Mengagumi Arsitektur 10 Masjid Terbesar di Dunia

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi
Share ke teman kamu

Masjid merupakan tempat suci bagi umat Muslim karena merupakan tempat ibadah dan juga tempat berdoa. Oleh karena itu, setiap penduduk yang beragama Muslim berlomba-lomba untuk membangun masjid semegah dan seluas mungkin. Penyebaran agama Islam yang saat ini sudah luas hingga ke negara di Asia, Eropa dan Afrika membuat arsitektur masjid di seluruh belahan dunia memiliki ciri khas dan keindahan yang berbeda. Ada begitu banyak masjid indah yang didirikan diberbagai kota dan negara, inilah 10 masjid terbesar di seluruh dunia yang pasti akan membuatmu terkagum-kagum.

10. Masjid Saleh, Yaman

10. Masjid Saleh, Yaman

10. Masjid Saleh, Yaman

Masjid Saleh adalah masjid terbesar di Yaman. Dibuka pada tahun 2008, bangunan ini bukan hanya masjid modern tetapi juga merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai tujuan wisata. Dibangun di atas lahan seluas 27.300 meter persegi, masjid ini dapat menampung sekitar 44.000 jamaah. Di sini juga terdapat area khusus untuk wanita. Masjid Saleh dibangun dengan arsitektur bergaya Islam dan Yamen dengan taman cantik yang penuh dengan bunga. Masjid ini juga memiliki fasilitas sound system yang bagus, AC, perpustakaan, dan tempat parkir yang luas.

9. Masjid Jama, India

9. Masjid Jama, India

9. Masjid Jama, India

Masjid Jama terletak di Chandni Chowk, Delhi. Masjid ini dibangun oleh Kaisar Shah Jahan pada tahun 1644 – 1658, kaisar yang sama dengan yang membangun Taj Mahal. Bisa dikatakan masjid ini adalah karya arsitektur megah terakhir dari sang kaisar. Masjid Jama juga terkenal sebagai salah satu masjid termegah dan terbesar di dunia yang telah menjadi salah satu daya tarik wisata di India. Di bagian dalam, masjid dapat menampung 10.000 jamaah, sedangkan halaman masjid dapat menampung hingga 75.000 jamaah.

8. Masjid Badshahi, Pakistan

8. Masjid Badshahi, Pakistan

8. Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badshahi atau ‘Masjid Emperor’ yang terletak di Lahore adalah masjid terbesar kedua di Pakistan dan Asia Selatan. Masjid ini melambangkan keindahan dan kemegahan era Mughal, yang menjadi salah satu landmark dan tempat tujuan wisata di Lahore. Masjid Badshahi mampu menampung sampai 10.000 jamaah di ruang salat utama, dan 100.000 jamaah di halaman. Selama tahun 1673 – 1986 masjid ini sempat menyandang predikat sebagai masjid terbesar di dunia.

7. Masjid Hassan II, Maroko

7. Masjid Hassan II, Maroko

7. Masjid Hassan II, Maroko

Berlokasi di Casablanca, Masjid Hassan II adalah masjid terbesar di Maroko. Masjid ini dirancang oleh arsitek Perancis, Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid Hassan II berdiri megah di sebuah tanjung yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Di ruang aula utama masjid yang dapat menampung 25.000 jamaah, kamu bisa melihat langsung dasar laut Samudra Atlantik melalui lantai kaca. Menara masjid ini merupakan salah satu menara masjid tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 210 meter. Halaman masjid ini dapat menampung hingga 80.000 jamaah. Kebayang kan gimana syahdunya berdoa diiringi suara ombak plus menikmati laut secara langsung di dalam masjid? Pasti bakal jadi pengalaman yang mengesankan.

6. Masjid Istiqlal, Indonesia

6. Masjid Istiqlal, Indonesia

6. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal adalah satu-satunya masjid besar yang berasal dari Indonesia. Masjid Istiqlal berlokasi di Jakarta dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara, dalam hal luas tanah dan kapasitas menampung jamaah. Masjid ini merupakan masjid nasional Indonesia yang dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang sudah diberikan kepada negara Indonesia. “Istiqlal” sendiri memiliki arti kemerdekaan dalam Bahasa Arab.

5. Masjid Taj Ul, India

5. Masjid Taj Ul, India

5. Masjid Taj Ul, India

Masjid Taj Ul secara harfiah memiliki arti “The Crown of Mosques” yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini memiliki 3 kubah marmer dengan 18 menara tinggi, dinding berwarna merah muda, dengan bangunan yang terdiri dari dua lantai. Masjid ini memiliki sebuah lorong utama mengesankan dengan pilar yang menarik dan lantai marmer yang merupakan ciri khas arsitektur Mughal. Masjid Taj Ul berada di peringkat ke lima masjid terbesar di dunia dengan kapasitas daya tampung mencapai 175.000 jamaah.

4. Masjid Faisal, Pakistan

4. Masjid Faisal, Pakistan

4. Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal yang terletak di Islamabad merupakan masjid terbesar di Pakistan. Masjid ini sempat menyandang predikat masjid terbesar di dunia pada tahun 1986 – 1993, sebelum dikalahkan oleh Masjid al-Haram di Mekkah dan Al-Masjid al-Nabawi di Madinah. Masjid Faisal adalah masjid nasional Pakistan dengan luas 5.000 m persegi dengan kapasitas daya tampung mencapai 300.000 jamaah di dalam ruangan masjid, dan 200.000 jamaah di halaman samping masjid.

3. Imam Reza Shrine, Iran

3. Imam Reza Shrine, Iran

3. Imam Reza Shrine, Iran

Imam Reza Shrine berlokasi di Masyhad, Iran yang merupakan sebuah kompleks makam Imam Ridha. Beliau adalah Imam kedelapan dari dua belas imam Syiah. Di dalam komplek ini juga terdapat bangunan Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat ruang seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razi, ruang makan untuk peziarah, ruang doa, dan lain-lain. Masjid ini memiliki 7 halaman, di mana masing-masing halaman mampu menampung 100.000 jamaah.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad di Madinah. Masjid Nabawi juga merupakan situs paling suci kedua setelah Masjidil Haram di Mekah. Salah satu tempat terpenting di sini adalah Green Dome di mana terdapat makam Nabi Muhammad. Green Dome sudah mengalami renovasi berkali-kali sejak abad ke 15. Kubah tempat Nabi Muhammad pertama kali dicat hijau yang kemudian dinamakan Green Dome. Sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ibadah haji, Masjid Nabawi mampu menampung hingga 1.000.000 jamaah.

1. Masjidil Haram, Saudi Arabia

1. Masjidil Haram, Saudi Arabia

1. Masjidil Haram, Saudi Arabia

Masjidil Haram adalah tempat paling suci bagi umat muslim. Hal ini karena dalam masjid ini terdapat bangunan Ka’bah, yang dipercaya sebagai rumah Tuhan. Masjidil Haram berlokasi di Mekah yang merupakan masjid terbesar di dunia dengan luas area 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar). Ruang utama di dalam dan halaman Masjid Al Haram memiliki kapasitas daya tampung mencapai 4.000.000 jamaah selama ibadah haji.

Nah, itu tadi 10 masjid terbesar di dunia yang pasti membuat kamu berdecak kagum. Adakah masjid yang sudah pernah kamu kunjungi? Share pengalaman kamu di kolom komentar ya.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *