Top 10 Universitas Terbaik di Indonesia

Institut Teknologi Bandung (ITB)
Share ke teman kamu

Kalau kemarin kita udah bahas soal universitas terbaik di dunia yang bikin ngiler pengen kuliah di sana, kali ini kita akan bahas tentang universitas dalam negeri sendiri. Universitas-universitas ini masuk dalam jajaran 10 universitas terbaik di Indonesia. Mau tau apa aja universitas terbaik di Indonesia? Ini dia 10 universitas terbaik di Indonesia, kampus kamu yang mana nih?

10. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Dulunya UNY adalah IKIP Yogyakarta yang merupakan penggabungan dua lembaga pendidikan, Fakultas Pedagogi dari Universitas Gadjah Mada dan Institut Guru Pendidikan. Pada tahun 1999 IKIP Yogyakarta resmi diubah menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). UNY memiliki 7 fakultas, 64 program sarjana, 16 program studi pascasarjana, dan juga menerima mahasiswa internasional.

Pusat perpustakaan UNY menyediakan 200.000 lebih buku tentang pekerjaan umum, filsafat, psikologi, agama, ilmu sosial, dan bahasa yang dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Sejak tahun 2010 – 2012, UNY sendiri sudah menghasilkan 1.025 studi penelitian. Evan Dimas dan Hanung Bramantyo adalah dua tokoh Indonesia alumni dari UNY.

9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia atau biasa disebut sebagai UPI berdiri sejak tahun 1954. UPI adalah universitas multi-kampus, dengan satu kampus utama dan beberapa kampus lain di luar area kampus utama. Kampus utamanya ada di Bandung, sedangkan kampus lain terletak di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

UPI memiliki 7 fakultas, di antaranya Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni Pendidikan, Fakultas MIPA, Fakultas Teknologi dan Keterampilan Kejuruan, Fakultas Ilmu Olahraga, dan Fakultas Ekonomi Bisnis. Kampus UPI memiliki 381 ruang kelas, perpustakaan, gymnasium, kolam renang, lapangan softball, stadion sepak bola, enam lapangan tenis, dan lain-lain.

8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (UNPAD) berlokasi di Bandung. UNPAD sendiri didirikan pada tahun 1957 dan secara resmi dibuka oleh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno pada 24 September 1957. Saat pertama kali berdiri, UNPAD memiliki empat fakultas, tetapi sekarang kampus ini memiliki 16 fakultas dan beberapa program pascasarjana. UNPAD memiliki perpustakaan utama di kampus Jatinangor serta perpustakaan di masing-masing fakultas. Perpustakaan utama memiliki 310.000 buku dan 300 judul jurnal elektronik.

7. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) berdiri pada tahun 1963, dan merupakan sebuah universitas negeri Indonesia yang berlokasi di Malang. Mulanya, universitas terbaik di Indonesia ini hanya memiliki 5 fakultas, tetapi sekarang berkembang menjadi 15 fakultas di antaranya, Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian, Kedokteran, Kedokteran Hewan, dan lain-lain.
Salah satu mahasiswa kedokteran UB ini pernah mendapatkan penghargaan bergengsi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkat penemuannya tentang obat masa depan penyakit jantung.

6. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret merupakan sekolah negeri yang berlokasi di Surakarta. Berdiri pada tahun 1976, universitas terbaik di Indonesia ini merupakan hasil penyatuan dari 5 perguruan tinggi di Surakarta. Untuk medukung kualitas pendidikannya, Universitas Sebelas Maret memiliki lebih dari 1.600 dosen, di mana 4% adalah profesor, dan 72,9% telah menempuh pendidikan master ataupun sarjana. Hingga kini, UNS memiliki sembilan fakultas dan satu program pascasarjana.



5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro atau biasa disebut dengan Undip berdiri pada tahun 1957 sebagai universitas swasta oleh University Foundation Semarang. University Foundation Semarang adalah pelopor lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan menjadi korporasi pendidikan pertama dan tertua di Jawa Tengah serta merupakan anggota IDGHE. Beberapa orang terkenal yang menjadi alumni Undip antara lain Burhanuddin Abdullah (mantan gubernur BI), Deddy Saiful Hadi (Dubes Qatar), Hardiono (Wakil BPMIGAS), dan masih banyak lainnya.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR)

Populer dengan sebutan UNAIR, universitas ini adalah kampus tertua kedua di Indonesia. Berlokasi di kota pahlawan Surabaya, UNAIR adalah salah satu kampus bergengsi di Indonesia. Berdiri pada tahun 1948, UNAIR menduduki peringkat 86 dalam Top 200 QS Asian University Rankings, dan berada diperingkat 22 di kawasan ASEAN.

UNAIR memiliki lebih dari dua sertifikat dalam kualitas menejemen kampus mereka. Inilah mengapa UNAIR juga sering kali menjadi salah satu universitas tujuan mahasiswa asing yang ingin belajar di Indonesia. Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran di universitas terbaik di Indonesia ini adalah yang terbaik di Indonesia dan menududuki peringkat 45 di Asia.

3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia atau yang lebih populer dengan sebutan UI adalah salah satu kampus begengsi dan terbaik di Indonesia yang berlokasi di Depok dan juga merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1849, UI berada diperingkat ke-50 universitas terbaik di Asia selama 2 tahun berturut-turut. UI memiliki 14 fakultas, beberapa fakultas terbaiknya adalah ilmu sosial dan manajemen, seni dan humaniora, kedokteran, dan IT.

UI dianugerahi Indonesia ICT Award sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam hal IT (konten dan aplikasi). UI memiliki pusat pelatihan di CDMA dan NGN bekerjasama dengan Huawei dan Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi. UI sebagai salah satu kampus bergengsi sudah melahirkan seorang aktivis bersejarah Soe Hok Gie.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) berdiri pada tanggal 13 Maret 1946 di Yogyakarta. UGM merupakan lembaga pendidikan tertua, dan terbesar di Indonesia. UGM memiliki 18 fakultas dan 27 pusat penelitian. UGM menerapkan “educopolis” suatu suasana kampus dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dengan mengembangkan kolaborasi multidisiplin dan kritis terhadap isu-isu ekologi.

Pada tahun 2013, program sarjana kimia dari UGM telah menerima akreditasi dari Royal Society of Chemistry (RSC) di Inggris. RSC adalah organisasi internasional terbesar di Eropa yang berkomitmen untuk pengembangan ilmu kimia.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri sejak tahun 1920, dan merupakan universitas berorientasi teknologi tertua di Indonesia. ITB merupakan anggota LAOTSE, jaringan internasional universitas terkemuka di Eropa dan Asia yang saling bertukar mahasiswa atau sarjana senior. Ir. Soekarno merupakan presiden pertama kita yang meraih gelar teknik sipil di ITB, selain itu masih ada presiden BJ Habibie yang meraih gelar sarjana teknik mesin di sini. Hingga saat ini, ITB memiliki beberapa program studi yang sudah diakreditasi secara internasional dari Amerika Serikat.







Baca Juga

Share ke teman kamu

3 thoughts on “Top 10 Universitas Terbaik di Indonesia

  1. apakah hanya Universitas Negri saja yang terbaik di Indonesia ini…gimana dgn Universitas Swasta yang baik dan bagus juga di Negeri ini….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *