Sedang Hamil? Konsumsi 10 Makanan Untuk Ibu Hamil Ini

Daging
Share ke teman kamu

Kehamilan adalah kabar paling menggembirakan yang selalu ditunggu-tunggu wanita. Apalagi untuk kamu yang sudah memiliki pasangan resmi atau sudah menikah, kehadiran tangisan bayi di tengah keluarga kecil tentu sangat dinanti. Nah, ketika kamu sudah dinyatakan hamil oleh test pack atau menerima hasil akurat dari dokter kandungan, maka tugas kamu selanjutnya adalah membuat kehamilan kamu berjalan dengan sehat dan juga selamat sampai hari persalinan tiba.

Banyak sekali faktor yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kehamilan berjalan dengan lancar, salah satu yang penting dan harus diperhatikan adalah asupan makanan. Ada makanan yang disarankan dan tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Untuk kamu yang sedang hamil harus tahu informasi penting ini, kira-kira apa saja makanan untuk ibu hamil yang paling penting? Berikut adalah 10 makanan sehat untuk ibu hamil yang harus kamu ketahui.

1. Pisang

Pisang

Pisang

Pisang adalah makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang sangat baik. Hal ini dikarenakan saat trimester pertama kehamilan, kamu akan sering mengalami mual atau morning sickness. Nah, pisang akan menjadi makanan yang bisa membantu kamu mengatasi mual tersebut. Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, serat, asam folat dan juga potassium yang bagus untuk tubuh.

2. Telur

Telur

Telur

Saat hamil, asupan protein tidak boleh luput dari keseharianmu. Cara termudah untuk mendapatkan asupan protein adalah dengan mengkonsumsi telur.

Saat masa kehamilan, protein sangatlah dibutuhkan untuk pembentukan sel tubuh. Selain itu, di dalam telur terdapat 12 vitamin dan juga mineral yang baik untuk kehamilan kamu. Ditambah lagi, kolin dalam telur dipercaya baik untuk pertumbuhan bayi, kesehatan otak, dan juga saraf.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Wanita hamil sangat rentan terkena sembelit dan juga wasir. Untuk mengobati hal tersebut kamu harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga protein, salah satu makanan yang mengandung serat dan protein adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti buncis bisa kamu tambahkan di menu makanan kamu. Jenis kacang-kacangan yang berupa biji juga bagus untuk kehamilan.

4. Daging

Daging

Daging

Wanita hamil boleh saja mengkonsumsi daging, asal dimasak dengan benar dan pilih daging yang tidak berlemak. Daging yang tidak berlemak memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga bermanfaat membuat protein terserap lebih cepat oleh tubuh karena tidak ada lemak yang mengganggu. Pastikan daging yang akan kamu konsumsi adalah daging segar dan dimasak dengan matang. Jangan mengkonsumsi daging secara berlebihan agar berat badan kamu tidak terganggu.

5. Bayam

Bayam

Bayam

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam juga bagus untuk wanita yang sedang hamil. Hal ini karena sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan asam folat, zat yang diperlukan untuk menghindari terjadinya cacat tabung saraf yang merupakan sebuah keadaan cacat sejak lahir pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.



Selain itu, ada juga kandungan serat, mangan, zat besi, vitamin A, C, dan K di dalam sayur bayam. Jenis sayuran berwarna hijau tua lainnya juga disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

6. Alpukat

Alpukat

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Tidak hanya rasanya yang manis, alpukat juga kaya akan serat, vitamin B6, C, K, asam folat dan juga kalium. Selain itu, lemak baik pada alpukat juga bisa membantu kamu terlindung dari sakit jantung. Dan yang paling penting, manfaat alpukat juga baik untuk mengurangi morning sickness. Pilih alpukat yang matang dan memiliki rasa manis untuk hasil terbaik.

7. Ikan

Ikan

Ikan

Ikan mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama sebagai makanan untuk ibu hamil trimester kedua. Kamu bisa mengkonsumsi berbagai jenis ikan yang tentunya sudah dimasak matang dan juga berupa ikan segar. Contoh porsi makan ikan yang dianjurkan adalah tiga potong ikan tuna atau setara dengan 300 gram dalam satu minggu. Atau, kamu juga bisa mengkonsumsi satu potong ikan salmon atau setara berat 40 gram. Ikan sangat baik karena mengandung omega 3 yang penting untuk otak janin, sehingga kamu nantinya dapat melahirkan anak jenius.

8. Kentang

Kentang

Kentang

Makanan untuk ibu hamil lainnya adalah kentang. Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik untuk ibu hamil. Kamu bisa mengolah kentang menjadi berbagai olahan dengan cara digoreng, dipanggang, atau dijadikan mashed potato dalam menu makanan sehari-hari. Selain kentang, ada juga sumber karbohidrat baik lainnya seperti sereal, oatmeal, jagung, dan roti.

9. Susu

Susu

Susu

Kehamilan dan bertambahnya berat badan membuat tubuh cepat sekali capek, terutama bagian punggung. Ini bisa terjadi karena kurangnya kalsium pada tubuh. Nah, susu bisa menjadi asupan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan juga nutrisi yang kamu perlukan. Pilih susu yang rendah lemak atau olahan susu lain seperti misalnya keju. Namun, hindari susu kedelai pada awal kehamilan karena bisa membahayakan kesehatan kandungan kamu. Konsultasikan juga pada dokter kandungan tentang berapa banyak dan jenis susu apa saja yang boleh kamu minum.

10. Air putih

Air putih

Air putih

Sering merasa mual, capek, dan juga dehidrasi saat hamil adalah hal yang wajar. Ini biasa terjadi karena kamu kurang minum air putih. Air putih adalah elemen yang penting untuk proses pengantaran nutrisi di dalam tubuh kamu. Dengan mengkonsumsi cukup banyak air putih, kamu bisa mencegah konstipasi, pembengkakan, dan juga infeksi pada kandung kemih. Disarankan selama masa kehamilan, ibu hamil mengkonsumsi kurang lebih 2,5 liter air putih setiap harinya.

Menjaga kesehatan kehamilan adalah tugas besar untuk seorang wanita yang sedang hamil. Mengetahui makanan untuk ibu hamil mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang seharusnya dihindari juga patut kamu ketahui. Kamu bisa mengkonsultasikan dengan dokter kandungan untuk saran yang lebih akurat dan membuat kamu lebih nyaman.

Nah, selain menjaga asupan makanan, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan selama hamil dengan banyak istirahat dan menghindari stress berlebih.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *