Ternyata Smartphone Menghilangkan 10 Hal Ini Dari Hidupmu

kamera analog
Share ke teman kamu

Kamu termasuk gadget freak? Gadget terutama smartphone saat ini menjadi perhatian banyak orang termasuk anak muda. Smartphone dengan berbagai keunggulan terus bermunculan, harganya pun terus melambung.

Saat kamu bangga dengan kecanggihan smartphone milikmu, sebenarnya kamu telah kehilangan banyak hal dan benda-benda yang dulu menjadi bagian penting. Sebelum terlalu asyik dengan smartphone di tanganmu, ketahui 10 hal yang tergantikan oleh keberadaan smartphone berikut ini:

1. Surat kabar harian

surat kabar harian

surat kabar harian

Baca surat kabar dalam bentuk kertas lebar berlembar-lembar bisa jadi sangat kuno buatmu. Kamu lebih memilih membaca koran dalam bentuk digital yang cukup bermodal smartphone. Bayangkan saja, kamu bisa baca koran digital ini di dalam bus tanpa perlu mengganggu penumpang lain dengan membuka lembarannya yang lebar itu. Menyenangkan ya?

Tapi tunggu dulu! Membaca koran konvensional itu punya sensasi sendiri loh. Membalik lembaran koran konvensional dan mencium bau kertasnya adalah pengalaman tersendiri. Koran ini juga biasanya menjadi bahan kliping tugas sekolah. Kamu tinggal menggunting kertasnya, berbeda dengan koran digital yang butuh dicetak terlebih dulu.

Lebih jauh lagi, kamu bisa bantu para panjaja koran dengan membeli koran jualannya.

2. Kamera analog

kamera analog

kamera analog

Siapa butuh kamera analog di era serba digital seperti ini? Menggunakan kamera analog, berarti kamu tak bisa melihat hasil jepretanmu secara langsung karena harus dicuci cetak terlebih dulu. Kamera analog disebut menimbulkan banyak biaya. Benarkah?

Jika yang dimaksud adalah biaya untuk melakukan proses cuci cetak, mungkin benar. Tapi ada hal lain yang bernilai lebih dari kamera analog ini. Kamera analog menghasilkan gambar yang vivid atau yang dikenal dengan istilah colorful dan eye catching. Hal ini karena kamera mampu menangkap cahaya objek apa adanya.

Foto yang dicuci cetak juga punya kesan sendiri saat disimpan di dompet. Berbeda jika kamu memotret dengan kamera smartphone. Kamu bisa dengan mudah melihatnya tanpa merasa perlu mencetaknya. Tapi siap-siap ya, kalau sewaktu-waktu kartu memorimu bermasalah dan semua hasil fotomu hilang tak terselamatkan.

3. Peta manual

peta kertas

peta kertas

Traveling di tempat asing, kamu sudah tak memerlukan peta manual lagi. Aplikasi penunjuk jalan sudah terinstall di smartphone kesayanganmu. Kamu tinggal cari lokasi yang akan kamu tuju dan voila!! Kamu bisa mendapatkan informasi tentang jarak tempuh dan waktu yang kamu butuhkan untuk ke sana. Sekarang, bagaimana jika kamu berada di lokasi yang tak dijangkau jaringan internet?

Inilah menariknya peta manual. Kamu tak tergantung pada jaringan internet untuk mencari titik lokasi tujuan. Berpetualang di tempat asing dan berkutat dengan lembaran peta bisa menjadi pengalaman yang menarik. Kamu bisa menandai banyak tempat dengan spidol dan membawanya ke berbagai tempat baru yang menantang. Percayalah, berpetualang dengan peta manual terasa lebih seru dan menyenangkan.

4. Perekam suara

perekam suara

perekam suara

Perekam suara ini biasanya menjadi senjata penting bagi kamu yang berkecimpung di dunia jurnalistik. Mengejar narasumber dengan mengacungkan perekam suara sudah menjadi kebiasaan lama. Perekam suara ini tergantikan dengan aplikasi yang ada di smartphone.

5. Kamus

kamus

kamus

Kamus tebal yang tampak mengerikan itu akhirnya lenyap juga dari pandangan matamu berkat kehadiran smartphone. Kamu tak perlu repot membawa kamus berat itu ke mana-mana, cukup install aplikasi kamus di smartphone dan semua beres.

Tapi apa kamu tak merindukan pengalaman buka halaman kamus tebal, mencari arti sebuah kata? Membuka lembaran kamus dan menandainya agar tak kesulitan saat membutuhkannya lagi adalah salah satu pengalaman yang tak banyak didapat belakangan ini. Hal ini ja terjadi saat kamu traveling ke tempat asing. Daripada membawa buku saku panduan bahasa setempat, kamu lebih memilih menginstall aplikasi kamus ini di smartphonemu.

6. Surat yang diantar Pak Pos

surat yang diantar Pak Pos

surat yang diantar Pak Pos

Tak ada lagi momen harap-harap cemas menunggu Pak Pos mengantar surat dari orang tersayang. Tak ada alasan bagi kamu dan pasangan atau keluarga untuk mengirimkan surat melalui pos. Buat apa? Kamu bisa dengan mudah mengirimkan sms juga chat di bbm dan whatsapp.

Saat lebaran dan Natal yang biasanya banjir kartu ucapan yang dikirim via pos pun tak lagi sama. Kamu bisa berkirim kartu ucapan digital melalui smartphonemu. Satu lagi, kamu tak bisa mengoleksi beragam perangko karena tak lagi memanfaatkan jasa pos.

7. Menikmati konser

menikmati konser

menikmati konser

Ini sebenarnya tak hanya terjadi pada konser, tapi juga berbagai pertunjukan lainnya. Dengan adanya smartphone, kamu akan lebih fokus merekam jalannya pertunjukan itu karena sibuk mengarahkan smartphonemu yang sedang kamu fungsikan sebagai video recorder. Bukannya menikmati konsernya secara langsung, kamu malah melihat jalannya konser dari layar smartphonemu.

Menonton konser seharusnya bisa jadi ajang seru-seruan bersama para fans lain yang berkumpul jadi satu. Kamu bisa bergoyang atau berjingkrak-jingkrak mengikuti irama musik yang ada. Namun, smartphone membuatmu tak menikmati konser sebaik dulu.

8. Tak perlu on time

on time

on time

Bayangkan zaman dulu saat teknologi belum secanggih sekarang. Saat kamu memiliki janji untuk bertemu seorang teman di taman, kamu harus datang tepat waktu atau temanmu akan menunggu terlalu lama dan pergi meninggalkan taman sebelum sempat bertemu. Hal ini karena kamu tak ada alat untuk menghubungi mereka jika kamu akan datang terlambat.

Tapi zaman jauh berubah sekarang. Dengan semua orang sudah punya smartphone dan bisa dihubungi kapan pun juga di mana pun, kamu bisa datang terlambat. Cukup telepon atau sms dan katakan kamu akan datang terlambat, temanmu akan menunggu dan tak meninggalkan taman tanpa kabar yang jelas darimu.

9. Sosialisasi dengan lingkungan

bersosialisasi

bersosialisasi

Pernah melihat penumpang bus yang sibuk dengan smartphone masing-masing? Hal ini tak hanya terjadi di bus saja, tapi hampir di semua tempat. Kamu bisa terlalu sibuk dengan smartphone di tanganmu dan tak peduli dengan orang-orang di sekitarmu.

Kamu melewatkan kesempatan bertemu dengan orang baru. Sebelum ada smartphone, saat menunggu kereta datang, para penumpang biasa mengobrol dengan orang-orang di dekatnya. Meskipun saat ini masih ada yang masih melakukannya, tapi jumlahnya tentu tak sebanyak dulu.

10. Keselamatan di jalan

keselamatan di jalan

keselamatan di jalan

Banyak sekali orang yang berjalan tapi matanya fokus ke smartphone di tangannya, kamu juga? Hal ini tentu berbahaya sekali terutama saat kamu sedang berjalan di jalan raya. Karena tak memperhatikan sekeliling, bisa jadi kamu tak tahu ada kendaraan yang menyalakan klaksonnya agar kamu menepi. Atau yang sederhana, karena tak lihat arah depan, kamu bisa menabrak tiang di depanmu saat berjalan.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *