menemukan lobak di pasar tradisional atau supermarket. Cara masaknya pun bermacam-macam. Kamu bisa mencampurkannya dengan masakan lain, ditumis, atau dimasukkan ke dalam campuran sayuran berkuah lainnya.

10. Ubi

Ubi

Ubi

Ubi atau dikenal dengan nama sweet potato di luar negeri, merupakan salah satu jenis sayuran yang memang sudah diakui banyak memberikan manfaat positif pada tubuh. Jenis tanaman yang satu ini mengandung banyak vitamin C, yang amat berguna bagi kulit. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan asupan elemen positif lainnya seperti potasium, serat, vitamin, dan magnesium. Ada banyak cara menarik untuk mengonsumsi ubi. Kamu bisa menggorengnya dengan tepung atau direbus, lalu dikonsumsi sebagai camilan di sore hari.





Baca Juga

Share ke teman kamu

3 thoughts on “Mau Hidup Sehat? Konsumsi 10 Jenis Sayur yang Baik Untuk Kesehatan Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *